REVIEW

Belum Banyak Diketahui, Inilah Fakta-fakta Menarik tentang Emoji

Dikdok   09 Aug 2017
Belum Banyak Diketahui, Inilah Fakta-fakta Menarik tentang Emoji

Kehadiran dan kepopuleran emoji di tengah-tengah masyarakat saat ini telah menciptakan cara baru dalam melakukan komunikasi yang ekspresif. Hadir hingga mencapai ribuan karakter yang berbeda, telah membuat emoji berhasil untuk merevolusi komunikasi digital karena setiap gambarannya bisa mewakili emosi dan pesan dari sang penggunanya.

Selain fakta mengenai peran emoji dalam merevolusi komunikasi digital, nyatanya terdapat beberapa fakta menarik lainnya terkait emoji yang masih jarang diketahui oleh banyak orang. Apa saja fakta mengenai karakter yang populer untuk pertama kalinya di Jepang ini? Berikut JurnalApps jelaskan beberapa fakta menarik mengenai emoji, sebagaimana yang dilansir dari Jalantikus.com:

1. Emoji "Face with Tears of Joy" Paling Banyak Dipakai

Face with Tears of Joy adalah emoji yang paling banyak digunakan oleh masyarakat. Hampir setiap komentar atau pun unggahan yang di-posting oleh pengguna di media sosial menggunakan emoji ini untuk mengekspresikan pesan yang mereka sampaikan. Melalui situs Emoji Tracker, diketahui bahwa emoji Face with Tears of Joy ini paling banyak digunakan di layanan Twitter.

2. Emoji Diangkat ke Sebuah Film

Selain menginspirasi masyarakat dalam melakukan komunikasi digital, ternyata emoji juga berhasil menginspirasi seorang sineas film bernama Tony Leondis. Ia pun membuat film animasi 3D berjudul The Emoji Movie bersama rumah produksi Sony Pictures Animation yang telah ditayangkan pada tanggal 28 Juli 2017 lalu.

3. Hari Emoji Sedunia

Emoji memiliki sebuah tanggal perayaan tersendiri yang biasanya dirayakan oleh masyarakat dunia. Ditetapkan sejak tanggal 17 Juli 2014 oleh Jeremy Burge selaku pendiri situs Emojipedia, yang diambil karena tanggal tersebut terlihat hampir di semua emoji kalender.

4. Tersedia 2.666 Emoji Resmi

Pembuatan emoji bukan hal yang sembarangan karena harus mendapatkan persetujuan dari Unicode Consortium, lembaga yang menetapkan standar penyandian (encoding). Di lembaga tersebut, tercatat ada sebanyak 2.666 emoji secara resmi, yang didominasi oleh karakter manusia dan smiley.

5. Sebagai Karya Seni

Pada tahun 2016, Museum of Modern Art di New York, Amerika Serikat, telah menambahkan emoji sebagai salah satu koleksi karya seni yang dimilikinya. Terdapat sebanyak 176 emoji orisinil yang dibuat oleh Shigetaka Kurita tahun 1999 yang dimasukkan ke dalam koleksi museum tersebut, berdampingan dengan karya-karya seni oleh para seniman sekelas Jackson Pollock dan Pablo Picasso.

6. Populer Kembali berkat iOS 6

Hadir sejak tahun 1999, kepopuleran yang didapatkan emoji baru bisa didapatkan di tahun 2012, berkat iOS 6 yang diproduksi oleh Apple. Ketika itu, iPhone mengintegrasikan emoji pada keyboard iOS 6. Selanjutnya, seiring dengan berjalannya waktu, keberadaan emoji semakin meluas hingga masuk pada layanan media sosial, seperti Twitter, Instagram, dan Facebook.

7. Masuk Oxford Dictionaries

Pada tahun 2013, Oxford memasukkan istilah emoji ke dalam kamus Oxford Dictionaries yang dibuatnya. Di Oxford Dictionaries, emoji diartikan sebagai gambar digital mini yang dipakai untuk mengekspresikan ide, emosi, dan pesan lainnya.

8. Atlanta Hawks & Miley Cyrus Punya Tato Emoji

Tren emoji ternyata juga menyebar kepada para pelaku seni tato. Tato emoji telah diaplikasikan oleh beberapa pemain basket dari tim Atlanta Hawks dan penyanyi Miley Cyrus. Apakah kalian berani membikin tato permanen yang berbentuk emoji?

Nah, itulah fakta-fakta menarik mengenai emoji yang mungkin belum banyak diketahui. Dari ribuan emoji yang tersedia, karakter apa yang paling sering kalian gunakan?

Artikel Terkait
KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top