NEWS

YouTube Hapus Konten milik Felix Kjellberg alias PewDiePie

Anduril   27 Feb 2021
YouTube Hapus Konten milik Felix Kjellberg alias PewDiePie

YouTube menghapus video milik vlogger terkenal Felix Kjellberg alias PewDiePie. Video itu tersebut berisi lagu yang dianggap melecehkan saluran anak-anak populer Cocomelon.Hal ini dilakukan karena video tersebut dianggap melanggar aturan terkait cyberbullying dan keselamatan anak-anak.

Mengutip The Verge, Sabtu (20/2/2021), dalam video yang dihapus, PewDiePie dianggap menyerang konten Cocomelon dan mengolok-olok anak-anak yang menontonnya. Parahnya, sang YouTuber terkenal juga menggunakan kata-kata yang tidak pantas seperti “penonton Anda hanyalah sekelompok motherf*ck*ng virgin."

Hal ini tergolong melanggar pedoman YouTube terkait penggunaan bahasa yang menyinggung dan vulgar dalam video yang menyertakan anak-anak. Pada akhir video, PewDiePie juga tampak menyerahkan benda yang mirip senjata plastik kepada beberapa anak. Di mana, benda tersebut digunakan untuk menyerang sebuah melon.

Tim YouTube pun memutuskan untuk menghapus video tersebut karena berisi gambar yang tidak pantas untuk anak-anak. Kendati demikian, video tersebut tampaknya memang tidak dibuat untuk anak-anak.

"Kebijakan kami melarang adanya konten yang mengarah pada pola pelecehan berulang di dalam dan di luar platform," kata juru bicara YouTube pada The Verge.

"Setelah melakukan peninjauan, kami menghapus video yang dipermasalahkan lantaran melanggar kebijakan dan berdampak mendorong perilaku kasar para penggemarnya," kata juru bicara.

Sudah ada beberapa video yang diunggah kembali ke YouTube. Namun YouTube menyebut, pihaknya akan menghapus video-video tersebut. Apalagi kebijakan YouTube terkait konten anak-anak telah diperketat dalam setahun terakhir.

Konten yang menarget anak-anak atau keluarga yang menampilkan anak di dalam video YouTube memang dilarang menggunakan tema seksual, kekerasan, cabul, atau tema dewasa lainnya.

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top