REVIEW

16 Aplikasi Profesional untuk Belajar Bahasa Jepang (2)

by Bruno Mukti | 13 Nov 2017
16 Aplikasi Profesional untuk Belajar Bahasa Jepang (2)

Orang-orang cenderung menggunakan ponsel mereka untuk keperluan hiburan, seperti bermain video game, memotret, atau menonton video dari YouTube. Padahal fungsi dari ponsel ini sendiri sangatlah banyak. Salah satunya adalah jalan bagi pengguna untuk bisa mengakses dunia Jepang dengan mempelajari bahasanya. Hanya dengan meng-install aplikasi di ponsel, maka pengguna bisa menerapkan salah satu cara untuk mempelajari bahasa baru melalui gadget dalam genggaman tangannya itu.

Cara belajar dengan menggunakan aplikasi ini pun tidak menjadikan belajar sebagai sesuatu yang lebih mudah, karena pengguna juga harus mempersiapkan waktu yang panjang dan menyiapkan setidaknya 1 jam setiap harinya untuk terus berlatih. Dengan aplikasi-aplikasi ini, pengguna akan dapat belajar bahasa Jepang dengan lebih mendalam, seperti belajar tulisan Kanji, berlatih Hiragana dan Katakana, dan juga praktek belajar intonasi kata kerja dalam bahasa Jepang secara langsung.

Sebenarnya, ada sangat banyak aplikasi-aplikasi belajar bahasa Jepang yang lebih menarik, yang datang melalui permainan. Namun, yang akan dibahas di artikel ini adalah aplikasi yang bersifat profesional, yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan para penggunanya. Seperti menyoal apa yang ingin mereka pelajari, dan waktu yang mereka miliki untuk belajar, tujuan dari belajar, dan cara belajarnya. Nah, berikut adalah 16 aplikasi profesional untuk belajar bahasa Jepang bagian 2:

Baca juga: 16 Aplikasi Profesional untuk Belajar Bahasa Jepang (1)

8. Yomiwa Japanese Dictionary
Kategori: Kamus
Harga: Gratis/Upgrade
Link Download

Aplikasi ini adalah sebuah aplikasi kamus yang berbeda jika dibandingkan dengan kamus-kamus pada umumnya. Walau pun demikian, aplikasi kamus ini sangat nyaman digunakan untuk menerjemahkan bahasa Kanji dari genggaman tangan pengguna. Yang lebih menariknya lagi, adalah fitur foto yang ada di dalam aplikasi ini. Pengguna dapat mengambil foto dari sebuah tulisan Kanji, dan aplikasi ini dapat menerjemahkan tulisan tersebut ke dalam bahasa Inggris.

Yomiwa Japanese Dictionary ini sendiri juga dapat digunakan secara offline tanpa internet. Tentu saja, ini sebuah keuntungan bagi pengguna jika sedang berada di negara Jepang tanpa koneksi. Aplikasi ini juga dapat membaca tulisan baik horizontal atau pun vertikal. Hanya saja, bagi pengguna yang menggunakan aplikasi ini secara gratis, maka akan dibatasi dalam jumlah translasi. Mereka hanya akan bisa melakukan 10 kali translasi per harinya. Jika ingin mendapatkan versi penuh, maka pengguna harus meng-upgrade aplikasi ini.

9. JED - Japanese Dictionary
Kategori: Kamus Bahasa Jepang
Harga: Gratis
Link Download

Aplikasi ini adalah aplikasi yang tak berbeda dengan aplikasi kamus bahasa Jepang lainnya. Yang membuat aplikasi ini terasa lebih baik jika dibandingkan dengan yang lainnya adalah pengembangannya yang masih terus berjalan. Pengguna dapat memanfaatkan aplikasi ini untuk mencari kosakata dalam bahasa Jepang dengan menggunakan tulisan Kanji, Kana, dan Romaji. JED juga menyediakan kalimat dengan kosataka-kosakata baru yang ada di Jepang, kata kerja, kata sifat, dan juga kata hubung.

Bagi yang ingin mempelajari bahasa Jepang, maka kamus ini akan cukup bermanfaat bagi yang ingin menguasai tulisan Kanji. Di dalam aplikasi ini, juga ada animasi yang dapat dipelajari dalam tata cara penulisan Kanji.

