REVIEW

Stop, Sebuah Game Adu Jago Bahasa Inggris yang Dirusak oleh Iklan

by Andy Chan | 13 Nov 2017
Stop, Sebuah Game Adu Jago Bahasa Inggris yang Dirusak oleh Iklan

Apakah kalian merasa lebih jago dalam berbahasa Inggris jika dibandingkan dengan teman-temanmu? Kini, ada cara untuk membuktikan pengetahuan bahasa Inggris milikmu itu lebih tinggi jika dibandingkan dengan orang lain dengan cara memainkan sebuah game yang berjudul "Stop." Game buatan Fanatee Games ini merupakan sebuah game online untuk bertanding bahasa Inggris dengan pemain lain, baik teman mau pun orang asing.

Cara memainkan Stop ini cukuplah mudah. Pertama-tama, pemain bakal diberikan lima buah kategori untuk dijawab. Kelima kategori ini ditentukan secara acak. Misalnya, "Benda berwarna merah," "Jenis Keju," juga bisa "Jenis Kembang" atau pun "Saya sedang merasa..." Semuanya itu harus bisa dijawab dalam batas waktu selama 60 detik.

Di awal permainan, pemain akan diberikan sebuah huruf yang bakal didapatkan dengan cara memutar roda abjad. Nah, huruf yang didapatkan ini haruslah bisa dijadikan huruf awal dari jawaban yang diberikan. Misalnya, pada "Benda berwarna merah," dan pemain mendapatkan huruf "B," maka ia harus menjawab dengan "BLOOD" atau darah. Menjawab dengan huruf awal lain akan dianggap gagal dalam menjawab. Selesai menjawab semua pertanyaan, dan apabila masih ada sisa waktu, maka pemain bisa menggeser tombol "STOP" di samping untuk menghentikan waktu, sehingga pemain lain hanyalah akan memiliki waktu yang kurang dari satu menit saja saat menjawab semuanya.

Seperti yang sudah disebutkan tadi, STOP merupakan sebuah game online yang dimainkan untuk melawan pemain lain. Namun, fungsi online di sini tidaklah secara real time. Pemain menuliskan jawabannya, lalu kemudian mengirimkan hasilnya ke lawan, dan lawan pun bisa mempunyai waktu beberapa hari untuk membalas dengan jawabannya sendiri. Satu sesi ditentukan dengan siapa yang berhasil mencapai nilai 3 terlebih dahulu, atau FT3 (First to 3). Pemain juga tidak perlu langsung memainkan game-nya ketika mendapatkan jawaban. Yang penting, jangan sampai melewati batas waktu yang ditentukan saja.

Baik menang mau pun kalah, pemain akan mendapatkan experience yang bisa meningkatkan level. Terdapat sebuah sistem stamina berupa Life dimana pemain hanya bisa menantang sedikit orang saja dalam satu waktu, kemudian haruslah menunggu hingga beberapa waktu lamanya sampai Life tersebut sudah bertambah kembali.

Tampilan dari Stop ini cukup sederhana, semua menu tampil dalam bentuk bubble, yang juga dihiasi dengan suara "Stop!" ketika sedang bermain dan waktunya habis. Memang tidak inovatif, tapi cukup baik untuk sebuah game puzzle kata-kata. Terdapat enam buah pilihan bahasa yang bisa digunakan dalam pertandingan, sayangnya tidak ada pilihan bahasa Indonesia, karena yang ada hanyalah bahasa Inggris, Perancis, Belanda, Itali, Spanyol, dan Portugis saja.

Stop juga merupakan sebuah game free-to-play. Namun, seperti yang disebutkan tadi, menggunakan sistem stamina yang menyebalkan. Selain itu, berhubung sifat dari game ini adalah online, pemain tentunya wajib untuk memainkan game-nya dengan koneksi Internet. Dan, yang paling menyebalkan di antara semuanya tadi, adalah hadirnya video iklan yang sangat mengganggu setiap kali menyelesaikan sebuah sesi bermain. Tidak hanya di akhir sesi saja, kadang-kadang di layar menu pun bakal dikeluarkan video iklan tanpa permisi, termasuk ketika sedang melihat-lihat permainan yang sudah lewat. Sangat mengganggu kenikmatan bermain. Ada sedikit mikrotransaksi yang dihadirkan dalam Stop, berupa Life, pembelian Koin, serta menghilangkan iklan tadi.

Stop merupakan sebuah game yang penuh tantangan. Bayangkan, apabila Anda mendapatkan huruf "X," tentunya bakal sangat sulit untuk menjawab semua pertanyaan dengan huruf awal "X." Tapi, meski pun game-nya sangat asyik dan penuh tantangan, video iklan yang hadir secara bertubi-tubi itu benar-benar tidak bisa ditoleransi dan membuat game ini jadi sulit untuk dinikmati, sehingga sangatlah tidak direkomendasikan untuk dimainkan. Carilah game puzzle kata-kata lainnya yang lebih bersahabat dengan pemain.

APLIKASI & GAME Terkait
KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
ARTIKEL Terkini
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top