REVIEW

Smart Emoji Keyboard, Aplikasi yang Bikin Chatting Penuh Warna!

31 Dec 2016 Eroneko
Smart Emoji Keyboard, Aplikasi yang Bikin Chatting Penuh Warna!

Sering salah pencet saat mengirim SMS atau chatting? Ribet karena keyboard di smartphone kalian tidak nyaman dan susah untuk mengetik? Mungkin sudah saatnya bagi kalian untuk mengganti aplikasi keyboard yang kalian gunakan. Dengan begitu banyak aplikasi keyboard, ada satu yang bernama Smart Emoji Keyboard yang menawarkan kemampuan untuk memberikan akses cepat ke emoji, dan pastinya akan memudahkan kalian untuk chatting. Penasaran mengenai apa bedanya? Simak ulasan JurnalApps berikut ini!

Untuk mengirim SMS, melakukan browsing, chatting, dan bahkan menulis memo di smartphone, kalian membutuhkan keyboard yang enak dan mudah dioperasikan. Keyboard untuk gadget dibuat agar bisa digunakan dengan mudah di layar yang berukuran kecil sekali pun. Nah, Smart Emoji Keyboard memberikan fitur lengkap yang bisa membuatmu nyaman dan enak untuk menggunakan keyboard pada smartphone-mu.

Smart Emoji Keyboard juga tidak memakan terlalu banyak tempat, kalian hanya perlu menyediakan 8,99 MB untuk aplikasi keyboard yang mantap ini. Apalagi jika dibandingkan dengan pesaingnya, Swiftkey dan Google Keyboard yang membutuhkan minimal 20 MB, Smart Emoji Keyboard lebih bisa menghemat space di smartphone kalian.

Jika kalian pernah meng-install aplikasi keyboard di smartphone kalian, tentunya sudah terbiasa dengan sistem instalasi aplikasi keyboard baru. Jika belum pernah, jangan khawatir, akan penulis jelaskan. Jadi biasanya, ada 2 langkah, yaitu instalasi keyboard secara otomatis. Setelah itu, kalian akan diberikan pilihan untuk menjadikan keyboard ini sebagai default atau tidak.

Fitur utama dari Smart Emoji Keyboard adalah menata keyboard dan memperindahnya melalui tema. Tema yang ada pada Smart Emoji Keyboard dapat membuat keyboard smartphone kalian menjadi jauh lebih indah, simpel, dan juga lebih efektif saat digunakan untuk segala macam kebutuhan. Kumpulan tema dapat kalian download di Google Play Store secara gratis.

Keyboard-nya sendiri mungkin tidak sesimpel dan sesederhana Google Keyboard, dan tidak memiliki animasi sebagus Fleksy, namun menawarkan keyboard yang simpel, sederhana, dan juga indah. Yang asyik, kalian juga bisa mengganti jenis bahasa yang sering kalian ketik hanya dengan menggunakan tombol spasi. Sayangnya, Smart Emoji Keyboard lebih efektif dalam memproses bahasa Inggris daripada bahasa lainnya, Indonesia misalnya.

Emoji yang merupakan fitur utama dari aplikasi yang satu ini diberikan tombol khusus di sebelah kiri spasi agar bisa dijangkau dengan mudah. Tombol pengaturan keyboard juga bisa diakses dengan menekan ikon berbentuk gerigi mesin di bagian bawah aplikasi, atau dengan menekan tombol emoji cukup lama. Setelah itu, kalian akan dapat melihat pengaturan lengkap untuk keyboard ini. Mulai dari ukuran, saran kata pada keyboard, auto-complete, dan juga bahasa pada keyboard. Nantinya, bahasa pada keyboard akan mempengaruhi pada saran kata yang muncul dan auto-complete dari bahasa yang kalian pilih.

Sayangnya, Smart Emoji Keyboard pun tak lepas dari iklan. Untuk mengkompensasi seluruh fiturnya yang dapat di-download secara gratis, Smart Emoji Keyboard dipenuhi iklan sampai tahap sangat mengganggu. Hampir setiap proses, mulai dari instalasi sampai pemakaian sehari-hari, kalian akan dihadapkan pada iklan full page di smartphone kalian. Namun, jika tidak masalah dengan iklan, maka kalian akan puas dengan fitur yang diberikan.

Kesimpulan

Smart Emoji Keyboard merupakan aplikasi keyboard yang benar-benar gratis. Mulai dari instalasi, download varian bahasa yang bisa kalian gunakan, tema untuk keyboard, dan juga setting yang bisa kalian akses secara keseluruhan. Sayangnya, karena dibuat secara gratis, maka pengembang harus mengkompensasikannya dengan puluhan iklan yang dimasukkan ke dalam aplikasi ini. Karena dengan melakukannya, pengembang bisa mendapatkan uang dan juga masih bisa memberikan fitur aplikasi secara gratis. Tombol emoji yang menjadi andalan pun cukup membantu jika kalian suka chatting dan mengirim emoji sekaligus. Sayangnya, emoji-emoji terbaru yang masih gres belumlah diterapkan pada aplikasi yang satu ini. Untuk kalian yang menyukai keyboard yang nyaman digunakan, simpel, dan efisien, Smart Emoji Keyboard merupakan alternatif yang perlu kalian coba. Namun, pastikanlah agar kalian tidak bermasalah dengan berbagai iklan yang akan sering muncul. Aplikasi ini bisa di-download di Google Play Store secara gratis dan dipasangkan di smartphone kalian tanpa biaya tambahan. Beri komentarmu melalui kolom di bawah, ya!

SHARE Artikel
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Kantor Taman E3.3 Unit C-6, 5th Floor JL. DR Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7 Kawasan Mega Kuningan, Jakarta Selatan 12950 Indonesia

+62 21 57901762

redaksi@jurnalapps.co.id

To Top