LOADING
REVIEW

Ikutlah Berjuang Melawan Tirani Autocrat dalam Hawk: Freedom Squadron!

Andy Chan   21 Jan 2018
Ikutlah Berjuang Melawan Tirani Autocrat dalam Hawk: Freedom Squadron!

Wahai, para penggemar game shooter pesawat. Ikutlah berjuang dalam sebuah perang udara melawan tirani Autocrat dan armadanya dalam sebuah game shooter unik yang berjudul Hawk: Freedom Squadron! Itulah sedikit latar belakang dari game ini. Tapi, jangan bingung kalau game ini judulnya adalah "HAWK – Force of an Arcade Shooter. Shoot 'em up!" di Play Store, sementara di dalam game-nya sendiri berjudul Hawk: Freedom Squadron. Karena, itulah judul yang dimasukkan ke Play Store oleh My.com B.V.

HAWK: Freedom Squadron Shooter Games AndroidiOS Free Download Download

Seperti game shooter pesawat pada umumnya, konsep utama Hawk: Freedom Squadron adalah menembaki semua musuh di layar, hindari peluru-peluru yang beterbangan, dan gunakan senjata khusus yang berfungsi seperti bom dengan seperlunya saja. Pengendalian pesawat dilakukan dengan menggunakan gerakan jari di layar sentuh, pesawatmu akan senantiasa menembak. Jadi, tidak perlu ada input apa-apa untuk menembak.

Biasanya, pada game-game shooter pesawat itu, ada yang namanya power up di tengah-tengah permainan untuk membuat pertempuran menjadi lebih seru, misalnya mendapatkan senjata-senjata baru, bom, dan sebagainya. Hal tersebut nyatanya tidak ada di sini. Karena, untuk mendapatkan senjata baru, pemain harus mengunjungi hangar dan memasang senjatanya secara manual. Berbagai macam perangkat yang bisa dipasang di pesawatmu itu bisa didapatkan dengan cara menyelesaikan sebuah stage dan membuka drop box.

Uniknya, selain melakukan kustomisasi equipment di pesawat, pemain juga bisa memiliki dua buah Battle Companion bernama Brobot. Ada banyak macam Brobot yang tersedia, dan pemain bisa memasangnya di sisi kiri dan di sisi kanan pesawat sebagai penembak tambahan yang juga memiliki senjata khusus.

Hawk: Freedom Squadron menggunakan sistem World Map. Jadi, meski pun permainan dijalankan secara sekuensial, pemain bisa kembali untuk memainkan stage sebelum-sebelumnya dengan cara memilihnya secara langsung. Terdapat lebih dari 170 stage yang disediakan untuk diselesaikan oleh pemain, masing-masingnya memiliki tiga tingkat difficulty dengan tiga buah bintang untuk didapatkan.

Terdapat banyak ragam pesawat yang bisa dimainkan, masing-masing pesawat tersebut di antaranya mulai dari Sparrow, Laserbite, Avenger, Eagle, Gambit, Havoc, Hellfire, hingga lainnya yang memiliki pilot yang unik. Cara untuk meng-unlock pesawat-pesawat ini adalah dengan menyelesaikan stage tertentu pada tingkat difficulty tertentu, dan dibeli dengan menggunakan uang in-game yang bernama Credits atau pun mata uang premium Crystal.

Cukup banyak game shooter pesawat yang mengambil setting di luar angkasa agar tidak perlu terlalu banyak memiliki background, karena luar angkasa biasanya gelap dan berbintang-bintang saja, bukan? Nah, Hawk: Freedom Squadron mengambil setting di dalam Bumi, meski pun mungkin bukanlah Bumi yang kita kenal. Medan permainan dianimasikan dengan menggunakan 3D dengan cara yang sangat cantik dan menawan, lengkap dengan efek suara dan lagu yang menunjang permainan bertipe shooter pesawat.

Sayangnya, meski pun Hawk: Freedom Squadron adalah sebuah game free-to-play, namun game-nya sendiri membutuhkan koneksi Internet untuk dimainkan, dan juga update yang harus dilakukan sebelum bisa memainkan game-nya tidaklah kecil. Total ukuran Hawk: Freedom Squadron pada saat ini adalah berkisar lebih dari 400 MB. Untungnya, tidak ada iklan yang mengganggu, dan dengan melakukan login pada setiap harinya, pemain bisa mendapatkan macam-macam reward.

Dan asyiknya, dengan terkoneksinya game ini secara online, pemain pun bisa memainkan sebuah stage secara co-op, baik bersama dengan seorang teman, ataupun dengan pemain lain dari seluruh dunia. Sayangnya, pemain lain tersebut lebih sering tidak memainkan game-nya, sehingga yang akan terlihat adalah pesawat milik sang pemain lain tersebut sedang tidur di layarmu, lengkap dengan efek tulisan Zzz.

Untuk bisa memainkan sebuah stage, pemain membutuhkan Verdium Supplies yang berfungsi sebagai bahan bakar, dan juga biasanya disebut sebagai sistem stamina/energi. Kalau Verdium Supplies sampai habis, maka pemain tidak bisa melanjutkan permainan dan harus menunggu hingga beberapa waktu lamanya untuk Verdium Supplies tersebut bisa kembali terisi lagi. Terdapat mikrotransaksi untuk membeli Crystal, dimana Crystal bisa digunakan untuk membeli Credits atau pun Verdium Supplies.

Di tengah-tengah lautan game shooter yang ada di platform mobile, game ini rasanya kurang memiliki fitur unik yang bisa dibanggakan. Selain itu, game-nya juga membutuhkan ponsel pintar dengan spesifikasi hardware yang cukup tinggi apabila tidak ingin terjadinya animasi patah-patah yang biasanya akan fatal dalam sebuah game shooter pesawat. Tapi, secara menyeluruh, Hawk: Freedom Squadron sebenarnya adalah sebuah game yang cukup seru, dan boleh juga untuk dicoba apabila Anda sedang membutuhkan game shooter baru.

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
Dirgahayu Republik Indonesia
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top