10. Waygo
Kategori: Kamus
Harga: Gratis/Upgrade
Link Download: iOS / Android

Waygo adalah kamus konvesional seperti yang lainnya. Hanya saja yang membedakan dengan kamus pada umumnya, aplikasi ini tentunya bakal lebih untuk nyaman digunakan jika dibandingkan dengan kamus pada saat bepergian. Dengan kamus ini, pengguna bisa memakainya untuk menerjemahkan bahasa Kanji. Kamus ini sendiri sama seperti aplikasi JED yang telah disebutkan di atas, yang mana memiliki fitur foto untuk menerjemahkan. Jadi, pengguna juga akan merasa nyaman untuk menggunakannya dengan mudah guna menerjemahkan ke bahasa Inggris.

Aplikasi ini juga dapat berjalan secara offline, dan dapat menerjemahkan tulisan Kanji ke dalam bahasa Inggris, Mandarin, dan Cantonese dengan sangat baik. Sama halnya seperti aplikasi Yomiwa, aplikasi ini hanya bisa menerjemahkan 10 kata saja per hari untuk versi gratisnya. Bagi pengguna yang ingin mendapatkan lisensi secara penuh bisa melakukan upgrade terhadap aplikasi ini.

11. Kana (Hiragana & Katakana)
Kategori: Menulis dan Membaca
Harga: Gratis
Link Download: iOS / Android

Sebenarnya, ada sangat banyak aplikasi-aplikasi di Play Store dan Apps Store yang dapat membantu setiap orang yang ingin belajar Hiragana dan Katakana. Kana sendiri adalah aplikasi yang dapat digunakan oleh siapa saja yang ingin belajar abjad secara gratis. Selain itu, huruf abjad ini nantinya dapat dikomparasi ke tulisan Kanji. Di dalam aplikasi ini, juga ada pembagian-pembagian yang dapat mempermudah penggunanya untuk mencari apa yang mereka ingin lakukan dengan aplikasi ini. Beberapa penggolongannya, seperti contoh-contoh dari pelafalan, kuis-kuis, diagram, cara penulisan, dan masih banyak lagi lainnya.

Kana juga tidak hanya mengajari pengguna untuk mempelajari tulisan dari sebuah karakter, tapi juga akan mengajari pengguna tentang bagaimana caranya untuk menggunakan karakter tersebut jika dipasangkan pada kalimat lainnya. Dari pelajaran yang sudah dilakukan oleh pengguna sendiri, bisa dilihat bagaimana progress yang telah dicapai oleh pengguna pada setiap harinya dari ulasan yang ada dan dari tes yang telah diselesaikan.

12. Kana Quiz
Kategori: Menulis dan Membaca
Harga: Gratis
Link Download

Aplikasi Kana Quiz ini dapat digunakan oleh setiap orang untuk mempelajari bahasa Jepang dengan lebih mendalam lagi. Basis dari aplikasi ini adalah dua cara pembelajaran. Yang pertama, pengguna bisa memilih untuk membaca kata dari Romaji, dan mencocokkannya dengan Kana. Sementara, yang kedua, pengguna dapat melihat kata dalam Kana dan mencari pasangannya di Romaji.

Kana Quiz ini mengajari setiap orang dengan cara memberikan tulisan yang disertai dengan gambar layaknya buku anak-anak. Jadi, pengguna dengan begini tidak akan dibuat menjadi pusing karena ada ilustrasi yang diberikan. Di dalam aplikasi ini, pengguna bisa menekan karakter yang ada, dan aplikasi akan memberitahukan menyoal bagaimana cara untuk melafalkan kata tersebut dengan benar.

13. Kanji Senpai
Kategori: Menulis dan Membaca
Harga: Gratis
Link Download

Aplikasi Kanji Senpai ini menggunakan sistem pembelajaran SRS (Spaced Repetition System) untuk mengajarkan bahasa Jepang bagi penggunanya. Sistem ini akan membuat pengguna tidak semata-mata meninggalkan Kanji begitu saja setelah mereka berhasil mempelajarinya. Jadi, pengguna akan kembali lagi untuk mempelajarinya dan dapat mengingatnya di dalam otak pengguna. Konsep ini sama seperti jika kata tersebut diulang-ulang dalam suatu pelajaran, maka pengguna pun akan lebih mudah untuk menghafalkan jika dibandingkan dengan yang hanya sekali didengarkan. Bukan hanya cara itu saja, pengguna di dalam aplikasi Kanji Senpai ini sebenarnya juga bisa memilih beberapa metode pembelajaran yang berbeda.

