REVIEW

Perang Melawan Monster bersama Dewa-Dewa dalam Game Puzzle Unik MUJO

Andy Chan   08 Feb 2018
Perang Melawan Monster bersama Dewa-Dewa dalam Game Puzzle Unik MUJO

Game puzzle match-three rata-rata memiliki varian yang beraneka ragam, baik itu memiliki timer, ada ceritanya, bahkan ada juga yang merupakan game RPG. Namun kini ada game unik berjudul MUJO buatan OinkGames yang menyajikan sebuah game puzzle dengan fitur yang tidak bisa ditemukan di game-game varian puzzle match three lainnya. Bagaimana bedanya?

Dalam MUJO, pemain bertugas untuk mengumpulkan tile secara strategis dan menggunakannya untuk menyerang monster. Tidak seperti puzzle match-three lainnya, dalam MUJO pemain tidak bisa menggeser-geser tile yang disediakan sama sekali. Pemain hanya bisa melakukan tap untuk menghancurkan tile-tile tersebut, atau menggabungkannya menjadi satu dengan cara menyentuh dan menahan sentuhannya.

Sama seperti puzzle match-three lainnya, pemain hanya bisa menghancurkan atau menggabungkan tile-tile yang tersambung minimal tiga buah, tidak perduli posisinya, yang penting tersambung. Semakin banyak tile yang tersambung, maka semakin besar pula angka yang didapatkan apabila pemain menggabungkan tilenya. Namun untuk bisa menggunakan tile yang sudah digabungkan ini, pemain harus menyambungkannya lagi dengan tile sejenis. Dengan melakukan tap, pemain akan menghancurkan tile-tile yang sudah tersambung tersebut, sekaligus mengaktifkannya. Tile yang berbentuk pedang digunakan untuk menyerang monster, sementara tile yang lain digunakan untuk mendapatkan experience.

Apabila pemain merasa kehabisan gerakan, bisa menyentuh tombol panah atas di bagian bawah layar. Tombol ini akan menggeser semua tile ke atas, dengan menghilangkan tile yang paling atas. Hal ini juga akan mengaktifkan tile khusus seperti bom yang akan menghancurkan satu kolom dan baris.

Pemain juga bisa menghancurkan tile yang tidak tersambung dengan cara menghabiskan petir. Hal ini juga berlaku pada peti harta yang kadang muncul di medan permainan. Karena peti harta sangat sulit untuk didapatkan, ada baiknya petir digunakan untuk membuka peti tersebut. Dengan membuka peti harta, pemain akan mendapatkan berbagai macam dewa dari mitologi Yunani yang bisa membantu pemain dalam berperang melawan para monster.

Para monster sendiri memiliki sejumlah Life, dan bisa dibunuh dengan cara menghancurkan tile bergambar pedang. Setiap menghancurkan tile pedang, monster akan terkena damage, dan untuk mendapatkan damage maksimal, pemain harus menggabung-gabungkan tile pedang agar menjadi sebuah serangan yang sangat kuat. Tantangan untuk pemain adalah bagaimana caranya mencari posisi yang tepat agar tile pedang yang sudah memiliki kekuatan tinggi tersebut bisa hancur dan menghantam monsternya dengan sekali hajar.

Setiap monster dan boss yang dihadapi oleh pemain memiliki keunikan masing-masing. Ada monster yang harus dibunuh sebelum batas turn tertentu, ada juga boss yang senantiasa melakukan healing, sehingga pemain harus menghajarnya dengan sekali hantam menggunakan tile pedang berkekuatan besar agar dia langsung tewas tanpa ada kesempatan healing. Tersedia 53 stage untuk diselesaikan, semakin tinggi stage-nya, semakin tinggi pula Life dari monster yang dihadapi.

MUJO sendiri memiliki grafis yang sangat minimalis, hanya menggunakan bentuk-bentuk sederhana saja, namun tampil cantik karena bentuk-bentuk tersebut berhasil menampilkan karakter-karakter dewa ataupun monster yang unik. Bahkan MUJO memiliki animasi yang menawan untuk para monster ketika sedang bertarung.

Game puzzle MUJO dihadirkan secara free-to-play, dan bisa dimainkan tanpa koneksi Internet. Kalau game-nya terhubung ke Internet, pemain akan menemukan gangguan iklan, namun bisa melakukan mikrotransaksi untuk membeli petir. Petir sendiri sebenarnya bukan sejenis stamina atau energi, karena hanya digunakan untuk membantu menyelesaikan stage, dan akan kembali terisi setiap hari.

Apabila Anda menginginkan sebuah game puzzle match-three yang berbeda dengan lainnya, tidak perlu mencari jauh-jauh lagi. MUJO sanggup memuaskan dahaga akan puzzle match-three unik yang juga memiliki grafis menawan. Dan asyiknya, game ini tidak perlu dimainkan secara buru-buru karena tidak ada timer sama sekali, sehingga cocok untuk dimainkan di kala santai.

Artikel Terkait
KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top