TIPS TRIK

5 Masalah Umum pada Gmail dan Cara Memperbaikinya

Escravania   05 Feb 2018
5 Masalah Umum pada Gmail dan Cara Memperbaikinya

Gmail mungkin adalah salah satu layanan yang tidak pernah kita anggap terlalu penting hingga kita tidak dapat mengaksesnya. Namun saat Gmail tidak berfungsi, baru kita merasa bingung, apa yang harus kita lakukan? Di bawah ini adalah cara untuk memperbaiki 5 masalah yang paling umum pada Gmail.

Gmail tidak bekerja? Periksa Dashboard Google Status

Apakah Gmail tidak bekerja? Coba periksa dashboard status aplikasi Google. Jika pernah ada penghentian, dugaan penghentian, atau laporan terpercaya tentang penghentian layanan Google – jadi kapan saja Gmail tidak bekerja – situs ini akan memberi tahu Anda. Anda akan melihat daftar semua aplikasi di Google Suite, dan daftar tanggal yang mengarah ke tanggal sekarang. Titik-titik oranye menunjukkan ada atau pernah ada masalah. Anda bisa melihat ke belakang sekitar dua bulan jika dibutuhkan. Jika Anda mengalami masalah dengan aplikasi Google apa pun, ini harus menjadi pemberhentian pertama Anda.

Pilihan utama

Seringkali saat Anda mengalami masalah dengan akun Google Anda, menghapus akun dari perangkat seluler dan menyetelnya kembali akan mengatasi permasalahannya. Keunggulan akun Google adalah semuanya tersimpan di server Google – surat, dokumen, film dan video Anda, dan lain-lain. Semua itu akan kembali, setelah Anda me-reset akun Anda. Ini adalah cara termudah untuk menghapus untuk kemudian mengembalikan semuanya.

Untuk melakukannya, masuk ke area Pengaturan -> Akun -> Google -> (ketuk akun yang ingin Anda hapus) -> ketuk ikon elips di pojok kanan atas -> Hapus akun.

Lupa kata sandi

Salah satu alasan paling umum seseorang kehilangan akses ke akun Gmail adalah karena lupa kata sandinya. Untungnya, Google memiliki sejumlah alat yang bisa Anda gunakan untuk memulihkan kata sandi itu. Namun Anda harus sadar bahwa prosesnya tidak mudah. Pernahkah Anda memperhatikan bahwa kapan pun Anda lupa kata sandi Anda di layanan lain, seperti Netflix, opsi pemulihan hampir selalu dikirimkan pada Anda lewat email?

Nah, jika yang Anda lupa adalah kata sandi email Anda, hal yang sama tidak akan dapat terjadi. Pertama, penting bagi Anda untuk menyiapkan metode kontak alternatif yang terpasang pada akun Google Anda. Masuk ke akun Gmail Anda, klik foto profil Anda di pojok kanan atas -> Akun saya. Di bawah Sign-in & Keamanan, klik “Masuk ke Google.” Selanjutnya, gulir sekitar setengah halaman ke “Opsi pemulihan akun.” Pastikan ketiga opsi – Email Pemulihan, Telepon Pemulihan, dan Pertanyaan Keamanan – semuanya terisi . Ini adalah metode pemulihan yang dapat Anda gunakan untuk mendapatkan akses ke akun Anda kembali.

Jika Anda tidak memilikinya, dan Anda telah kehilangan akses ke akun Anda, Anda bisa mengklik “Coba cara lain” beberapa kali sampai Anda sampai pada suatu titik di mana Anda ditanyai tentang akun Anda. Jawablah pertanyaan sebaik mungkin dan Anda akan diberikan akses ke akun Anda sekali lagi.

Masalah verifikasi 2 langkah

Verifikasi 2 langkah adalah salah satu metode terbaik yang dapat Anda gunakan untuk mengamankan akun Anda. Secara singkat, verifikasi 2 langkah menambahkan lapisan kedua untuk keamanan Anda dengan meminta pengakuan kedua atas upaya log in. Saat Anda masuk ke akun Gmail Anda, Anda akan menerima pesan teks dengan kode yang harus Anda masukkan untuk lanjut ke fase berikutnya. Namun bagaimana jika kode tersebut tidak sampai?

