NEWS

Xiaomi Kembangkan Charger 100 Watt, Bisa Isi Penuh Baterai dalam 17 Menit

Anduril   31 Mar 2019
Xiaomi Kembangkan Charger 100 Watt, Bisa Isi Penuh Baterai dalam 17 Menit

Xiaomi telah mengembangkan teknologi pengisian baterai super cepat dengan tenaga 100W. Baru-baru ini GM Redmi, Lu Weibing, mengunggah sebuah video di akun Weibo-nya. Video itu menunjukkan kecepatan pengisian daya yang ditawarkan oleh teknologi tersebut.

Video tersebut menunjukkan teknologi pengisian cepat Xiaomi itu digunakan dalam mengisi baterai berkapasitas 4000 mAh. Hasilnya cukup memuaskan. Pasalnya, pengisian daya dari 0-100 persen hanya membutuhkan waktu 17 menit.

Sebagai pembanding, teknologi pengisian paling cepat saat ini adalah Super VOOC milik Oppo. Dari hasil pengujian, Super VOOC dapat mengisi daya sebanyak 65 persen dalam rentang waktu yang sama. Adapun kapasitas baterai yang digunakan adalah baterai 3700 mAh.

Sayangnya, Xiaomi tidak menjelaskan secara detail bagaimana cara kerja pengisian cepat 100W miliknya. Yang pasti, teknologi ini bakal memanfaatkan konektor USB tipe C. Konektor ini dikatakan sudah mendukung pengisian dengan tenaga 100W.

Pengisian cepat memang menawarkan banyak keunggulan ketimbang teknologi pengisian biasa, salah satunya adalah efisiensi waktu yang signifikan. Namun ada sejumlah tantangan di balik manisnya teknologi pengisian cepat ini. Tantangan terbesar yang harus dihadapi adalah cara mendistribusikan arus agar suhu baterai tetap normal. Pasalnya jika baterai semakin panas, maka tidak menutup kemungkinan ponsel akan meledak.

Oppo menyiasati tantangan itu dengan membenamkan dua baterai dalam satu ponsel. Itulah yang dilakukan Oppo pada teknologi Super VOOC. Baterai berkapasitas 3400 mAh dibagi menjadi dua, masing-masing dengan kapasitas 1700 mAh. Saat pengisian, charger bakal mengisi kedua baterai sekaligus, sedangkaan saat digunakan, kedua bateria tersebut akan menggunakan satu pintu saja. Nah, hingga saat ini belum diketahui apakah cara yang sama juga dilakukan Xiaomi.

Xiaomi juga belum membeberkan kapan dan pada perangkat mana teknologi charging ini akan hadir. Berhubung GM Redmi yang mengunggah video tersebut, dan saat ini Redmi sudah terpisah dengan Xiaomi, bisa jadi Redmi merupakan smartphone pertama yang bakal hadir dengan teknologi pengisian cepat 100W.

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top