REVIEW

Yellow, Sebuah Tantangan Puzzle Absurd Bertemakan Warna Kuning untuk Mobile

Andy Chan   19 Oct 2017
Yellow, Sebuah Tantangan Puzzle Absurd Bertemakan Warna Kuning untuk Mobile

Ada banyak game puzzle yang beredar untuk platform mobile. Mulai dari puzzle match-three, puzzle susun balok, puzzle kabur dari sebuah ruangan, dan lain sebagainya. Namun, developer Bart Bonte memiliki visi tersendiri mengenai sebuah puzzle. Menurut mereka, sebuah puzzle tidaklah harus mengikuti logika atau pun aturan tersendiri. Hanya ada satu saja yang konsisten dalam game puzzle berjudul Yellow buatan mereka ini, yaitu warna kuning.

Kalau boleh dibilang, Yellow ini memang merupakan sebuah game puzzle yang absurd, alias tidak masuk di akal. Ini dikarenakan cara kerja dari game itu sendiri, yaitu bagaimana caranya untuk membuat agar layar dengan sedemikian rupa menjadi penuh berwarna kuning. Nah, bagaimana cara untuk melakukan hal itu? Jawabannya adalah "bermacam-macam," karena setiap level akan memiliki aturan dan logika tersendiri.

Sebagai contoh, ada puzzle dengan layar bumi di bawah, dan tampilan gambar bulan di atas. Bagaimana caranya agar layar berubah menjadi kuning? Dengan cara memutar bumi di bawah agar malam pun berubah menjadi siang dan matahari terbit menyebabkan seluruh layar menjadi kuning. Di lain level, akan terdapat bermacam-macam blok yang kalau disentuh akan berubah warna menjadi kuning, atau pun menggeser balok-balok yang ada agar menutupi warna gelap yang ada di layar. Semuanya itu demi mengubah seluruh layar menjadi kuning.

Pemain akan benar-benar ditantang dalam menalar apa yang sebenarnya diinginkan oleh sebuah level agar bisa menjadikan seluruh layarnya berubah menjadi kuning. Tidak ada satu pun level dari puzzle yang disediakan bakal mengulangi solusi dari level sebelumnya. Bahkan, beberapa dari solusi yang diminta itu sebenarnya absurd. Pemain dijamin akan bengong sejenak ketika ia tidak bisa memanipulasi apa-apa di layar, sebelum mencoba segala cara untuk bisa melakukan manipulasi, baik itu melakukan swipe, sejenak menahan sentuhan di layar, atau pun menyentuh berbagai obyek di layar dengan harapan terjadi sesuatu yang bisa membantu menyelesaikan level tersebut.

Untuk mencegah pemain agar tidak sampai mengalami kebuntuan pada sebuah level, ada tombol lampu di bagian bawah yang berfungsi sebagai tombol Hints. Sayangnya, untuk bisa mendapatkan Hints, pemain wajib untuk menonton sebuah video iklan yang biasanya sangat panjang. Untungnya, sama seperti video-video iklan yang ada di YouTube, pemain bisa menekan tombol "Skip Ad" setelah beberapa detik berlalu.

Sebenarnya, tampilan dari game Yellow ini sangatlah sederhana. Hanya ada berbagai macam bentuk obyek saja, seperti bulat, segitiga, segiempat, namun sesekali ada gambar yang cukup bagus, misalnya gambar Bumi yang bisa berputar pada salah satu level. Tapi, yang pasti, warna yang paling dominan dalam game ini adalah warna kuning. Kalau tidak, judulnya mungkin bukanlah "Yellow."

Yellow merupakan sebuah game free-to-play yang benar-benar bisa dimainkan sampai habis tanpa membutuhkan adanya mikrotransaksi sama sekali. Hanya ada satu tombol yang mewajibkan pemain untuk membayar, yaitu Rp 25.000 saja untuk mendukung developer-nya dan menghilangkan iklan dalam game ini. Game-nya sendiri tidak membutuhkan Internet, meski tombol "Hints" sendiri hanyalah akan muncul apabila pemain sedang terhubung ke Internet saja. Namun, apabila pemain menunggu selama beberapa waktu, tombol Hints tersebut akhirnya muncul juga dan bisa dilihat tanpa perlu menyimak sebuah video iklan terlebih dahulu.

Tersedia sebanyak 50 level untuk diselesaikan, masing-masing levelnya akan memiliki tingkat tidak masuk akal yang cukup tinggi, dan sudah pasti, bisa memuaskan kalian yang membutuhkan tantangan puzzle absurd. Nah, apakah kalian merasa tertantang untuk mencoba mengubah warna semua level tersebut menjadi kuning? Cobalah game puzzle aneh bin absurd berjudul Yellow ini sekarang juga.

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top