REVIEW

Yuk, Buka Toko Game RPG dan Jadilah Shop Titans!

Andy Chan   05 Jul 2019
Yuk, Buka Toko Game RPG dan Jadilah Shop Titans!

Selamat datang di kota, wahai ahli pencipta dan perajin tangan. Di kota ini, para hero yang bertarung melawan monster menakutkan di dungeon membutuhkan bantuanmu. Dirikanlah sebuah toko, ciptakan armor, pedang, dan peralatan yang memadai agar para hero bisa membela kota tersebut. Dibantu oleh para penjahit, pendeta, tukang, dan orang-orang lainnya, bisnis toko untuk para hero milikmu tersebut akan makmur. Itulah kisah yang dibawakan oleh Kabam Games dalam game unik mereka, Shop Titans.

Game Manajemen Toko

Shop Titans adalah sebuah game manajemen toko, di mana pemain berperan sebagai seorang pemilik toko yang memiliki kuasa untuk menentukan produksi barang dan stok toko tersebut. Penuhilah kebutuhan para hero dan pembeli yang datang, dan perluas toko tersebut sampai akhirnya menjadi toko besar yang keren.

Pembuatan Avatar

Uniknya, pemilik toko tersebut adalah seorang avatar dari pemain yang bisa dikustomisasi sesuai selera. Pemain bisa memilih jenis kelamin dari sang avatar, ukuran tubuhnya, lalu warna kulit, model rambut, warna rambut, warna mata, hingga warna pakaian. Avatar tersebut akan hadir menjaga toko milik pemain sesuai dengan kustomisasi yang sudah ditentukan oleh pemain sendiri.

Atur Produksi dan Bentuk Tokomu sendiri

Sebagai seorang manajer toko, pemain bisa menentukan barang apa yang akan diproduksi di dalamnya. Apakah pemain ingin memfokuskan diri menciptakan armor dan persenjataan untuk para warrior? Atau ingin memproduksi jubah untuk para penyihir? Semua terserah selera pemain. Bahkan tata letak furniture dan etalase toko tersebut pun bisa diatur sendiri sesuka hati. Catatan, Shop Titans berjalan secara real-time, jadi produksi barang tidaklah instan dan ada waktu tunggunya.

Penjualan dan Permintaan

Biasanya para pengunjung akan melihat-lihat barang yang dijual oleh pemain lalu mengambil salah satu dan membawanya ke kasir. Pemain cukup menyentuh icon mereka saja dan menyentuh tombol "Sell" untuk menjual barang tersebut dan mendapatkan uang. Namun sesekali, ada orang-orang yang datang meminta barang yang spesifik, seperti empat buah armor sekaligus. Nah, tergantung pemain apakah ingin memenuhi permintaan mereka atau mengusirnya apabila permintaan tidak bisa dipenuhi.

Pergi menjalankan Quest

Dengan merekrut beberapa orang hero, pemain bisa mengirimkan mereka untuk menjalankan quest ke suatu tempat, biasanya sebuah dungeon. Dalam dungeon ini lah para hero akan bertarung melawan monster secara otomatis. Tentu saja, pergi menjalankan quest ini juga tidak instan, dan pemain harus menunggu beberapa waktu sampai mereka kembali dan mendapatkan loot. Setelah menjalankan quest, para hero akan kelelahan dan mereka harus beristirahat beberapa waktu lamanya sebelum bisa pergi menjalankan quest lagi.

Cantik dalam 3D

Shop Titans tampil secara cantik dalam grafis 3D. Setiap karakter dalam game ini direpresentasikan dengan model 3D yang meskipun tampak chibi dengan kepala agak besar, sehingga terlihat imut dan menawan. Toko milik pemain juga bisa didekorasikan sesuka hati, bahkan diperbesar hingga menjadi toko yang megah. Asyiknya, pemain bisa memainkan game ini baik secara vertikal, maupun secara horisontal.

Harus Dimainkan secara Online

Shop Titans disajikan secara free-to-play oleh Kabam Games, namun game-nya tidak bisa dimainkan secara offline sama sekali. Pemain harus memainkan game ini dengan koneksi Internet, baik menggunakan WiFi ataupun mobile data. Ini dikarenakan fitur-fitur game-nya memang agak online, seperti kemampuan untuk memainkannya dengan teman-teman agar bisa saling mendukung dalam membuat kota menjadi makmur. Tentu saja, tersedia mikrotransaksi dalam in-game shop untuk pembelian macam-macam hal, termasuk mata uang premium Gems, berbagai macam koin, dan lain sebagainya.

Shop Titans adalah sebuah game yang membutuhkan dedikasi. Pemain harus fokus memainkan game ini seperti melayani pembeli, menentukan barang apa yang akan diproduksi, dan mengawasi para hero yang dikirimkan ke dungeon untuk bertarung melawan monster. Tapi secara garis besar sih, game ini mengingatkan pada game imut di PC yang berjudul Recettear yang sama-sama game imut menjadi manajer toko untuk para hero. Jika kalian pernah memainkan game tersebut atau suka dengan tema simulasi toko sebuah game RPG, Shop Titans wajib dicoba. Capitalism Ho!

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top