NEWS

Buatan Google, Quick, Draw! Seru untuk Dimainkan!

by Dikdok | 24 Nov 2016
Buatan Google, Quick, Draw! Seru untuk Dimainkan!

Artificial Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan akan menjadi sesuatu hal baru yang akan menggebrak dunia teknologi. Google sendiri telah menunjukkan kemajuan besar pada bidang ini, dan Google baru-baru ini telah memperlihatkan sistem AI Image Captioning dengan akurasi yang tinggi.

Namun, Google masih belum puas dengan apa yang telah mereka hasilkan. Begitulah, mereka baru saja mengumumkan sebuah eksperimen terbarunya yang sedang dikembangkan. Eksperimen kali ini diberi nama “Quick, Draw!” Bila dilihat secara sekilas, Quick Draw terlihat seperti permainan gambar sederhana yang dirancang untuk anak-anak. Namun, pada kenyataannya, Quick Draw merupakan sebuah eksperimen canggih dimana cara kerja Quick Draw ini menggunakan jaringan syaraf atau neural networks untuk mencari dan menebak objek yang kalian gambar.

Cara kerja dari Quick Draw, yaitu aplikasi ini pertama kali akan menampilkan sebuah kata yang harus kalian gambar. Kalian hanya diberikan waktu selama 20 detik untuk menggambar. Kalian diberikan tools penghapus, skip, dan keluar dari aplikasi ini. Total yang harus kalian gambar adalah 6 buah. Nantinya, Quick Draw akan mencoba menebak setiap objek yang telah kalian gambar. Hebatnya lagi, aplikasi web ini juga dapat menyimpan hasil gambar kita untuk dijadikan sebuah referensi data untuk meningkatkan kemampuannya. Di akhir dari permainan ini, kalian juga bisa melihat gambar-gambar dari orang lain yang pernah mencoba menggunakan aplikasi ini.

Permainan ini menjadi menarik, karena apa yang kalian pikirkan mengenai gambaran sebuah benda ternyata belum tentu sesuai dengan data gambar yang dimiliki oleh mesin kecerdasan ini. Misalnya, ketika diminta untuk menggambar speedboat (perahu mesin), kalian harus berpikir bagaimana mesin kecerdasan ini dapat membedakan antara speedboat dan sailboat (perahu layar).

Sejauh ini, Google telah mempublikasikan delapan eksperimen, yaitu Giorgio Cam, The Infinite Drum Machine, Thing Translator, Bird Sound, AI Duet, Visualizing High-Dimensional Space, What Neural Network See, dan aplikasi Quick, Draw! Untuk Quick Draw sendiri, aplikasi ini menggunakan teknologi yang sama seperti Google Translate untuk mengenali tulisan tangan.

Jika tertarik untuk mencoba aplikasi web ini, kalian bisa mengunjungi laman Quick,Draw! dan mainkanlah hingga puas! Untuk mengetahui eksperimen lainnya yang telah dipublikasikan oleh Google, kalian juga bisa mengunjungi laman Google AI Experiment.

Tunggu apa lagi? Ayo, cepatlah coba dan berikan tanggapan di kolom komentar setelah mencobanya, ya!

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Follow Us
To Top