Pertama, Anda harus berada di area yang memiliki sinyal bagus. Google mengirimkan kode otentikasi 2 langkah melalui SMS, jadi jika Anda berada di area dengan Wi-Fi yang kuat namun sinyal selulernya buruk, itu bisa menjadi bagian dari masalah.

Jika demikian, Anda dapat menggunakan aplikasi Google Authenticator. Cukup unduh aplikasi di ponsel Anda. Setelah terinstal, Anda akan ditanya bagaimana cara memverifikasi akun. Yang termudah adalah dengan kode QR. Di komputer Anda, buka halaman otentikasi 2 langkah, dan gulir ke bawah ke App Authenticator. Klik itu dan ikuti langkah-langkah untuk memindai kode QR. Setelah dipindai, Anda akan mendapatkan kode di aplikasi. Masukkan kode itu ke kotak “Verifikasi” di komputer Anda, dan akan menghubungkan ponsel ke akun Anda. Sejak saat itu, Anda akan menggunakan aplikasi Authenticator untuk log in, bukan kode SMS.

Jika itu tidak berhasil, Anda juga dapat memilih untuk menerima panggilan di ponsel cadangan Anda. Tentu saja, ini masih tidak akan berhasil jika Anda berada di area yang memiliki sinyal buruk. Terakhir, jika semuanya gagal, Anda juga bisa menggunakan kode cadangan. Kode Cadangan umumnya digunakan untuk saat-saat ketika Anda kehilangan ponsel Anda, atau tidak dapat menerima kode otentikasi dengan cara lain. Kode cadangan adalah kumpulan kode yang dapat Anda gunakan untuk masuk ke akun Anda sebagai pengganti verifikasi 2 langkah Anda.

Untuk membuat serangkaian kode, kunjungi halaman verifikasi 2 langkah dan gulir ke bawah ke area kode cadangan. Klik “Dapatkan kode baru”. Ini akan menghasilkan file teks untuk Anda unduh, yang akan disebut "Backup-codes- .txt”.

Buka halaman log in Gmail dan masukkan nama pengguna / kata sandi Anda. Saat meminta otentikasi 2 langkah, klik “Opsi lainnya” dan kemudian klik “Masukkan salah satu dari kode cadangan 8 digit Anda”. Masukkan kode Anda, dan Anda akan segera dapat mengakses akun Gmail Anda.

Masalah sinkronisasi

Gmail dapat gagal melakukan sinkronisasi karena banyak alasan berbeda, dan kegagalan sinkronisasi dapat mewujud menjadi beberapa masalah. Sebagian pesan Anda mungkin hilang, mungkin Anda gagal mengirim email, Anda mungkin menerima pesan error “akun tidak disinkronkan”, atau aplikasinya mungkin saja lambat. Cobalah lakukan hal-hal di bawah ini untuk memperbaikinya.

  • Perbarui aplikasi Gmail. Versi terbaru dan terbaik dari aplikasi Gmail akan menyelesaikan banyak masalah sinkronisasi.
  • Reset perangkat Anda. Sudahkah Anda mencoba mematikannya dan menyalakannya lagi? Itu klise, tapi seringkali berhasil.
  • Pastikan konektivitas Anda. Anda tidak perlu capai-capai mencari pemecahan masalah jika Anda yakin memiliki sinyal yang bagus, tidak dalam mode Pesawat terbang, dan lain-lain.
  • Periksa pengaturan Gmail Anda. Mungkin Anda mematikan satu atau lebih fitur secara tidak sengaja, misalnya fitur Sinkronisasi. Buka aplikasi Gmail, dan tekan tombol menu di pojok kiri atas -> Pengaturan. Ketuk akun Anda dan pastikan Anda telah memeriksa “Sinkronkan Gmail”.
  • Hapus data aplikasi Gmail Anda. Buka aplikasi Pengaturan perangkat Anda -> Aplikasi & Notifikasi -> Info Aplikasi -> Gmail -> Penyimpanan -> Hapus Data -> Ok. Setelah selesai melakukannya, restart perangkat Anda. Biasanya akan berhasil.

Tentunya akan sangat menyebalkan apabila mendapati permasalahan pada akun Gmail yang digunakan sehari-hari. Semoga dengan langkah-langkah di atas, dapat membantu Anda mengatasi permasalahan tersebut. Selamat mencoba.

Artikel Terkait
KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top