REVIEW

Idle Life Sim, Permainan Simulasi Kehidupan yang Adiktif

Andy Chan   21 Oct 2020
Idle Life Sim, Permainan Simulasi Kehidupan yang Adiktif

Apakah kalian memiliki kemampuan untuk sukses di dalam kehidupan? Pilih karirmu, beli rumah, pergi belanja, dan dekorasikan rumah impianmu dalam game unik persembahan dari Codigames yang berjudul Idle Life Sim. Kehidupanmu di dalam game ini bisa jadi akan lebih menarik daripada kehidupan nyatamu lho!

Kendalikan Hidup Karaktermu

Dalam Idle Life Sim, pemain diberikan kesempatan untuk memulai karirnya dengan cara menciptakan seorang avatar yang merepresentasikan dirinya, lalu bawalah sang avatar tersebut untuk hidup sendiri dan latihlah kemampuan profesional agar bisa mendapatkan gaji yang lebih tinggi. Seberapa jauh kalian bisa menanjak di dunia Idle Life Sim?

Permainan bertipe Idle

Pada dasarnya, Idle Life Sim adalah sebuah game idle, di mana pemain akan hidup di dalam game ini dan mencoba untuk menjadi orang sukses, tentunya tanpa perlu melakukan apa-apa. Fitur-fitur game ini pun sangat menarik untuk dicoba satu per satu.

Menciptakan Avatar

Di awal permainan, pemain bisa menciptakan sendiri avatar dan penampilannya, mulai dari wajahnya, matanya, rambutnya, hingga kostum yang dikenakan olehnya. Ada banyak kombinasi yang bisa dibuat oleh pemain, dan apabila terasa kurang, nantinya pemain juga bisa meng-unlock berbagai gaya baru.

Kustomisasi Rumah

Selain penampilannya, pemain juga akan memiliki sebuah rumah yang bisa dikustomisasikan sesuka hati. Pergilah ke toko dekorasi untuk membeli bermacam-macam furniture agar rumah tersebut menjadi nyaman dan menyenangkan. Tambahkan ranjang, TV< karpet, dan lainnya, agar bisa tercipta sebuah rumah yang ideal. Bahkan pemain pun bisa membeli rumah baru, tentunya kalau uang yang dikumpulkan sudah cukup.

Meniti Karir

Berbicara mengenai uang, tentunya seseorang harus bekerja agar bisa mendapatkannya. Dalam Idle Life Sim, pemain bisa memilih berbagai macam cabang pekerjaan, seperti artist, atlit olah raga, teknisi, bahkan menjadi koki. Seiring dengan pemain menaikkan kemampuan pribadinya, maka pekerjaan yang didapatkan pun akan menjadi semakin tinggi. Pekerjaan inilah yang sifatnya idle, jadi pemain tidak perlu melakukan apa-apa untuk mendapatkan uang, hanya menghabiskan waktu saja.

Sistem Prestise

Secara garis besar, alur permainannya adalah menunggu pekerjaan menghasilkan uang secara otomatis. Nah, uang ini bisa digunakan untuk berbagai macam hal, termasuk membeli skill agar penghasilan bisa lebih tinggi, membeli macam-macam dekorasi, membeli pakaian untuk kustomisasi karakter, dan lain sebagainya. Sebagai indikator kesuksesan, apabla pemain sudah mengumpulkan cukup uang, mereka akan bisa membeli sebuah rumah baru yang juga merupakan sistem prestise untuk melakukan reset. Tentunya, setiap rumah baru memiliki kelebihan sendiri, terutama dekorasi-dekorasi baru yang menarik.

Grafis 3D Sederhana yang Imut

Idle Life Sim ditampilkan dengan grafis 3D yang tampak bagus dengan tingkat pencahayaan yang silih berganti seiring jalannya jam di dalam game menjadi pagi, siang, dan malam. Pemain bisa melihata avatar-nya sendiri berjalan-jalan di dalam rumah, atau berjalan di toko furniture. Permainan diiringi dengan lagu-lagu yang silih berganti, sehingga pemain tidak akan bosan dengan satu lagu saja ketika sedang bermain. Kustomisasi rumah dan avatar di sini pun sangatlah menarik, dan menjadi salah satu hal yang membuat pemain ingin melakukan grinding.

Tapi salah satu yang agak ganjil dari game ini adalah pekerjaan yang dilakukan oleh sang avatar, karena dia akan seringkali tampak terlihat bersantai di dalam rumahnya sementara gaji tetap mengalir masuk. Memang sesekali dia akan pergi keluar untuk 'bekerja', meskipun akan terasa sangat sebentar saja. Jadi boleh dibilang dia makan gaji buta sehari-harinya.

Harus Main Online

Codigames memastikan agar pemain tidak bisa main game ini secara offline. Ketika memulai permainan gratis yang satu ini, pemain sudah harus terkoneksi ke Internet, kalau tidak, game-nya akan menolak untuk jalan. Pemain juga diberikan kesempatan untuk menonton video-video iklan demi mendapatkan uang tambahan, dan sebuah toko in-game untuk membeli paket-paket permainan yang menarik, atau bisa juga membeli mata uang Premium Gems, seharga dari Rp. 18.000,- hingga Rp. 890.000,-.

Meskipun boleh disebut sebagai 'hanya lagi-lagi game idle', namun Idle Life Sim ternyata memiliki potensi untuk membuat pemainnya tergila-gila dalam mengumpulkan uang. Kalau kalian suka game idle, kemungkinan besar kalian akan menyukai Idle Life Sim yang kaya akan fitur ini.

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top