REVIEW

Detention, Horor di Sekolah yang Bikin Merinding

Andy Chan   05 Jan 2021
Detention, Horor di Sekolah yang Bikin Merinding

Pada suatu hari di tahun 1960'an Taiwan, dalam masa darurat militer, seorang murid kelas dua SMU bernama Wei Chung Ting, tertidur ketika sedang belajar sejarah di sekolahnya. Ketika Wei tertidur itu, kelas diberhentikan oleh perwira JROTC, yang memanggil sang guru, Ibu Yin, untuk menanyakan mengenai sebuah daftar. Tidak lama kemudian, Wei pun terbangun dan menemukan ruang kelasnya sudah sepi tidak ada orang, dengan tulisan "Peringatan Angin Topan" di papan tulis. Ternyata sekolah sudah dievakuasi, dan hanya Wei sendirian yang tertinggal. Dia pun bergegas untuk pulang, dan bertemu dengan seorang murid perempuan bernama Fang Ray Shin di auditorium, dan mereka pun setuju untuk pulang bersama. Namun akibat sesuatu kejadian, sekolah tersebut pun mulai berubah secara aneh, dan makhluk-makhluk halus mulai bermunculan...

Game Horor yang Mencekam

Kisah di atas merupakan awal dari game berjudul Detention, sebuah permainan indie buatan Red Candle Games. Game ini merupakan sebuah game petualangan dengan tema horor yang mencekam dan membuat pemainnya merinding, di mana pemain berperan sebagai Wei Chung Ting dalam usahanya untuk lepas dari sekolah mengerikan tersebut.

Sistem Pengendalian Point & Click

Untuk mengendalikan Wei Chung Ting, pemain tinggal menggunakan layar sentuh saja. Sentuh di kiri atau di kanan untuk membuat Wei berjalan ke arah tersebut. Di medan permainan, akan ada beberapa poin-poin yang menarik, dengan indikator icon aksinya, seperti icon pintu untuk membuka pintu dan melangkah ke layar berikutnya, icon mata untuk melihat sesuatu, icon kaca pembesar untuk memeriksa, atau icon tangga untuk menaiki tangga.

Sistem Inventory

Pemain juga diberikan sebuah sistem inventory untuk menyimpan barang-barang yang dipungutnya sepanjang permainan. Barang-barang ini bisa berguna satu atau lain hal, dan pemain tinggal melakukan drag & drop saja pada barang-barang tersebut untuk menggunakannya di layar.

Dibalut Kisah Menarik

Detention tidak hanya mengisahkan mengenai Wei saja, melainkan juga memfokuskan pada Fang Ray Shin, sang murid perempuan di sekolah tersebut. Dengan dua tokoh utama yang bisa dimainkan inilah, kisah yang penuh dengan pengkhianatan, misteri, dan hal-hal yang tidak masuk di akal ini mengalir. Apakah Wei dan Ray bisa memecahkan misteri yang membuat diri mereka terjebak di sekolah hantu tersebut, atau mereka harus terkurung di situ selamanya? Itulah arti dari judul game ini, "Detention" yang artinya hukuman tidak boleh pulang dari sekolah.

Grafis 2D dengan Suara yang Mencekam

Detention merupakan game yang cukup gelap di layar ponsel kalian. Ada baiknya untuk menerangkan layar ponsel, karena memang mungkin akan membuat kesulitan pemain dalam mencari sesuatu di layar, apalagi ketika gedung sekolahnya sudah mulai berubah, yang akan menyebabkan pergerakan kalian di dalamnya menjadi tidak masuk di akal. Artworknya sendiri sangatlah menawan, cocok dengan nuansa horor game-nya, ditambah dengan efek suara dan lagu yang tidak kalah seramnya, membuat permainan ini wajib kalian mainkan menggunakan headset. Sedikit peringatan saja, game ini penuh dengan gambar-gambar sadis dan mengerikan.

Bukan Game Gratisan

Meskipun kalian bisa meng-install game-nya secara cuma-cuma, namun Detention sendiri bukanlah game gratisan. Pemain harus merogoh kantongnya senilai Rp. 75.000,- untuk bisa mendapatkan versi penuhnya, karena yang bisa dimainkan secara gratis hanyalah sebagian kecil dari game-nya saja. Berhubung game-nya berbayar, tentunya tidak ada yang namanya iklan, sistem stamina, ataupun mikrotransaksi sama sekali.

Sistem permainannya point & click yang sederhana, ditambah dengan kisah misterius yang membuat penasaran, serta seramnya makhluk supernatural yang berada di sekolah hantu tersebut, membuat Detention bisa menjejerkan dirinya sebagai salah satu game bernuansa horor yang menakutkan bagi pemainnya. Jika kalian bersedia membayar Rp. 75.000,-, kalian akan mendapatkan sebuah game horor yang bisa membuat kalian merinding di ponsel pintar kalian.

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top