REVIEW

Bersama Idle Hospital Tycoon, Mari Buka Rumah Sakitmu sendiri!

Andy Chan   16 Nov 2019
Bersama Idle Hospital Tycoon, Mari Buka Rumah Sakitmu sendiri!

Rumah sakit adalah sebuah kebutuhan di setiap kota. Di situlah para orang yang menderita penyakit ataupun merasa kurang sehat, bisa berkunjung dan mendapatkan pengobatan. Kalian baru saja membuka rumah sakit baru di sebuah kota kecil. Bisakah kalian menjalankan rumah sakit ini sampai menjadi besar dan sukses? Itulah latar belakang dari game manajemen sebuah rumah sakit persembahan JoyMore, yaitu Idle Hospital Tycoon.

Menjadi Direktur Rumah Sakit

Selamat datang di rumah sakitmu! Sebagai seorang direktur rumah sakit, tugas pemain adalah untuk menciptakan sebuah rumah sakit profesional dengan tenaga-tenaga medis yang bertaraf internasional dan bisa melayani semua kebutuhan para pasien.

Idle dan Otomatis

Idle Hospital Tycoon pada dasarnya adalah sebuah game idle, jadi game-nya akan senantiasa berjalan secara otomatis. Para pasien akan datang parkir, lalu pergi ke departemen yang mereka butuhkan, lalu mereka akan membayar ke kasir. Itulah siklus yang dilakukan oleh mereka di game ini. Tugas pemain adalah untuk mengumpulkan uang lalu melakukan upgrade pada berbagai macam aspek rumah sakitnya.

Upgrade Fasilitas dan Departemen Rumah Sakit

Uang yang sudah dikumpulkan oleh pemain akan berguna untuk melakukan upgrade pada berbagai hal di dalam rumah sakit. Mulai dari memperluas lapangan parkir, menyewa karyawan baru untuk melayani pasien, hingga membuka departemen baru yang sekaligus juga akan memperbesar rumah sakitnya agar menjadi lebih mewah. Ada banyak departemen yang bisa dibuka oleh pemain, seperti Laboratorium, Pulmonology, Orthopedics, Ophthalmology, Dentistry, CT Scan, hingga X-Ray. Setiap departemen baru akan menghasilkan uang lebih banyak dari yang sebelumnya, tapi tentunya ongkos untuk membukanya jauh lebih mahal.

Membuka Rumah Sakit Baru

Apabila pemain sudah merasa rumah sakitnya cukup berjalan dengan baik dengan penghasilan yang sudah miliaran, mereka akan bisa membuka sebuah rumah sakit baru di lokasi lain. Ada kota kecil, kota pesisir, kota metropolis, bahkan bisa juga membuka rumah sakit baru di Jepang, Venice, London, dan New York. Membuka rumah sakit baru adalah sistem "prestise" dari game idle ini, di mana semua progress pemain akan kembali reset ke 0, namun pendapatannya akan berlipatganda setiap berpindah kota.

Tampilan Isometris yang Menawan

Idle Hospital Tycoon tampil secara isometris, dan pemain akan bisa melihat dengan jelas pergerakan para pasien di dalam rumah sakitnya. Artwork yang digunakan dalam game ini cukup unik, di mana para karyawan dan pasien ditampilkan tanpa wajah bagaikan sebuah mannequin bergerak. Namun yang menarik adalah lokasi di sektiar rumah sakit itu dibangun, karena akan tampil berbeda dan selalu fresh di setiap lokasi baru, didukung dengan lagu santai yang menyenangkan hati.

Tidak Perlu Online

Game idle biasanya disajikan secara gratis, dan Idle Hospital Tycoon memang menggunakan model bisnis free-to-play. Namun asyiknya, game ini sama sekali tidak membutuhkan koneksi Internet, jadi bisa dimainkan di lokasi mana pun kalian berada. Sedikit kekurangan mungkin ada pada loading awal yang terasa agak lambat. Jika kalian butuh, tersedia juga mikrotransaksi untuk pembelian mata uang premium Gems, yang bisa digunakan untuk membeli Epic Upgrades, serta untuk membeli seorang manajer yang bisa menghasilkan uang selama 10 jam di latar belakang tanpa perlu menyalakan game-nya.

Game idle seperti ini memang mirip satu sama lain, Idle Hospital Tycoon ini juga ternyata sangat mirip dengan Idle Fitness Gym Tycoon dari Codigames. Entah mereka berdua mengambil inspirasi dari satu sama lain atau memang yang satu melakukan reskin dari yang lain, tapi yang pasti, game-nya tetap menyenangkan untuk dimainkan. Yang pasti, tidak adanya kebutuhan online pada Idle Hospital Tycoon membuatnya memiliki nilai lebih tinggi dari Idle Fitness Gym Tycoon.

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
xnxxhamster sexoscar pornnube xnxxhamster sexoscar pornnube
To Top