REVIEW

Yuk, Main Tebak-tebakan Umur dengan Aplikasi Ini!

Anna   15 Sep 2017
Yuk, Main Tebak-tebakan Umur dengan Aplikasi Ini!

Sudah ada beberapa aplikasi yang bermain di seputar wajah orang. Salah satu aplikasi dengan tema tersebut, dan terkenal di akhir-akhir ini adalah FaceApp. Aplikasi buatan Wireless Lab OOO ini bisa mengubah foto-fotomu menjadi perempuan, laki-laki, muda, tua, atau tertawa. Tetapi, JurnalApps kali ini tidak akan membicarakan tentang aplikasi FaceApp, melainkan sebuah aplikasi berbeda yang bisa dibilang bertema serupa.

Apakah aplikasi itu? Namanya How Old Do You Look Like?

Tebak Umur Teman, Gebetan, atau Pasangan

Seperti yang diimplikasikan oleh namanya, How Old Do You Look Like merupakan sebuah aplikasi yang bisa digunakan untuk menebak umur seseorang. Hasil umur ini ditentukan oleh algoritma dalam aplikasi ini, sehingga hasilnya terkadang tidak menggambarkan umur yang sebenarnya. Jadi, jangan marah kalau aplikasi ini menyatakan bahwa kalian lebih tua dari umur kalian yang sebenarnya, ya!

Jadi, dari mana inspirasi bagi aplikasi ini berasal? Tampaknya, ide mengenai aplikasi ini berasal dari sebuah situs buatan Microsoft, https://how-old.net/. Situs ini akan menebak umur seseorang. Cara menggunakannya adalah pengguna mesti meng-upload (atau mengunggah) foto yang ingin ditebak umurnya. Setelah selesai mengunggahnya, situs tersebut akan memproses foto tadi dengan sebuah algoritma. Dan... ta-da! Hasil tebakan umur pun akan keluar.

Aplikasi How Old Do You Look Like? juga menggunakan sistem yang sama dengan situs https://how-old.net/ keluaran Microsoft. Bedanya, apabila https://how-old.net/ bisa menebak umur dari beberapa orang secara sekaligus dalam satu frame, maka aplikasi How Old Do You Look Like? ini akan tidak bisa melakukan hal yang sama. Aplikasi ini hanyalah bisa menebak umur satu orang dalam satu frame saja.

Lalu, bagaimana caranya untuk menggunakan aplikasi ini? Caranya mudah. Pertama, bukalah Google Play Store dan cari aplikasi How Old Do You Look Like? Setelah ketemu, unduh dan install aplikasi tersebut. Setelah selesai, maka kalian bisa langsung meluncurkan aplikasi itu. Kalian akan disambut dengan tampilan seperti di bawah ini.

Ketuk Load Photo. Selanjutnya, kalian bisa memilih opsi memotret foto atau mengambil foto yang sudah ada di galeri smartphone. Setelah selesai memilih foto, klik Done. Aplikasi akan menampilkan foto-foto yang telah kita pilih dan akan menganalisisnya.

Untuk menganalisis foto, dibutuhkan jaringan internet sehingga sebaiknya menggunakan Wi-Fi agar proses analisis lebih cepat dan stabil.

Selesai! Foto pun telah selesai untuk dianalisis.

Kebetulannya, penulis di sini menggunakan foto Jennifer Lopez sebagai kelinci percobaan dalam menggunakan aplikasi ini. Hasilnya menakjubkan, Lopez disangka masih berumur 24 tahun 189 hari. Awet muda, ya?

Konklusi

Aplikasi How Old Do You Look Like? merupakan sebuah aplikasi tebak umur yang sangat mudah untuk digunakan. Tampilannya yang sederhana dan to-the-point merupakan poin positif penting lainnya mengenai aplikasi ini. Memang, prediksi aplikasi ini bisa meleset. Tapi, ini seharusnya bukanlah sebuah hal yang aneh demi mengingat yang melakukan prediksi adalah sebuah algoritma, yang juga bisa salah. Jadi, jangan marah-marah kalau aplikasi ini mengira kalian lebih tua dari umurmu yang sebenarnya, ya.

Kekurangan dari aplikasi ini adalah hanya bisa menebak umur satu orang dalam satu frame. Selain itu, proses menganalisis yang membutuhkan koneksi internet juga terasa agak merepotkan. Tetapi, yang lebih membuat penulis jadi penasaran, kenapa dalam proses menganalisis tersebut harus membutuhkan adanya koneksi internet? Ini agak mencurigakan dan menakutkan demi mengingat foto yang kita unggah tersebut bisa digunakan untuk hal-hal yang tidak kita ketahui atau pun inginkan.

Sekian untuk review mengenai How Old Do You Look Like? Apa pendapatmu tentang aplikasi ini? Tinggalkan kesan dan pesan kalian di kolom komentar di bawah ini, ya!

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top