REVIEW

Rakit Gunpla-mu Sendiri, Bawalah Berperang di Gundam Battle: Gunpla Warfare!

Andy Chan   02 Aug 2019
Rakit Gunpla-mu Sendiri, Bawalah Berperang di Gundam Battle: Gunpla Warfare!

Apakah kalian pernah menonton Gundam Build Fighters? Dalam anime tersebut, dikisahkan mengenai pertarungan mobile suit, namun tidak menggunakan setting militer atau pun lainnya, melainkan dengan menggunakan gunpla. Kini, kalian bisa mengikuti jejak dari karakter-karakter dalam anime tersebut dengan merakit gunpla kalian sendiri dan membawanya bertempur untuk memenangkan turnamen dalam game berjudul Gundam Battle: Gunpla Warfare!

Sedikit mengenai Gunpla

Gunpla sendiri adalah singkatan dari "Gundam Plastic Model," yaitu sebuah model kit terbuat dari plastik yang menggambarkan berbagai macam karakter dan unit dari dunia fiksi Gundam yang diciptakan oleh Bandai. Model kit berbeda dengan action figure, karena para fans dapat merakit model mereka sendiri dengan menggunakan tangan dan perkakas pembantu.

Versi Mobile dari Gundam Breaker

Gundam Battle: Gunpla Warfare adalah versi mobile dari game Bandai Namco yang berjudul Gundam Breaker. Premis dari game ini pun sama, pemain akan diberikan berbagai macam parts untuk merakit model Gunpla mereka sendiri, dan pemain dibebaskan untuk membuat gunpla impian mereka sendiri untuk lalu membawanya perang.

Perang Gunpla dalam Ponsel Pintarmu

Dalam Gundam Battle: Gunpla Warfare, pemain mengendalikan gunpla mereka sendiri dalam sebuah perang di arena. Pemain menggunakan sebuah virtual analog untuk menggerakkan gunpla, dan bisa menyerang dengan menggunakan berbagai macam tombol virtual yang ada di bagian bawah layar. Uniknya, serangan yang bisa dilakukan oleh gunpla milik pemain ini benar-benar tergantung dari persenjataan gunpla yang ia buat. Namun, apabila pemain tidak ingin berperang sendiri, jangan khawatir. Karena, juga tersedia tombol Auto yang mengotomatisasikan permainan.

Ciptakan Gunpla Favoritmu Sendiri

Keunikan dari Gundam Battle: Gunpla Warfare adalah kemampuan pemain untuk menciptakan Gunpla mereka sendiri secara mendetail. Dalam satu gunpla, pemain harus memasang beberapa parts yang membentuk gunpla. Mulai dari kepala, badan, tangan, kaki, backpack, senjata, tameng, hingga pilot. Nah, pemain di sini bebas dalam memasang bagian-bagian gunpla, apakah mau menggunakan kepala Wing Gundam, badan Gundam Mk II, tangan Gundam NT-1, backpack Gundam Barbatos, dan lainnya, yang biasanya disebut sebagai kitbashing. Setelah gunpla jadi, pemain pun bisa mewarnainya dengan mendetail sebagai sentuhan pribadi.

Strength atau Keren?

Memang menyusun dan mewarnai gunpla sendiri pastinya akan menjadi gunpla impian yang keren. Namun biasanya, gunpla tersebut bukanlah gunpla terkuat yang bisa disusun dari parts yang dimiliki oleh pemain. Oleh karena itu, game ini menyediakan yang namanya opsi "Strongest." Dengan menyentuh tombol Strongest inilah, pemain bisa langsung menciptakan gunpla terkuat berdasarkan parts yang ia miliki. Sisi jeleknya adalah gunpla terkuat ini biasanya memiliki bentuk yang amburadul dan kurang enak untuk dilihat. Itulah yang menjadi pilihan bagi pemain, apakah menginginkan strength, atau menginginkan keren?

