TIPS

Tips Menggunakan Smarphone saat Bepergian dengan Pesawat

Dwi K   07 Feb 2018
Tips Menggunakan Smarphone saat Bepergian dengan Pesawat

Di social media banyak sekali beredar promo-promo tiket pesawat dengan harga yang miring untuk keluar negeri. Tentu dengan harga yang miring, banyak yang tertarik untuk membelinya dan akan melakukan perjalanan atau liburan ke luar negeri dengan menggunakan pesawat.

Nah setelah mebeli tiket, tentu kita harus mempersiapkan segalanya. Salah satu aspek yang harus kita perhatikan adalah smartphone kita. Handphone kita akan menjadi salah satu guide terbaik dan teman perjalanan yang sangat berguna jika kita dapat menggunakannya dengan baik dan benar. Handphone dapat membantu kita mulai dari mengatur jadwal hingga menjadi kamera untuk menangkap momen-momen perjalanan kita.

Berikut adalah beberapa tips yang mungkin berguna untuk perjalanan kita

Dowload Aplikasi Maskapai Pesawat

Tentu yang perlu kita download adalah maskapai yang akan kita gunakan, bukan maskapai lain. Mungkin sebagian besar maskapai penerbangan sudah memiliki aplikasi sendiri untuk mempermudah para penumpangnya. Disini kita akan mendapatkan informasi-informasi penting terkait penerbangan kita seperti status penerbangan, airport tempat keberangkatan, bahkan beberapa sudah menggunakan aplikasi sebagai boarding pass yang dimana kita hanya perlu scan ke security untuk boarding. Jangan lupa screenshot boarding pass kita untuk berjaga-jaga kehilangan sinyal atau jaringan internet.

Download Video dan Music Hiburan

Memang kita bisa streaming video, film, atau music kesukaan kita namun kita terkadang tidak bisa mengandalkan koneksi yang disediakan maskapai untuk streaming. Streaming menggunakan uota prbadi akan menyedot habis data kita sehingga hal ini sangat tidak disarankan. Simpanlah media-media hiburan kita tersebut di handphone kita agar kita dengan mudah mengaksesnya tanpa ketergantungan dengan internet.

Aktifkan Airplane Mode

Hal ini mungkin sudah menjadi prosedur standar bagi yang bepergian menggunakan handphone. Kita masih bisa menggunakannya kok, karena banyak maskapai yang sudah menyediakan WiFi agar penumpangnya tetap bisa berkomunikasi walaupun tanpa menggunakan sinyal. Menggunakan Airplane Mode juga sebenarnya bermanfaat bagi kita untuk berhemat penggunaan baterai

Buat Catatan Kecil

Catatan ini gunanya adalah menyimpan informasi penting seperti nomor konfirmasi, alamat hotel atau nomor-nomor penting untuk berjaga-jaga jika akses internet terbatas atau bahkan tidak ada. Screenshot juga berguna untuk menyimpan data ini, bahkan di beberapa handphone, fitur Notes sudah bisa menyimpan gambar screenshot kita.

Aktifkan Fitur Photo Location Service

Banyak dari kita yang mematikan fitur ini karena kita merasa tidak perlu menggunakan ini di tempat yang kita sudah sangat familiar. Namun hal ini sangat berguna lho jika keita sedang bepergian atau berlibur. Saat kita mengambil foto, maka lokasi kita akan tercatat dan kita bisa mengetahui dimana kita berada jika di dalam pesawat.

Demikian beberapa tips yang mungkin berguna saat diperjalanan. Apakah ada tips-tips lain yang berguna? Komen di bawah ya!

Artikel Terkait
KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top