REVIEW

ZigZag Tantang Pemain untuk Pertahankan Bola di Atas Dinding

Andy Chan   10 May 2019
ZigZag Tantang Pemain untuk Pertahankan Bola di Atas Dinding

Ketchapp dikenal dengan game-game sederhana dan unik mereka seperti game pesawat menantang berjudul Horizon, game menumpuk balok Stack, game lempar pisau Flippy Knife, dan lain sebagainya. Kali ini Ketchapp lagi-lagi menyajikan sebuah game sederhana yang mereka beri judul ZigZag.

Sebuah Game mengenai Bola

ZigZag adalah sebuah game yang sangat menantang. Sebuah bola bergulir di atas dinding yang sempit, di mana pemain harus berusaha agar bola tersebut tidak sampai jatuh dari dinding. Oleh karena dindingnya berliku-liku itulah makanya game ini diberi judul ZigZag oleh Ketchapp.

Satu Sentuhan untuk Belok

Dalam permainan ZigZag, Bola akan senantiasa bergulir ke arah depan. Untuk menyuruh bola berbelok arah, pemain cukup mengetuk layar sentuh saja, dan bola pun akan berbelok. Berhubung jalur yang ada di atas itu sangat sempit, kapan pemain mengetuk layar untuk membelokkan bola itu menjadi sangat penting.

Kristal yang Bertebaran

Sepanjang medan permainan (alias di atas dinding tersebut), pemain akan melihat sebuah kristal berwarna merah. Kristal ini adalah mata uang dalam ZigZag, dan sebaiknya diambil dengan cara menggelindingkan bola melewatinya. Kelihatannya memang mudah, namun ternyata kristal ini memiliki titik tabrak yang sangat kecil, sehingga meskipun jalurnya tampak sempit, bisa saja bola ternyata hanya menggelinding lewat tanpa menabrak kristal tersebut.

Satu Nyawa Saja

Pada dasarnya, ZigZag adalah sebuah game yang endless. Bola akan terus bergulir tanpa henti selama pemain masih sanggup mempertahankannya di atas dinding. Tentu saja, hal ini semakin lama akan semakin sulit, sehingga pasti akhiran yang akan terjadi adalah jatuhnya bola ke bawah. Setelah jatuh, pemain pun akan diberikan nilai, dan dia pun harus mengulang lagi dari awal. Pemain akan senantiasa ditantang seberapa jauh mereka bisa menggelindingkan bola tanpa jatuh.

Grafis Minimalis, tanpa Efek Bombastis

ZigZag tampil menggunakan grafis yang sangat minimalis dan tidak memiliki efek partikel yang membuat permainan menjadi lebih seru atau mengasyikkan. Ditambah dengan tidak adanya lagu yang mengiringi permainan serta efek suara yang sangat sederhana, membuat permainan terasa sangat monoton. Tapi game ini masih memiliki sedikit kustomisasi yaitu berupa skin bola untuk di-unlock menggunakan uang in-game alias kristal.

Bisa Dimainkan Offline

Dari sisi komersil, ZigZag ini sebenarnya cukup oke. Tidak ada sistem stamina yang membatasi permainan, bisa dimainkan secara offline, serta tidak adanya mikrotransaksi, membuat game ini cukup ideal sebagai game free-to-play. Game-nya memang ada iklan yang bisa dimatikan dengan cara membeli "No Ads", namun cukup dengan mematikan Internet saja sudah cukup untuk membuat permainan tenang.

Meskipun game ZigZag ini sangat sederhana, namun tantangan dalam game ini cukup tinggi. Jarang ada yang bisa mempertahankan bola di atas dinding selama lebih dari satu menit. Di luar segi tantangan sih, tidak ada alasan untuk memainkan ZigZag sama sekali. Maaf Ketchapp, game yang satu ini tidak menarik ataupun unik.

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top