REVIEW

Lyrica, Artistiknya sebuah Game Rhythm Ber-setting China Kuno

Andy Chan   08 Apr 2019
Lyrica, Artistiknya sebuah Game Rhythm Ber-setting China Kuno

Game rhythm adalah salah satu genre di mana pemain memainkan sebuah permainan mengikuti irama dari lagu yang mengiringi permainannya. Sudah banyak game rhyhtm yang beredar di mobile, seperti Bang Dream!, Dancing Line, Full of Music dan sebagainya, namun game yang satu ini berbeda dengan yang lain. Dipersembahkan oleh RNOVa dan HanGuang Creativity, hadirlah game berjudul Lyrica yang mengambil tema puisi klasik dan China kuno.

Sedikit mengenai Lyrica

Dalam Lyricia, dikisahkan mengenai seorang anak muda bernama Chun yang ingin menjadi seorang musisi. Suatu malam, dia bermimpi melakukan perjalanan menembus waktu ke jaman China kuno dan bertemu seorang penyair misterius. Game-nya sendiri adalah sebauh game rhyhtm di mana pemain akan bermain mengikuti ritme lagu yang disajikan.

Melukis Kaligrafi menggunakan Musik

Cara memainkan Lyrica boleh dibilang agak berbeda dengan game ritme pada umumnya. Di medan permainan, terlihat sebuah kursor yang mewakili kuas. Kursor ini akan bergerak ke sebuah node, dan pemain harus menyentuh node ini begitu kursor tersebut melewatinya. Tidak hanya menyentuh saja, ada beberapa node yang harus diperlakukan khusus, seperti node besar yang harus disentuh lama agar lingkaran yang mengitarinya habis, ada node yang harus diikuti garisnya, dan lain sebagainya.

Yang paling menarik dari permainan rhyhtm ini adalah cepatnya kursor tersebut menari-nari di medan permainan bagaikan sebuah kuas yang sedang melukis kaligrafi. Diiringi dengan lagu-lagu berbahasa Mandarin, pemain akan menikmati cantiknya kaligrafi China dan puisi dengan mengikuti ritme berdasarkan lagu-lagu tersebut.

Wajib dimainkan dengan 2 Jari

Berhubung ada beberapa bagian di mana pemain harus menyentuh dua node sekaligus, sangat disarankan untuk memainkan game ini dengan cara menaruhnya di sebuah meja dan memainkannya menggunakan dua jari. Sedikit masalah mungkin akan terjadi ketika pemain menyentuh node besar yang harus disentuh agak lama, karena jari tersebut bisa jadi menghalangi pandangan akan node lain yang bisa saja keluar di bagian layar yang tertutup jari.

Kisah yang Menarik dalam setiap Chapter-nya

Di setiap chapter, pemain diberikan sebuah ilustrasi yang masih tertutup. Untuk membuka ilustrasi tersebut, pemain harus memainkan game rhythm. Di setiap bagian ilustrasi tersebut, pemain akan disajikan sebuah kisah klasik China Kuno mengenai kaisar, pengkhianat, pendekar, dan lain sebagainya yang menarik untuk diikuti dalam bentuk visual novel.

Artwork yang Menawan dan Lagu-lagu Daerah China yang Otentik

Lyrica hadir menggunakan artwork khas manhwa China, yang diperkuat dengan tampilan permainan ala kaligrafi China yang menawan. Lyrica sendiri adalah game ryhthm pertama yang menggunakan lagu-lagu asli daerah China seperti musik Hokkien Taiwan serta Capella, yang masing-masing dinyanyikan menggunakan bahasa Mandarin atau Hokkien.

Tidak 100% Gratis

Lyrica memang bisa dimainkan secara free-to-play, namun tidak semua hal yang tersedia di dalam game bisa dimainkan. Yang paling menyolok adalah keberadaan kisah kedua mengenai seorang gadis bernama Yang. Untuk bisa mencoba kisahnya, pemain harus membayar Rp. 29.000,-. Selain itu, ada juga lagu-lagu yang bisa ditambahkan ke dalam game yang masing-masing set isi empat lagu dijual seharga Rp. 58.000,-.

Harus diakui bahwa tidak semua orang bisa menikmati literatur China yang artistik seperti ini, jadi bagi yang menginginkan musik-musik tenar atau aksi game rhythm yang keren, mungkin tidak bisa menemukan kenikmatan dalam Lyrica. Namun secara garis besar, game rhythm yang sangat unik ini mengekspresikan literatur secara artistik, menggunakan syair dalam sebuah gameplay yang bisa memberikan pengalaman bermain game baru untuk para gamer, serta memiliki musik yang menyenangkan.

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top