istanbul escortsistanbul escortsistanbul escortsistanbul escortsistanbul escortsistanbul escortsistanbul escortsistanbul escortsistanbul escortsistanbul escorts
istanbul escortsistanbul escortsistanbul escortsistanbul escortsistanbul escortsistanbul escortsistanbul escortsistanbul escortsistanbul escortsistanbul escorts
istanbul escortsistanbul escortsistanbul escortsistanbul escortsistanbul escortsistanbul escortsistanbul escortsistanbul escortsistanbul escortsistanbul escorts
istanbul escortsistanbul escortsistanbul escortsistanbul escortsistanbul escortsistanbul escortsistanbul escortsistanbul escortsistanbul escortsistanbul escorts
porno izleporno izleporno izleporno izleporno izlepornopornopornopornopornopornopornoporniocoolpornpornspotsex pornosex pornosex pornosex hikayesex hikaye
NEWS

Fenomena 2019: Ketika Berbagai Industri Arahkan Dukungannya kepada eSports

en19ma   23 Feb 2019
Fenomena 2019: Ketika Berbagai Industri Arahkan Dukungannya kepada eSports

Meski kegiatannya secara kasat mata hanya terpaku pada layar gawai pintar atau PC untuk memainkan game kompetitif, fenomena eSports sebagai cabang olahraga baru telah menarik perhatian khalayak dalam beberapa waktu terakhir, termasuk pemerintah. Saat ini, Kementerian Komunikasi dan Informatika bahkan telah bekerjasama dengan Kementerian Pemuda dan Olahraga untuk menyelenggarakan turnamen eSports bertajuk Piala Presiden Esports 2019. Turnamen yang baru pertama kalinya diselenggarakan pemerintah ini dibuka oleh Menteri Pemuda dan Olahraga, Imam Nahrawi, pada awal Februari lalu. Hal ini menunjukkan perhatian penuh pemerintah terhadap perkembangan eSports di Tanah Air.

Dari sisi pelaku bisnis, eSports menjadi daya tarik baru bagi berbagai merek dan perusahaan untuk mempromosikan produknya. Misalnya saja, perusahaan makanan ringan Indonesia, PT Dua Kelinci, yang menjadi salah satu perusahaan yang memberikan dukungan sponsorship terhadap dua tim eSports profesional ternama Tanah Air, yakni tim Rex Regum Qeon (RRQ) dan tim EVOS Esports. Kedua tim yang juga merupakan rekan live streaming resmi Nimo TV tersebut, akan memasang dua merek produk Dua Kelinci –Sukro dan KripKrip Tortilla– di masing-masing jersey.

Selain industri konsumen, hal yang paling menarik, pelaku industri olahraga raksasa internasional juga mulai melirik perkembangan eSports secara bisnis dan prestasi. Salah satu klub sepak bola Eropa, Paris Saint-Germain (PSG), resmi berkolaborasi dengan RRQ melalui divisi eSports-nya, PSG Esports. Tim papan atas Ligue 1 tersebut mendukung divisi Mobile Legends RRQ dengan perubahan nama menjadi PSG.RRQ. Sebastian Wasels, Managing Director PSG Asia Pasifik, mengungkapkan bahwa keputusan pihaknya masuk ke dunia eSports Indonesia sudah melalui riset yang cukup panjang. Melalui kantor cabangnya di Singapura, divisi e-Sports PSG memiliki banyak waktu untuk memilih divisi Mobile Legends RRQ untuk diajak bekerjasama. Dalam konferensi persnya, pemilihan divisi Mobile Legends milik RRQ dapat menjadi pintu masuk ke arah kategori lain di pentas eSports Indonesia, melihat jumlah pengguna aktif Mobile Legends yang besar. Selain PSG, klub sepakbola Liverpool FC asal Inggris juga mencermati perkembangan eSports yang sangat masif.

Fenomena masuknya pelaku industri olahraga terutama klub sepakbola mungkin terdengar janggal demi mengingat adanya perbedaan antara sepakbola yang mengandalkan kekuatan fisik dengan eSports yang lebih berbasis strategi dan teknologi. Namun demikian, hal tersebut ternyata juga mulai masuk ke ranah persebakbolaan nasional. Di level lokal, klub sepakbola peserta Liga 1 Bali United FC menjadi klub sepakbola Indonesia pertama yang membentuk tim eSports dengan nama Island of Gods (IOG) Esports, serta menyelenggarakan turnamen eSports bertajuk Bali United Esports Championship.

Terkait dengan maraknya fenomena dukungan berbagai pihak terhadap perkembangan eSports di Tanah Air, Eddy Lim selaku Ketua Umum Indonesia E-Sports Association (IESPA) menyambut baik tanggapan positif dari berbagai pihak atas kehadiran eSports. “Esports ini sekarang memang terlihat seksi. Jadi, tidaklah heran apabila mulai banyak pemangku kepentingan dari berbagai industri, termasuk olahraga lain, untuk ikut terjun ke dalam perkembangan eSports. Seperti di mana ada kue yang manis, di situ ada semut,” ucap Eddy Lim kepada Nimo TV kemarin (21/2).


Eddy Lim, Ketua Umum Indonesia E-Sports Association (IESPA)

Amy Cao, Global Marketing & PR Head Nimo TV, juga turut menyambut baik perhatian berbagai pihak, khususnya tanggapan positif pelaku olahraga besar atas kehadiran eSports. Menurutnya, kedua industri yang sama-sama memiliki basis konsumen yang kuat dan besar mampu bersinergi untuk memperluas ceruk pasarnya. “Sebagai platform live streaming game yang berkomitmen untuk mengembangkan industri eSports di Indonesia, kami sadar bahwa kami tidak bisa melakukan ini sendiri. Terjunnya manajemen olahraga mainstream ke dalam eSports akan semakin memperkuat dan mempercepat perkembangan eSports itu sendiri di Indonesia dan kawasan. Kami berharap, mereka dapat berkontribusi lebih jauh dalam pengembangan talenta eSports. Nimo TV akan senantiasa mendukung segala upaya pengembangan talenta eSports di Indonesia melalui platform live streaming game yang mempertemukan pemain profesional dengan komunitas game dan eSports, serta mereka yang memiliki aspirasi untuk menjadi pemain profesional.”

PSG.RRQ yang di antaranya beranggotakan Muhammad ‘Lemon’ Ikhsan, Calvien ‘InstincT,’ Dicky ‘Tuturu,’ William ‘Liam’ Setiawan, dan Try ‘AyamJago’ Widyanto menjadi tim eSports terbaru yang menjalin kerjasama Nimo TV. Selain RRQ, Nimo TV juga bekerjasama dengan tim-tim eSports nasional ternama lainnya, seperti EVOS Esports dan Louvre Esports.

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top