REVIEW

Lucunya Menyeberang Jalan dalam Game Imut, Crossy Road

Andy Chan   05 Dec 2017
Lucunya Menyeberang Jalan dalam Game Imut, Crossy Road

Apakah kalian pernah kenal dengan salah satu game legendaris dari zaman dahulu yang berjudul Frogger? Dalam game Frogger ini, pemain bakal berperan sebagai seekor katak yang ingin menyeberangi sungai dan jalan raya, namun banyak bahaya yang menantinya, baik tercebur ke sungai atau pun tergilas mobil. Developer Hipster Whale telah mengembangkan sebuah game sejenis Frogger tersebut yang diberi judul Crossy Road, sebuah game menyeberang jalan dengan berbagai karakter unik.

Sama seperti Frogger, tujuan pemain dalam Crossy Road adalah untuk menyeberangkan karakternya, baik itu ayam, unta, penguin, mau pun yang lainnya, secara terus-menerus alias tidak ada ujungnya. Pemain akan menantang dirinya sendiri dalam mendapatkan skor tertinggi, dengan cara menyeberang jalan hingga sejauh mungkin sebelum akhirnya bertemu dengan nasib naas alias kematian.

Uniknya di Crossy Road, karakter milik pemain tidak akan hanya bisa maju ke depan saja. Mereka juga bisa berjalan ke samping dengan cara melakukan swipe ke kiri dan ke kanan. Untuk maju ke depan, pemain hanya perlu melakukan tap di layar sentuh sehingga karakternya akan melakukan hopping ke depan. Tidak semua lokasi berbahaya, ada suatu tempat untuk beristirahat sejenak sambil mengatur strategi bagaimana caranya untuk melalui lintasan jalan berbahaya yang berikutnya.

Kematian sudah pasti akan dialami oleh pemain, baik itu karena salah melompat di sungai sehingga tercebur, melompat ke jalan di saat yang salah sehingga gepeng tergilas kendaraan yang lewat, atau pun menabrak kendaraan ketika sedang melompat ke depan. Selain kendaraan, juga ada lajur kereta api cepat yang akan sulit untuk dilewati apabila tidak memperhitungkan waktu dengan baik. Dan terakhir, apabila pemain menunggu terlalu lama di suatu tempat, maka akan ada bencana yang terjadi dan menyebabkan kematian juga. Ya, kematian sudah pasti menunggu. Tinggal berapa lama bagi pemain hingga sanggup untuk bertahan hidup dalam menyeberangi jalan.

Setiap beberapa waktu sekali, pemain akan mendapatkan sebuah peti harta yang berisikan uang. Uang ini bisa digunakan untuk memainkan mesin gacha untuk mendapatkan karakter-karakter baru. Ada sangat banyak karakter yang tersedia di dalam Crossy Road, dimana masing-masing karakter terkadang memiliki fitur gameplay yang berbeda dengan stage khusus, termasuk Pac-Man dengan stage khususnya sendiri yang dipenuhi dengan hantu. Dan, yang paling asyik, Crossy Road bisa dimainkan secara multiplayer dengan menggunakan Wi-Fi. Satu pemain membuat sebuah lobby, sementara tiga pemain lain dapat masuk untuk bisa saling beradu kebolehan mereka.

Crossy Road memiliki tampilan grafis yang sangat unik. Semua benda dan karakter yang hadir di game ini tampil dengan grafik berbentuk kubus yang blocky. Jadi, baik ayam, penguin, Pac-Man, mau pun karakter-karakter lainnya, semuanya akan berbentuk kubus blocky, termasuk lingkungan dalam permainannya. Bahkan, saking memaksanya grafis yang blocky tersebut, mesin gacha yang biasanya memiliki bola gacha juga tampil dengan "bola" gacha yang berbentuk kubus. Game-nya juga bisa dimainkan baik secara portrait atau pun landscape, sesuai dengan posisi dari ponsel Anda. Unik, bukan?

Sebenarnya, Crossy Road adalah sebuah game free-to-play. Namun, game ini memiliki banyak gangguan yang berbentuk iklan. Setiap berapa saat sekali, akan dikeluarkan iklan yang mengganggu, termasuk video iklan. Game-nya sendiri bisa memberikan bonus material apabila pemain menonton video iklan, yang tentunya membutuhkan koneksi Internet. Namun untungnya, semua iklan tersebut bisa dilenyapkan dengan cara mematikan Internet karena game-nya tidak membutuhkan koneksi untuk bisa dimainkan. Sedikit mikrotransaksi bisa dilakukan untuk membeli karakter eksklusif, dan game-nya pun bisa dimainkan secara bebas karena tidak menggunakan sistem stamina.

Sedikit catatan bahwa game ini butuh spesifikasi hardware ponsel yang agak tinggi. Karena, kalau tidak, akan terjadi sedikit lag pada saat permainan. Dan akibatnya, karakter Anda bisa-bisa gagal untuk melompat dan malah tergilas gepeng oleh kendaraan yang lewat. Namun, secara garis besar, Crossy Road merupakan sebuah game yang sangat adiktif. Anda akan merasa tertantang untuk mendapatkan skor tertinggi, juga untuk mengkoleksi berbagai karakter unik di dalam game-nya. Berani terima tantangan untuk menyeberangi jalan? Segera install Crossy Road untuk platform Android dan iOS sekarang juga!

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top