REVIEW

16 Aplikasi Profesional untuk Belajar Bahasa Jepang (1)

by Bruno Mukti | 12 Nov 2017
16 Aplikasi Profesional untuk Belajar Bahasa Jepang (1)

Orang-orang cenderung menggunakan ponsel mereka untuk keperluan hiburan, seperti bermain video game, memotret, atau menonton video dari YouTube. Padahal fungsi dari ponsel ini sendiri sangatlah banyak. Salah satunya adalah jalan bagi pengguna untuk bisa mengakses dunia Jepang dengan mempelajari bahasanya. Hanya dengan meng-install aplikasi di ponsel, maka pengguna bisa menerapkan salah satu cara untuk mempelajari bahasa baru melalui gadget dalam genggaman tangannya itu.

Cara belajar dengan menggunakan aplikasi ini pun tidak menjadikan belajar sebagai sesuatu yang lebih mudah, karena pengguna juga harus mempersiapkan waktu yang panjang dan menyiapkan setidaknya 1 jam setiap harinya untuk terus berlatih. Dengan aplikasi-aplikasi ini, pengguna akan dapat belajar bahasa Jepang dengan lebih mendalam, seperti belajar tulisan Kanji, berlatih Hiragana dan Katakana, dan juga praktek belajar intonasi kata kerja dalam bahasa Jepang secara langsung.

Sebenarnya, ada sangat banyak aplikasi-aplikasi belajar bahasa Jepang yang lebih menarik, yang datang melalui permainan. Namun, yang akan dibahas di artikel ini adalah aplikasi yang bersifat profesional, yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan para penggunanya. Seperti menyoal apa yang ingin mereka pelajari, dan waktu yang mereka miliki untuk belajar, tujuan dari belajar, dan cara belajarnya. Nah, berikut adalah 16 aplikasi profesional untuk belajar bahasa Jepang:

1. FluentU
Kategori: Kosakata dan Tata Bahasa (+ Kamus)
Harga: Gratis (Pilihan Upgrade Berbayar)
Link Download

Di dalam aplikasi ini, ada cara yang cukup unik untuk belajar bahasa Jepang. Pengguna akan disungguhkan dengan berbagai macam kebudayaan, dan juga aktivitas sehari-hari di Jepang yang akan dihadirkan melalui media video untuk dipelajari. Pengguna akan diberikan beberapa video, seperti video musik, trailer film, dokumenter, berita, dan juga acara bincang-bincang yang inspiratif. Dari video tersebut, aplikasi ini mengubahnya menjadi suatu kelas belajar bahasa dengan cara yang berbeda.

Sebagai contohnya saja, ada salah satu video "Let it Go" yang telah diubah menjadi versi Jepang, dan juga klip video dari "Guardian of the Galaxy." Dari video-video tersebut, pengguna akan secara langsung melihat bahasa dan juga ilustrasinya. Selain itu, pengguna pada aplikasi ini juga diharapkan menjadi lebih mudah untuk mengingat kosakata. Sebab, inilah yang ada dan terlihat dalam aktivitas sehari-hari. Cara belajar seperti ini juga tentunya akan lebih menyenangkan daripada belajar bahasa seperti yang diterapkan di dalam kelas, yang hanya membuat orang jadi mengantuk.

2. Learn Japanese
Kategori: Kosakata dan Tata Bahasa
Harga: Gratis (In-App Purchases)
Link Download: iOS / Android

Dalam aplikasi Learn Japanese, pengguna di sini akan disuguhkan dengan lebih dari 800 kata-kata dan frasa populer dalam bahasa Jepang yang ditujukan untuk para pemula. Di dalam aplikasi ini, ada beberapa bagian yang dibagi-bagi secara khusus, seperti bagaimana cara untuk menyapa seseorang, kata-kata dalam aktivitas makan bersama, dan juga kata-kata romantis. Jadi, dengan adanya pembagian-pembagian tersebut, pengguna akan lebih mudah untuk mencari kata atau frasa yang memang ingin mereka pelajari lebih lanjut. Setiap frasa yang ada di dalam aplikasi ini juga telah dilengkapi dengan audio untuk didengarkan dan tiru pelafalannya. Bukan hanya itu saja, pengguna di dalam aplikasi ini juga bisa merekam suara mereka untuk dibandingkan dan dicocokkan dengan yang ada di dalam aplikasi. Apakah sudah sesuai dengan logat asli dari orang Jepang atau belum.

