REVIEW

Zalora, Toko Sepatu dan Fashion Online Nomor Satu di Asia

Anduril   19 Nov 2017
Zalora, Toko Sepatu dan Fashion Online Nomor Satu di Asia

Berbeda dengan e-commerce lainnya yang menjadikan fashion sebagai salah satu elemen produk yang ditawarkan, Zalora malah menjadikan fashion sebagai elemen utama mereka. Hasilnya, mereka memiliki market super niche yang sulit untuk dijangkau oleh e-commerce lainnya.

Berpusat di Singapura, Zalora juga terdapat di Hong Kong, Singapura, Indonesia, Filipina, Thailand, Vietnam, Malaysia, dan Brunei. Selain menjual produk fashion dari brand internasional, Zalora juga menjual produk fashion dari brand lokal di setiap negara yang beroperasi.

ZALORA - Fashion Shopping Lifestyle, Business, Shopping AndroidiOS Free Download Download

Tak hanya di negara-negara tadi, Zalora juga beroperasi di Australia dan New Zealand dengan nama The Iconic. Sementara di Singapura, Zalora adalah salah satu investasi utama dari Rocket Internet.

Aplikasi Zalora terlihat seperti sebuah aplikasi yang berdiri sendiri ketimbang aplikasi yang menampilkan halaman responsif atas sebuah web. UI yang ditampilkan bernuansa hitam dan putih, sehingga proses identifkasi menu sangatlah mudah untuk dilakukan.

Ada kesan mewah dan rapi dari tampilan katalog gambar yang ada di halaman depan. Sepertinya, pihak Zalora memiliki standar tersendiri bagi tampilan produk yang digunakannya, sebab kami menemukan setiap foto yang digunakan memiliki template yang hampir sama.

Karena berpusat pada fashion, Zalora menyediakan UI yang bakal memilah-milah kebutuhan fashion kalian berdasarkan jenis kelamin. Selain itu, Zalora juga menjadi salah satu e-commerce fashion yang melayani metode pembayaran cash on delivery.

Untuk melakukan pembelian di Zalora, kalian harus melakukan login terlebih dahulu. Untuk itu, kalian bisa menggunakan Facebook atau mendaftar ID Zalora. Guna mendaftar ID Zalora, maka kalian membutuhkan data berupa berupa nama, e-mail, password, nomor telepon, alamat, dan lain sebagainya. Setelah memiliki ID yang kalian butuhkan, maka kalian bisa langsung melakukan login dan memilih barang yang ingin kalian beli.

Pada setiap produk, ada keterangan tentang detail produk, harga, bahan, pilihan warna lainnya, ukuran sampai ke petunjuk perawatannya, dan lain sebagainya. Selain itu, juga ada pilihan ukuran untuk produk-produk pakaian. Zalora juga mencantumkan ukuran badan modelnya. Jadi, kalian bisa memperkirakan ukuran mana yang paling sesuai. Setiap ukurannya juga dijabarkan dengan detail, demi mengeliminasi terjadinya salah ukuran.

Sudah selesai untuk memilih barang-barang yang kalian inginkan, maka kalian bisa memilih gambar tas yang ada di bagian kanan atas. Di situ, detil produk yang sudah kalian pilih bisa dilihat kembali, mulai dari tipe, ukuran, dan jumlahnya. Tentukanlah alamat pengiriman dan metode pembayaran yang ingin kalian gunakan.

Setelah selesai memilih metode pembayaran, lalu akan dimunculkan halaman pembayaran. Ada tiga metode pembayaran yang bisa kalian pilih, bayar di tempat, lewat transfer bank, atau dengan kartu kredit.

Setelah itu, ada check order, lihat lagi apa kira-kira pesanannya, alamat penagihan, alamat pengiriman, dan lain-lainnya itu sudah betul atau belum. Kalau belum, kalian masih bisa kembali lagi ke halaman sebelumnya. Kalau kalian mempunyai promo code, maka kalian bisa memasukannya di kolom promo code-nya.

UX Zalora sangatlah menyenangkan dan jauh dari kata rumit. Tampaknya, otak-otak pintar yang berada di belakang pembuatan aplikasi ini telah memikirkan kemungkinan kalau para penggila fashion belum tentu adalah orang-orang yang tech savvy sehingga mereka telah menyederhanakan segala proses pembelian yang ujung-ujungnya bakal membuat pengalaman bebelanja di Zalora jadi terasa utuh.

Selain itu, pilihan template warna yang hitam dan putih itu sangatlah menegaskan kalau Zalora adalah e-commerce yang bergerak di bidang fashion. Semua desain dibuat secara mengotak dan keras, menimbulkan kesan angkuh sekaligus mewah.

Secara garis besar, aplikasi Zalora mampu menghadirkan UX yang optimal dan UI yang mewah, jauh dari kesan acak-acakan. Kami pun puas dengan keseluruhan performa aplikasi ini di Android. Zalora memang Asia’s leading online fashion destination.

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top