Gacha untuk Parts

Sepanjang permainan, pemain memang akan mendapatkan berbagai macam parts sebagai hadiah. Namun, parts yang paling kuat dan paling keren biasanya tidak bisa didapatkan secara cuma-cuma. Pemain harus menggunakan "Capsule Prize" untuk membeli parts dan AI pilot dengan menggunakan mata uang premium Haro Chips. Capsule Prize ini, yah... bentuknya semacam Gacha. Jadi, pemain harus untung-untungan, apakah bisa mendapatkan parts yang diinginkan atau tidak.

Berbagai Mode Permainan

Mode permainan utama dari Gundam Battle: Gunpla Warfare adalah Story Mode, dimana pemain bisa mengikuti kisah petualangan dirinya bersama dengan Sana Miyama dan teman-teman dalam sebuah setting Turnamen Gunpla Battle. Di samping itu, juga ada Daily Mission, Free Battle, Event, serta mode Arena.

Photo Studio

Namun begitu, salah satu fitur yang paling menarik dari Gundam Battle: Gunpla Warfare adalah keberadaan Photo Studio. Di dalam mode ini, kalian bisa memilih gunpla yang akan difoto, lalu menentukan background-nya, pose gunpla-nya, posisinya, bahkan efek fotonya hingga transisi pilotnya, lengkap dengan kata-kata pilihanmu. Jadi, jika kalian sudah berhasil menciptakan gunpla impian, bersiaplah untuk mengikuti aspek fotografi dalam game ini.

Perang Gunpla dalam 3D

Gundam Battle: Gunpla Warfare tampil dengan grafis 3D, dimana pemain bisa melihat dengan mata dan kepala sendiri, bagaimana tim Gunpla yang sudah mereka buat sendiri itu bisa berperang di sebuah medan tempur secara nyata. Tapi, sayangnya, game ini benar-benar membutuhkan ponsel pintar yang memiliki spesifikasi tinggi. Kalau tidak, permainan akan terasa patah-patah. Solusi lainnya adalah dengan menyalakan Light Mode yang bisa membuat permainan menjadi lebih ringan, namun konsekuensinya adalah grafik 3D-nya bakal tampil menjadi low res.

Lengkap dengan Opening bergaya Anime

Bandai Namco tidak tanggung-tanggung dalam membuat Gundam Battle: Gunpla Warfare. Game ini memiliki sebuah opening video bergaya anime yang keren dan cukup pantas untuk disebut sebagaimana layaknya opening dari sebuah anime. Di samping itu, semua voice dalam game ini pun menggunakan pengantar bahasa Jepang dengan subtitle berbahasa Inggris. Jadi, jangan khawatir jika kalian bakal bingung dengan bahasanya, seperti yang sebelumnya sudah ditempuh oleh game Super Robot Wars X-Omega.

Wajib Online

Gundam Battle: Gunpla Warfare disajikan secara free-to-play, namun pemain wajib online untuk memainkannya. Dan, untuk bisa melakukan apa pun di dalamnya, pemain harus terlebih dahulu men-download game data yang berukuran cukup besar. Game-nya juga menggunakan sistem Energi yang akan habis apabila digunakan untuk berperang. Tentu saja, tersedia sebuah toko untuk membeli mata uang premium Haro Chips, yang bisa digunakan untuk membeli Parts via sebuah sistem Gacha.

Bermain Gundam Battle: Gunpla Warfare ini bisa diibaratkan seperti benar-benar sedang memainkan sebuah mainan. Bayangkan, selain bisa membawa gunpla kalian untuk berperang, kalian juga bisa membongkar pasang gunpla sesuai dengan keinginan, sampai bisa melakukan toy photography juga, lho! Bagi yang ingin merasakan bagaimana merakit sebuah gunpla tanpa berpusing-pusing ria di dunia nyata, maka inilah game yang wajib untuk kalian coba.

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top