NEWS

Cegah Clickbait, YouTube Tambahkan Fitur Preview Thumbnail

by Dikdok | 20 Jul 2017
Cegah Clickbait, YouTube Tambahkan Fitur Preview Thumbnail

Selama ini, untuk memilih sebuah video yang ingin ditonton pada YouTube, para pengguna haruslah memutar video tersebut terlebih dahulu. Namun, guna memudahkan penggunanya dalam melakukan aktivitas pemilihan video yang ingin ditonton tersebut, YouTube kini baru saja memberikan sebuah metode pintar, yang bakal memungkinkan para penggunanya untuk bisa mengintip kontennya tanpa harus memutar video tersebut terlebih dahulu.

Hal tersebut akan mungkin untuk dilakukan karena YouTube baru saja menambahkan fitur preview singkat yang berdurasi 3 detik pada thumbnail video-video yang mereka miliki. Preview tersebut akan hadir secara otomatis ketika para pengguna sedang melayangkan kursor di atas thumbnail video yang ingin mereka intip.

Untuk saat ini, fitur preview thumbnail yang dihadirkan barulah bisa bekerja pada beberapa browser tertentu, yakni Chrome dan Opera, dan belum bisa digunakan pada perangkat smartphone. Namun, pengembangan dari fitur yang bersifat eksperimen ini kemungkinan juga akan bisa ikut dinikmati melalui perangkat smartphone di beberapa waktu mendatang.

“Preview bisa dilihat di laman beranda, hasil pencarian, laman Watch, tab Subscription, dan trending,” tulis perwakilan YouTube dalam sebuah postingan berisi pengumuman terkait fitur baru tersebut pada beberapa waktu lalu.

Preview singkat berdurasi 3 detik ini dipilih secara acak dari potongan klip-klip yang tersedia pada sebuah video.

Begitulah, sebagaimana telah diketahui bersama, permasalahan “clickbait” atau meletakkan cover video yang tidak sesuai dengan isinya telah banyak dilakukan oleh para pembuat video agar konten-konten yang mereka unggah dapat ditonton oleh banyak orang.

Dengan adanya fitur anyar ini, diharapkan dapat menghentikan langkah clikbait-er dalam menyuguhkan konten-konten yang tidak sesuai dengan cover video mereka lagi.

Belum diketahui menyoal kapan fitur preview thumbnail video ini bakal diterapkan secara meluas untuk seluruh pengguna YouTube.

APLIKASI & GAME Terkait
KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
ARTIKEL Terkini
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top