3. Learn Japanese by Mindsnacks
Kategori: Kosakata dan Tatabahasa
Harga: Gratis
Link Download

Learn Japanese by Mindsnacks ini sebenarnya lebih cocok untuk digunakan oleh anak-anak dalam belajar bahasa Jepang. Hal tersebut dikarenakan aplikasi ini yang lebih berfokus pada kosakata-kosakata yang ada pada bangunan. Walau pun demikian, aplikasi ini tetap bisa digunakan oleh orang-orang dewasa yang menginginkan kosakata-kosakata yang lebih mendalam pada bangunan. Di dalam aplikasi ini, terdapat lebih dari 800 kata dan frasa untuk dipelajari. Bukan hanya itu saja, juga terdapat Kana, Kanji, dan Romaji di dalamnya. Aplikasi ini sendiri terpecah ke dalam beberapa permainan yang mana pengguna bisa mempelajari sangat banyak kosakata baru sambil belajar bahasa Jepang ke level yang lebih tinggi.

Pengguna dapat memainkan kuis yang ada di dalam aplikasi ini untuk meningkatkan kosakata-kosakata, angka-angka, warna, barang sehari-hari, dan masih banyak lagi lainnya. Di setiap pembelajaran, ada 20 kata yang disajikan. Jadi, pengguna tidak akan sampai meledak kepalanya jika terlalu banyak kata-kata yang disuguhkan secara sekaligus dalam satu kali belajar. Selain itu, setiap pelajaran yang telah dilalui akan ada penilaian. Dari penilaian ini, pengguna bisa melihat apa-apa saja kesalahan yang terjadi dan bagaimana yang seharusnya.

4. Tae Kim’s Guide to Learning Japanese
Kategori: Kosakata dan Tata Bahasa
Harga: Gratis
Link Download: iOS / Android

Seperti nama dari aplikasi ini sendiri yang berarti 'panduan,' maka tentu saja yang ingin menjadi fokus utama dari aplikasi ini adalah panduan-panduan yang akan diberikan untuk setiap orang yang ingin belajar bahasa Jepang. Aplikasi ini adalah salah satu koleksi dari Tae Kim yang memberikan panduan tata bahasa secara online dan sangat mudah untuk digunakan bagi siapa pun. Datang sebagai sebuah aplikasi seperti buku, aplikasi ini akan membantu setiap orang untuk belajar dari level pemula, untuk memberikan penilaian dari pelajaran, atau bagi yang ingin meningkatkan perbendaharaan kosakata atau tata bahasa. Panduan di dalam aplikasi ini terbagi menjadi beberapa bagian. Beberapa di antaranya adalah tata bahasa baru, struktural, dan kosakata.

Bagi para pemula dapat memilih untuk memulai belajar dari memperkenalkan diri mereka sendiri dalam bahasa Jepang. Kemudian, setelah menguasai bagian itu, pengguna bisa melangkah ke pembelajaran tata bahasa, termasuk kata kerja, kata sifat, dan kata penghubung. Sedangkan, bagi yang sudah ahli, maka dapat belajar tentang ekspresi-ekspresi mengenai bahasa, kondisi, dan masih banyak lagi lainnya.

5. Hello Talk
Kategori: Digital Japanese Penpals
Harga: Gratis
Link Download: iOS / Android

Pada aplikasi ini, akan sedikit berbeda jika dibandingkan dengan aplikasi-aplikasi yang telah disebutkan sebelumnya di atas. Di dalam aplikasi ini, pengguna akan belajar secara langsung dengan orang-orang lain secara bersamaan. Aplikasi yang tersedia di dalam sistem operasi iOS dan Android ini mengijinkan penggunanya untuk belajar dan berbicara dengan setiap orang yang ada di seluruh dunia. Pengguna seperti sedang dalam aplikasi chatting, yang mana harus membuat profil terlebih dahulu dan memberikan penjelasan secara singkat siapa dirinya di dalam profil miliknya.

