Yummykitchen, Solusi Ekspansi & Berkembang bagi Pelaku Bisnis Kuliner di Indonesia

Published: 23 Jun 2022, oleh en19ma

Merupakan salah satu unit bisnis dari Yummy Corp yang berafiliasi dengan Ismaya Group, Yummykitchen merupakan Cloud Kitchen (atau dapur bersama) terbesar di Indonesia, yang bergerak untuk membantu pengembangan usaha F&B (food and beverage) secara lebih efektif dengan modal minim dengan mengoperasikan dapur yang fokus ke layanan food delivery. Kini, outlet Yummykitchen telah tersebar di kota-kota besar dengan sebanyak 100 lokasi di sekitar Jabodetabek, juga Bandung dan Medan. Yummykitchen telah menjadi solusi ekspansi penambahan cabang tanpa mengeluarkan modal yang besar dalam kebutuhan untuk membangun gedung.

Dalam acara media gathering per kemarin, tanggal 22 Juni 2022, Marbio Suntanu selaku Chief Commercial Officer Yummy Corp menyatakan, "Yummykitchen pada semester 1 tahun 2022 mengalami kenaikan pendapatan [sebesar] 2,5 kali lipat dari tahun sebelumnya di periode yang sama. Ini bukan hanya dikarenakan penambahan outlet, tetapi juga dikarenakan oleh berkembangnya ragam jenis makanan dari brand partners kami. Jangan lupa, orang Indonesia makannya: Breakfast, Lunch, Dinner, Snacks siang, Snacks sore, Snack malam, ngopi pagi, boba siang, nge-teh sore, dan [deretan itu] tak kunjung berhenti.”

Di tahun ini, Yummykitchen selaku lini bisnis cloud kitchen dari Yummy Corp menawarkan 2 jenis service untuk para pelaku bisnis F&B. Layanan pertama adalah BMS (Brand Management Service), yang merupakan layanan Yummykitchen bagi pengusaha F&B yang memilih untuk lebih praktis dan anti ribet. Dengan bergabung menggunakan layanan BMS, yang perlu dilakukan, yaitu mengirim bahan baku saja, dan tentunya, akan mendapatkan marketing support untuk setiap brand. Sementara tim operasional, properti, dan alat dapur telah disediakan oleh Yummykitchen. Bahkan, disediakan karyawan juga untuk memproses makanan/minuman Anda hingga sampai ke customer. Yummykitchen akan membantu untuk promosi brand partner di social media.

Layanan berikutnya adalah DKS (Dedicated Kitchen Space), yang bisa diperuntukkan bagi pengusaha yang hanya memerlukan tempat untuk memproses bahan baku, sehingga mereka dapat menyewa kitchen space dari Yummykitchen. Lokasi yang strategis akan memudahkan Anda untuk lebih dekat dengan pelanggan. Iya, karena Anda akan berhemat dalam hal pemakaian biaya untuk pengembangan bisnis dengan menyewa kitchen space di Yummykitchen. Biaya penyewaan lebih terjangkau, dan pilihan lokasi yang terbaik untuk memulai pengembangan bisnis F&B sehingga lebih dimudahkan dalam mencapai sukses.

Sederet brand yang telah bergabung dengan Yummykitchen adalah Ponut D onut Kentang, Pastellia, Dailybox, Legit Group, TUKU, Kyochon, Chir-chir, Joomba, Lawless Dogbar, The Good Habit, dan masih banyak lagi. Berdasarkan data yang dimiliki oleh Yummykitchen, para brand partner biasanya bisa menambahkan ekpansi ke lokasi yang baru setelah 4 minggu bergabung dengan mereka. Selain itu, dengan bergabung bersama Yummykitchen, para brand partner secara rata-rata akan meningkatkan penjualan, paling tidak, sebesar 25 hingga 50%.

Menutup acara yang juga dihadiri oleh Ivan De Putra, Product Ops Director, dan Mullie Marline, Food & Lifestyle Influencer dan pemilik @myfunfoodiary per kemarin di outlet O2O pertama dari Yummykitchen melalui kolaborasinya dengan PT Windas Development tersebut, dikatakan bahwa Yummykitchen pada tahun ini bakal lebih fokus pada segmen O2O (online to offline) dengan berpartner bersama pihak office tower dan juga kantor-kantor yang memerlukan food facility management. Dengan ini, diharapkan agar Yummykitchen dapat membantu para pelaku kuliner untuk berkembang secara bersama-sama serta membantu pertumbuhan ekonomi dan dapat membuka lapangan kerja yang baru untuk masyarakat di Indonesia.

Tags

news bisnis yummy corp yummykitchen solusi kuliner indonesia cloud kitchen dapur cloud kitchen makanan minuman outlet ekspansi hemat pendapatan brand partnership management Online to Offline

Share Artikel