REVIEW

Terhebat, 5 Aplikasi untuk Editing Foto!

Eroneko   09 Dec 2016
Terhebat, 5 Aplikasi untuk Editing Foto!

Bosan dengan hasil foto dan selfie kalian yang begitu-begitu saja? Ingin membuat fotomu jadi wow dan menarik perhatian? Kali ini, JurnalApps akan memberikan daftar aplikasi yang memiliki kemampuan edit foto untuk membuat fotomu semakin cantik, hanya dengan menggunakan smartphone atau tabletmu!

Di pasaran smartphone saat ini, banyak kamera bagus yang mendukung kemampuan smartphone jaman sekarang. Mulai dari Samsung Galaxy S7, Samsung Galaxy Note 7, LG V20, dan masih banyak lagi smartphone lainnya dengan kualitas kamera yang super bagus dan keren.

Dulu, tak peduli sebagus apa kamera smartphone yang ada saat ini, banyak orang masih menggunakan komputer untuk melakukan editing dan retouching foto yang diambil dari smartphone. Sekarang, kalian tidak perlu memindahkan data foto yang kalian ambil ke komputermu untuk diedit, karena sudah banyak aplikasi editing foto yang memiliki kemampuan setara bahkan melebihi aplikasi editing foto di komputer. Beberapa aplikasi bahkan memiliki ide unik untuk membuat foto yang kalian ambil menjadi lebih cantik.

Karena itu, JurnalApps berupaya meneliti dan mengumpulkan 5 aplikasi editing foto terbaik yang mampu mengubah foto biasa menjadi sebuah karya seni. Cek beberapa aplikasi editing foto di bawah ini dan sebutkan pendapatmu. Jika kalian memiliki rekomendasi aplikasi editing foto lain, jangan sungkan-sungkan untuk menulis komentar di bawah, ya.

1. Snapseed

Salah satu aplikasi editing foto terbaik dari Google, Snapseed memiliki fitur gratisan yang tak kalah dengan aplikasi berbayar. Bahkan, aplikasi yang satu ini memiliki menu yang mudah digunakan untuk pemula demi membuat sebuah masterpiece. Cukup dengan mencoba-coba sedikit, kalian akan mengerti tentang pengaturan brightness, contrast, shadow, dan pengaturan lainnya.

Aplikasi ini menggunakan touch interface secara maksimal, dengan menggeser ke atas dan ke bawah untuk mengganti jenis pengaturan, kemudian menggeser ke kanan dan ke kiri untuk mengatur. Lantas, ada tombol yang berada di atas untuk secara cepat melihat gambar asli sebelum diedit. Google pun setia menyediakan update secara berkala agar aplikasi ini lebih baik lagi.

Dengan Snapseed, kalian bisa menghilangkan objek dari foto, fitur yang biasanya hanya bisa dicapai dengan menggunakan aplikasi editing via komputer. Kemudian, beberapa filter yang sangat bagus dan setiap filternya mampu memperkaya fotomu.

Snapseed Multimedia AndroidiOS Free Download Download

2. Polarr

Aplikasi yang satu ini merupakan alternatif aplikasi editing foto yang mudah dan unik. Namun, jangan khawatir, Polarr tidak setengah-setengah dalam fiturnya. Begitu banyak fitur yang bisa kalian gunakan untuk mengedit foto melalui smartphone-mu. Bahkan, ada “brush mask” yang mirip dengan mask yang ada di aplikasi sekelas Photoshop di komputer.

Kalian juga bisa mengatur warna sampai tingkat kedetilan tinggi, temperatur warna, dan banyak lagi pilihan editing warna di Polarr. Kalian pun bisa melakukan distorsi pada fotomu dan beberapa efek profesional lainnya. Namun sayangnya, kalian diharuskan membayar 100 ribu per tahun untuk menggunakan efek dan fitur professional.

Polarr Photo Editor Multimedia, Tools and Utilities AndroidiOS Free Download Download

3. Adobe Photoshop Lightroom

Membawa nama Adobe yang sudah terkenal di dunia ilustrasi dan editing fotografi, aplikasi ini dikhususkan untukmu yang ingin membawa seluruh proses editing di komputer ke smartphone. Jika smartphone-mu mendukung pengambilan foto menggunakan file “RAW,” kalian bisa langsung mengedit foto tersebut melalui aplikasi ini.

Satu hal yang paling menarik tentang Lightroom adalah kalian bisa memilih banyak filter sekaligus dan mengaturnya sekaligus sehingga sesuai dengan keinginanmu. Setelah itu, kalian bisa mengubah temperatur, memberi efek bahkan memberikan efek otomatis untuk hasil terbaik. Ada beberapa fitur yang hanya bisa dibuka jika kalian melakukan pembayaran pada Creative Cloud.

Adobe Photoshop Lightroom Multimedia AndroidiOS Free Download Download

4. Pixlr

Jika kalian suka editing foto yang unik dan kreatif, Pixlr adalah jawabannya. Kalian bisa mengubah satu gedung menjadi pink, memberi warna pada suatu obyek, dan mengubah fotomu menjadi artistik dengan begitu banyak filter dan pilihan touch-up.

Pixlr juga menawarkan frames untuk fotomu yang bisa mengubah foto biasa menjadi indah. Cukup dengan beberapa langkah saja, kalian bisa mengubah foto yang terlihat biasa menjadi lebih menarik. Kalian juga bisa menambahkan stiker, ikon, dan warna yang bisa mengubah fotomu jadi seperti lukisan tangan.

Meski tidak sekompleks aplikasi foto editing lainnya, namun kalian bisa menggunakan Pixlr dengan mudah.

Pixlr – Free Photo Editor Multimedia, Tools and Utilities AndroidiOS Free Download Download

5. PicsArt Photo Studio

Jika kalian membutuhkan inspirasi, PicsArt yang dilengkapi dengan berbagai fitur kreatif dan berwarna mungkin adalah aplikasi yang kalian cari. Memiliki koleksi foto yang sangat banyak dan dapat kalian gunakan untuk bereksperimen sebelum kalian mengedit foto yang kalian ambil atau sebagai tambahan fotomu.

Dilengkapi dengan stiker, frames, dan objek yang bisa kalian tambahkan ke fotomu, Picsart akan mampu mengubah foto yang kalian miliki menjadi karya seni milikmu sendiri! Bahkan, kalian bisa menambahkan filter ke area spesifik yang kalian pilih. Dengan begitu, kalian bisa mempunyai foto dengan berbagai bagian yang sudah diberi filter.

PicsArt Photo Studio Multimedia, Tools and Utilities AndroidiOS Free Download Download

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top