Setelah itu, pengguna bisa memilih bahasa aslinya sendiri, dapat memilih bahasa apa yang sedang dipelajari, dan di level mana pun ia berada. Kemudian, pengguna akan diberikan partner yang tepat untuk belajar, tentu saja, orang yang berasal dari daerah yang menggunakan bahasa tersebut sebagai bahasa sehari-hari. Dari sinilah, pengguna akan saling dapat bertukar bahasa antar satu dengan yang lainnya sekaligus belajar bersama. Di dalam aplikasi ini, pengguna bahasa asli bisa mengedit pesan yang ditulis oleh pengguna yang sedang belajar dan memperbaiki tata bahasanya secara benar. Selain itu, pengguna juga bisa berbicara dalam bahasa Jepang dan juga belajar komprehensi di dalam aplikasi ini secara langsung dari 'native speaker.'

6. Lext Talk
Kategori: Digital Japanese Penpals
Harga: Gratis
Link Download

Aplikasi ini sebenarnya hampir sama dengan aplikasi yang telah disebutkan di atas sebelumnya. Layaknya Hello Talk, aplikasi ini merupakan aplikasi yang mengijinkan para penggunanya untuk bisa berinteraksi dengan seluruh pengguna yang ada di seluruh dunia untuk belajar bahasa. Setelah pengguna mengisi data diri secara lengkap di dalam aplikasi ini, maka pengguna bisa langsung memilih bahasa apa yang digunakan sehari-hari oleh pengguna, dan memilih bahasa apa yang ingin dipelajarinya.

Salah satu fitur menarik yang ada di dalam aplikasi ini adalah fitur peta yang ada di Lext Talk. Dengan adanya peta ini, maka pengguna bisa secara langsung mencari dengan mengeksplorasi peta yang ada di dalam aplikasi. Jadi, ini tentunya membuat pengguna jadi lebih mudah untuk mencari seseorang di Jepang sana yang memiliki logat Kansai.

7. Doongle - Where your global journey begins
Kategori: Digital Japanese Penpals
Harga: Gratis
Link Download

Aplikasi ini sama seperti aplikasi Lext Talk yang telah disebutkan di atas. Nah, bagi para pengguna ponsel dengan sistem operasi Android, aplikasi ini adalah penyejuk hati. Hal ini karena aplikasi tersebut memang hadir untuk perangkat Android, dan tidak hadir di perangkat iOS. Berbeda dengan yang sebelumnya, yang merupakan kebalikan dari aplikasi Doongle ini.

Di dalam aplikasi ini, pengguna bisa berbagi suara untuk belajar bahasa Jepang, berbagi foto, dan masih banyak lagi lainnya. Ini sama seperti pertukaran bahasa yang diberikan pada konsep aplikasi digital Japanese penpals lainnya. Selain itu, pengguna juga bisa memfilter profil sehingga bisa menemukan partner yang tepat untuk belajar sesuai dengan usia yang mereka inginkan. Ini tentu akan menjadi lebih menarik jika memiliki keinginan dan hasrat yang sama, misalnya untuk belajar Kabuki bersama-sama.

8. Imiwa?
Kategori: Aplikasi Kamus
Harga: Gratis
Link Download

Imiwa? adalah salah satu aplikasi yang bisa digunakan oleh mereka yang telah belajar bahasa Jepang di level atas. Sebab, ini adalah aplikasi kamus yang sangat bagus. Pengguna bisa memanfaatkan aplikasi ini untuk melakukan pencarian kata-kata di bahasa Jepang dengan menggunakan tulisan Kanji, Kana, atau Romaji. Pengartian juga dijelaskan dalam penggunaannya pada sebuah bentuk kalimat yang juga lengkap dengan Furigana-nya. Jadi, pengguna akan lebih tepat dalam memilih kosakata yang akan digunakannya dalam bahasa sehari-hari.

Bukan hanya itu saja, pengguna juga bisa menyentuh kata yang ada di kamus tersebut untuk didengarkan bagaimana pelafalan yang sesuai. Fitur-fitur lainnya yang diberikan di sini adalah kata hubung, kata kerja, dan juga buku catatan untuk menyimpan kata-kata favorit dari pengguna, serta masih banyak lagi lainnya. Fitur yang menjadi andalan dari aplikasi kamus bahasa Jepang ini sendiri adalah Kanji. Pengguna bisa menuliskan Kanji dari layar sentuh pada ponsel mereka untuk mencari arti dari kata tersebut. Dari kata yang dituliskan pengguna tersebut, maka Imiwa? akan memberikan beberapa kata yang berkaitan dengan Kanji tersebut. Selain itu, pengguna tentu saja bisa belajar untuk menulis Kanji di dalam aplikasi ini.

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
ARTIKEL Terkini
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top