TIPS

Sering Masuk Grup Tak Jelas di WhatsApp? Begini Solusinya!

Dwi K   26 Feb 2019
Sering Masuk Grup Tak Jelas di WhatsApp? Begini Solusinya!

WhatsApp memang sudah tidak bisa lepas dari kehidupan sehari-hari. Ini mungkin adalah salah satu media sosial yang kita pakai secara rutin dan mungkin bisa jadi terpasang di hampir setiap smartphone kita.

Tentunya, ada berbagai jenis keperluan dalam penggunaan WhatsApp dalam kesehariannya. Untuk berkomunikasi dengan keluarga, pasangan, mau pun mungkin bisnis. Tidak jarang, kita akhirnya membuat grup-grup WhatsApp untuk memudahkan kita dalam berkomunikasi dan berbagi aneka informasi dengan sesama member grup tersebut.

Ternyata, fitur grup ini pada awalnya memang dikhususkan untuk WhatsApp Business saja, namun pada akhirnya diterapkan untuk seluruh user dari WhatsApp.

Namun, fitur tersebut belakangan ini sering dianggap mengganggu karena banyak member yang dimasukkan ke dalam grup-grup WhatsApp yang tidak jelas tanpa persetujuan mereka. Grup-grup WhatsApp ini bahkan bukan berisikan teman mereka alias orang-orang asing. Tentunya, ini sangat mengganggu dan bisa jadi memiliki potensi yang berbahaya.

Namun, jangan khawatir. Sekarang ini, telah ada fitur berupa beberapa opsi yang bisa dipilih para pengguna untuk mengatur semua itu.

Mengatur Group Invitation WhatsApp

Pengaturan ini berguna untuk menjaga privasi kita dalam menerima undangan grup di WhatsApp.

Fitur Everyone

Pilihan yang tersedia secara default adalah Everyone. Pilihan ini ditujukan bagi kita yang ingin memilih siapa pun untuk bisa memasukkan kita ke dalam grup WhatsApp walau pun bukan kontak atau pun teman kita dalam WhatsApp. Tentunya, jika memilih ini, maka privasi kita masih terbuka dan tidak terproteksi.

Fitur My Contact

Pilihan selanjutnya adalah My Contact, dimana pilihan ini akan membuat kita hanya bisa di-invite oleh teman-teman kita di dalam kontak kita saja untuk dimasukkan ke dalam grup WhatsApp.

Lantas, bagaimana jika teman yang belum kita simpan nomornya ingin meng-invite ke dalam grup WhatsApp? Mereka masih bisa meng-invite kita ke dalam grup, namun nantinya akan dimunculkan notfikasi untuk kita menyoal apakah kita mau menerima invitation tersebut atau pun tidak.

Fitur Nobody

Pilihan terakhir adalah Nobody, dimana pilihan ini memungkinkan kita melakukan filter atas semua undangan untuk masuk ke dalam grup WhatsApp. Hal ini berlaku baik untuk teman yang sudah kita simpan ke dalam kontak atau pun orang asing. Tentunya, kita pun bisa memilih untuk masuk atau tidak.

Bagaimana jika kita mengacuhkan invitation tersebut? Tidak apa-apa, karena pilihan ini hanyalah akan dimunculkan selama 72 jam untuk selanjutnya dihapus secara otomatis oleh sistem.

Fitur ini memang baru diaplikasikan di iOS saja, namun bukan mengartikan bahwa tidak akan hadir di Android juga. Fitur ini dikatakan sedang dalam pengembangan untuk sistem operasi Android, jadi semua pengguna kelak akan bisa menggunakan fitur ini.

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top