TIPS TRIK

5 Cara Lindungi Matamu dari Radiasi Layar Smartphone

Dikdok   19 Sep 2017
5 Cara Lindungi Matamu dari Radiasi Layar Smartphone

Smartphone di saat ini telah berkembang menjadi salah satu kebutuhan penting bagi sebagian besar masyarakat dunia modern. Bagaimana tidak? Sejumlah kegiatan yang biasanya dilakukan di dunia nyata, kini bisa digantikan dengan menggunakan bantuan dari kecanggihan smartphone.

Smartphone pun kini telah banyak digunakan di berbagai hal. Bukan hanya sekedar untuk berkomunikasi lagi, namun untuk melakukan banyak kegiatan lain, seperti melakukan rapat, bermain games, pola hidup seseorang, hingga termasuk dengan mengatur pola diet sampai berolahraga.

Dengan kecanggihan smartphone saat ini, tak ayal, semakin banyak orang yang jadi memiliki ketergantungan terhadap samrtphone. Bukan hanya pada waktu-waktu yang produktif saja, bahkan kita juga masih terus saja menggunakan smartphone ketika malam sudah menjelang.

Berbicara mengenai penggunaannya di malam hari, apakah kalian mengetahui bahwa cahaya smartphone akan memberikan bahaya bagi mata kita? Oleh karena itu, Jurnal Apps pada artikel kali ini akan memberikan beberapa tips untuk melindungi mata dari penggunaan smartphone di malam hari. Perlu diperhatikan, tips yang diberikan kini akan lebih dikhususkan untuk para pengguna Xiaomi yang kian banyak jumlahnya, ya!

1. Mengatur Kecerahan Layar

Layar yang cerah membuat mata kita akan merasa cepat lelah. Untuk itu, guna meminimalisir kelelahan pada mata, maka peredupan cahaya tampilan bisa kita gunakan untuk melindungi mata dari ancaman.

Pada Xiaomi, pengaturan peredupan cahaya tampilan ini dapat dengan mudah dilakukan melalui Menu Bar yang terdapat di smartphone Xiaomi. Cukup atur dengan menaikkan atau meredupkan cahaya dengan menggesernya ke kiri atau pun ke kanan.

Kita juga bisa mengaktifkan kecerahan secara otomatis untuk menyesuaikan kecerahan yang ditampilkan sesuai dengan keadaan.

2. Mengaktifkan Mode Membaca (Reading Mode)

Saat menggunakan smartphone di malam hari, menghidupkan Reading Mode untuk mengurangi pencahayaan layar akan sangat membantu. Mode ini dapat ditemukan di dalam opsi Settings > Display > Reading Mode.

3. Berbaring Datar saat Membaca

Di malam hari, ketika harus membaca dengan kondisi berbaring, lakukanlah dengan cara berbaring datar. Berbaring ke salah satu sisi (kiri atau kanan) akan memberikan tekanan tertinggi pada mata dan menyebabkan penyimpangan penglihatan antara mata kiri dan mana kanan, sementara berbaring dengan tengkurap akan mempengaruhi sirkulasi darah di mata dan membuat kita sulit untuk jatuh tertidur. Berbaring datar adalah cara yang terbaik untuk memberikan kondisi terbaik pada mata.

4. Menyediakan Cahaya

Akan terdapat perbedaan cahaya yang kontras antara kondisi lingkungan di sekitar kalian dan kondisi layar smartphone ketika kalian harus terus beraktivitas di depan smartphone pada malam hari. Oleh karena itu, pastikanlah agar kondisi lingkungan di sekitar kalian juga memiliki intensitas cahaya yang sama dengan kondisi layar smartphone, dengan cara menyalakan lampu di ruangan tersebut.

5. Mengikuti Beberapa Peraturan Lain-lain

Ada beberapa peraturan yang harus diikuti oleh para pengguna yang sering menatap layar smartphone dengan durasi waktu yang cukup lama. Pertama, jagalah jarak antara mata dan smartphone dengan rentang sebesar 10 hingga 15 inci. Kedua, jangan terus menatap layar selama lebih dari setengah jam. Ketiga, ketika mata mulai terasa lelah, tutuplah mata atau lihatlah kejauhan terlebih dahulu.

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top