Pengguna juga bisa berlatih untuk menulis karakter, membuat karakter, dan menguduh daftar kosakata kustom, dan mengulas kosakata dari beberapa kuis yang bisa dikerjakan.

14. Hirameki! Crossword
Kategori: Permainan dan Sosial
Harga: (IDR 12,000)
Link Download: iOS / Android

Hirameki! Crossword adalah aplikasi yang berasal dari Jepang, yang tersedia untuk perangkat iOS dan juga Android. Aplikasi ini sendiri sebenarnya dibuat untuk anak-anak di Jepang untuk belajar. Tampilan aplikasi ini sendiri memang dibuat lebih mudah untuk dilihat oleh anak-anak, dengan tujuan agar lebih mudah dimengerti.

Hirameki! Crossword hanyalah memiliki Hiragama di dalamnya. Permainan yang ada di dalam aplikasi ini juga terbilang sangat mudah untuk dimainkan. Pengguna nantinya akan benar-benar belajar dari bawah, dan bakal melanjutkan ke level selanjutnya jika telah menyelesaikan yang sebelumnya. Di dalam kuis ini, tentunya ada tingkat kesulitan yang berbeda-beda yang disesuaikan dengan tingkat levelnya. Ada fitur 'practice' juga jika pengguna tidak ingin langsung memainkan permainan. Dikarenakan ini adalah permainan untuk anak-anak, maka permainan tidak bakal terlalu sulit dan tidak menghabiskan banyak waktu.

15. Pocket Colony
Kategori: Permainan dan Sosial
Harga: Gratis
Link Download: iOS / Android

Aplikasi Pocket Colony ini adalah salah satu aplikasi yang cukup populer di Negeri Sakura. Aplikasi ini mengijinkan penggunanya untuk membuat sebuah "Pockatar" mini di dunia maya. Bagi yang sudah pernah memainkan Line Play, tentunya tidak asing dengan Pockatar ini. Di dalam aplikasi ini, pengguna akan bermain bareng dengan pengguna lainnya untuk menyelesaikan misi secara bersama-sama, bermain game, berpakaian, dan mendesain rumah seperti yang diinginkan pengguna. Ada sangat banyak hal yang berkaitan dengan negara Jepang di dalam aplikasi ini. Jadi, bagi pengguna yang merasa berada di level yang berbeda dan tertantang, maka bisa mengunduh dan meng-install aplikasi ini di perangkat mobile yang mereka miliki.

Pengguna dapat belajar dan berinteraksi secara langsung dengan orang-orang yang sehari-harinya memang menggunakan bahasa Jepang. Terlebih bagi pengguna yang menggunakan sistem operasi Android. Hal ini karena dukungan bahasa Inggris hanyalah untuk para pengguna iOS saja. Jadi, ini benar-benar akan memberikan tantangan yang besar.

16. Ameba
Kategori: Games dan Sosial
Harga: Gratis
Link Download: iOS / Android

Ameba adalah salah satu website blogging yang cukup populer di negara Jepang. Sama seperti situs-situs blog lainnya, Ameba sendiri dapat digunakan oleh setiap penggunanya dari genggaman tangan mereka. Dari aplikasi ini, pengguna dapat menulis dan mengirim gambar dari ponsel mereka secara langsung. Pengguna di dalam aplikasi ini juga bisa memantau band kesukaannya, fashion, atau video game dengan mudah. Walau pun aplikasi ini sebenarnya ditujukan untuk masyarakat Jepang, tapi seluruh pengguna perangkat mobile nyatanya juga bisa mengunduh dan memasangnya di ponsel pintar masing-masing.

Dari aplikasi ini, bagi pengguna yang ingin belajar bahasa Jepang dengan level yang sudah tinggi akan bisa memanfaatkannya untuk blogging dengan bahasa Jepang. Selain itu, mereka juga bisa berbincang-bincang dengan 'native speaker' mengenai hal-hal tertentu dengan adanya ketertarikan yang sama. Tentunya, ini akan menjadikannya lebih mendalam lagi untuk pelajaran bahasa Jepang, karena pengguna bisa menemukan kosakata "slang" yang mungkin sulit untuk ditemukan di dalam kamus.

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
ARTIKEL Terkini
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top