REVIEW

Bomber Friends, Klon dari Bomberman yang Tak Kalah Seru dengan Aslinya

Andy Chan   20 Dec 2017
Bomber Friends, Klon dari Bomberman yang Tak Kalah Seru dengan Aslinya

Bom biasanya identik dengan terorisme atau pun perang, dimana benda jahat tersebut memiliki daya hancur yang luar biasa dan bisa mengakhiri pasukan musuh. Namun, bom di dalam game justru lebih identik dengan satu judul yang legendaris, yaitu Bomberman. Memang, developer Hyperkani tidaklah memiliki lisensi atas judul Bomberman, namun hal tersebut tidak menghalangi mereka untuk membuat game yang serupa dengan judul legendaris tersebut dan terasa sedikit mirip dengan Bomberman. Maka, hadirlah klon dari Bomberman yang memiliki citarasa free-to-play, Bomber Friends!

Meski pun disebut sebagai klon dari Bomberman, namun Bomber Friends memiliki ciri khusus tersendiri yang bisa membedakannya dengan Bomberman klasik. Lihat saja, tersedia banyak fitur di dalam game-nya. Mulai dari kustomisasi sang Bomber Friends, berbagai macam stage single player untuk diselesaikan, serta mode multiplayer yang fun.

Pemain mengendalikan sang Bomber Friend dengan menggunakan virtual gamepad, dan di sebelah kanan terdapat tombol untuk memasang bom. Apabila pemain mendapatkan power up item, maka akan ada tombol tambahan di atas bom, misalnya bom lempar dan sejenisnya. Pemain harus berhati-hati dalam memasang bom, karena sang Bomber Friend tidak bisa melewati bom yang sudah ditaruh. Jadi, kalau pemain "berhasil" menjebak diri sendiri di sebuah sudut, maka tamatlah riwayatnya, kecuali memang masih memiliki Life di Single Player.

Tujuan permainan akan berbeda-beda, yang tergantung dari mode yang dipilih. Dalam mode single player, dikisahkan bahwa sang Bomber Friend mendadak berada di lokasi yang tidak dia kenali, dan dia harus keluar dari lokasi tersebut dengan cara mencapai pintu keluarnya. Ada banyak musuh yang menghalangi dan rintangan yang harus dibom untuk bisa mencapai pintu keluar tersebut. Seringkali, pemain juga harus mencari kunci terlebih dahulu barulah bisa membuka pintu keluarnya.

Sementara, kalau pemain memilih mode Multiplayer, maka pemain bisa mencoba satu dari tiga buah mode yang ditawarkan, yaitu mode Classic Free-for-All dimana semua pemain bakal bermusuhan, dan siapa yang masih bisa bertahan hidup hingga permainan berakhir, maka dialah yang menjadi pemenang, atau Reversi, dimana pemain harus berlomba untuk mewarnai medan permainan dengan warna masing-masing dengan menggunakan bom, serta terakhir adalah mode Team, dimana dua pemain akan berperang melawan dua pemain lainnya untuk mencari tahu siapakah yang bisa mengalahkan tim lain terlebih dahulu.

Uniknya, sang Bomber Friend bisa dikustomisasi sesuai dengan keinginan pemain. Tentu saja, untuk bisa membeli berbagai macam kustomisasi bakal dibutuhkan uang. Uang ini bisa didapatkan dengan cara memainkan game-nya, baik secara single player atau pun multiplayer, serta mengambil koin yang terdapat di medan permainan. Ada banyak hal yang bisa dikustomisasi, mulai dari wajah, rambut, pakaian, bahkan bom dan taunt pun bisa diubah dengan sesuka hati.

Bomber Friends tampil dengan grafis 2D dan animasi yang menawan. Para Bomber Friends pun memiliki tingkahnya masing-masing, yang sesuai dengan taunt yang dipilih. Dan, apabila mereka sampai mati terkena bom, maka tubuh mereka pun akan hancur, tersisa kepalanya saja. Sadis, memang. Permainan juga diiringi dengan lagu yang seru serta ledakan-ledakan yang membuat suasana permainan menjadi asyik.

Seperti yang sudah disebutkan, Bomber Friends hadir secara free-to-play, dan bisa dimainkan secara bebas karena tidak ada sistem stamina. Sayangnya, game ini sarat dengan iklan, sehingga pemain akan senantiasa terganggu dengan hadirnya video iklan. Untungnya, setiap melihat iklan tersebut, game-nya dengan murah hati bakal memberikan hadiah uang. Kalau pun Anda tidak ingin melihat iklan, cukup dengan mematikan Internet saja, meski pun akibatnya, Anda jadi tidak bisa bermain secara online. Mikrotransaksi cukup prominen di dalam game ini, karena banyak kostum yang hanya bisa didapatkan dengan cara membelinya dengan menggunakan uang asli, serta paket-paket "hemat" yang selalu ditawarkan.

Tapi, secara keseluruhan, Bomber Friends merupakan sebuah game yang benar-benar seru untuk dimainkan, apalagi jika bermain bersama dengan teman. Dijamin Anda akan tertawa mengakak dan menemukan hal-hal yang tidak akan disangka-sangka saat bertanding melawan orang secara online. Meski pun game-nya adalah klon dari Bomberman, namun Bomber Friends ini justru wajib untuk dicoba!

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top