REVIEW

Zen Koi 2, Wujudkan Legenda Transformasi Ikan Koi menjadi Naga

Andy Chan   19 May 2018
Zen Koi 2, Wujudkan Legenda Transformasi Ikan Koi menjadi Naga

Ikan koi adalah seekor ikan hias yang biasanya dipelihara untuk meningkatkan keindahan sebuah kolam serta memberikan keberuntungan. Konon ada mitos Asia yang mengisahkan ikan koi yang berenang mendaki melawan arus, lalu bertransformasi menjadi naga. Itu adalah simbol dari kesuksesan, sehingga ikan seperti ini banyak dicari oleh orang. Nah, kini Anda pun bisa memainkan sebuah kolam ikan koi dalam game buatan LandShark Games yang diberi judul Zen Koi 2.

Terlihat dari judulnya yang memiliki angka dua, Zen Koi 2 memang merupakan sekuel sekaligus juga pengembangan dari game sebelumnya. Salah satu fitur baru dalam Zen Koi 2 ini adalah keberadaan Dragon Realm, di mana akhirnya kalian bisa memainkan ikan koi yang telah berubah menjadi naga.

Namun secara garis besar, permainan Zen Koi 2 ini tidak jauh berbeda dengan Zen Koi pertama. Pemain diberikan seekor ikan koi untuk dikendalikan menggunakan layar sentuh. Cukup menyentuh ke lokasi yang diinginkan untuk mengarahkan ikan koi ke lokasi tersebut, atau bisa juga menyentuh makhluk lain yang ada di kolam untuk menyuruh sang ikan mengejarnya sampai dapat, dan kemudian memakannya. Ya, sang ikan koi akan memakan makhluk apapun yang berada di depan dia, selain tentunya ikan koi lainnya.

Dengan memakan makhluk-makhluk air lain, sang ikan koi pun akan semakin naik level dan semakin dewasa. Nah, setiap naik level, pemain bisa meng-upgrade stats dari ikan koi tersebut seperti Agility untuk kecepatan membelok, Speed untuk kecepatan renang, serta Rarity untuk memberikan corak langka ikan koi tersebut kepada keturunannya.

Makanan-makanan yang sudah dikumpulkan (alias dimakan) oleh ikan koi tersebut juga akan menjadi sebuah sumber daya untuk melakukan crafting. Setiap berhasil melakukan crafting, maka sang ikan koi bisa memperbesar kolam ikan miliknya dan terus mencari jalan agar bisa mencapai kenaikan menjadi naga.

Apabila sang ikan koi yang dimainkan sudah menjadi dewasa, maka dia pun bisa dikembangbiakkan dengan ikan koi lain untuk menghasilkan sebuah telur ikan. Nah, telur ikan ini memiliki waktu inkubasi (yang bisa dipercepat dengan menghabiskan mata uang premium, pearl), dan apabila sudah akan menetas, pemain bisa melihat hadirnya sebuah ikan koi dengan corak baru di kolamnya.

Sayangnya, pemain hanya memiliki tiga buah slot untuk ikan koi saja pada mulanya. Untuk bisa menyimpan lebih banyak ikan koi untuk dimainkan, pemain harus membayar mata uang premium Pearl agar slot berikutnya terbuka. Hal yang sama pun berlaku untuk kumpulan telur ikan, karena pemain hanya bisa menyimpan 8 buah saja, dan kalau slot ikan sudah penuh, telur pun tidak bisa ditetaskan.

Baru untuk Zen Koi 2 adalah keberadaan My Pond yang bisa di-unlock ketika pemain mengumpulkan 200 esensi naga. Dalam My Pond ini, pemain bisa dengan bebas mendekorasi kolam ikan koi miliknya sesuai dengan selera.

Permainan Zen Koi 2 itu dilihat dari bird's eye view alias dari arah atas. Game-nya tidak 3D, tapi animasi yang diperlihatkan oleh ikan koi ketika sedang mengarungi luasnya kolam itu cukup menawan. Apalagi sepanjang permainan juga diiringi dengan sebuah alat musik petik oriental yang khas, memberikan nuansa Jepang yang unik.

Zen Koi 2 menggunakan sistem free-to-play yang jarang sekali ada iklan, kecuali pemain memintanya agar bisa mendapaktan mata uang premium Pearl. Tidak ada sistem stamina / energi yang beraksi dalam game ini, namun terdapat mikrotransaksi dalam "Koi Shop" di mana pemain bisa membeli Pearl, Boost, dan macam-macam ikan Koi. Dan asyiknya, game ini sama sekali tidak butuh Internet.

Sebagai sebuah game, Zen Koi 2 cukup membosankan, karena yang pemain lakukan adalah kejar-kejaran dengan makhluk yang akan dimangsa oleh sang ikan koi demi mendapatkan material yang cukup untuk memperluas kolam. Memang game ini bukanlah untuk semua orang, namun jika Anda adalah penggemar ikan koi dan ingin melihat legenda kenaikan mereka menjadi naga secara nyata, bisa jadi Zen Koi 2 ini malah sangat menarik.

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top