NEWS GADGET

Diam-diam, Xiaomi Salip Peringkat Huawei di Pasar Smartphone

Anduril   30 Mar 2020
Diam-diam, Xiaomi Salip Peringkat Huawei di Pasar Smartphone

Covid-19 benar-benar mempengaruhi pasaran smartphone dunia yang mencatat penurunan angka pengiriman global sebesar 38 persen pada Februari 2020. Di tengah kelesuan itu, menurut firma riset pasar Strategy Analytics, Xiaomi menyalip Huawei sehingga duduk di urutan ketiga pabrikan smartphone terbesar dunia, setelah Samsung dan Apple.

Pengiriman smartphone Xiaomi tercatat sebesar 6 juta unit, lebih tinggi 500.000 unit dibandingkan Huawei yang kini ada di posisi keempat. Angka shipment Xiaomi dan Huawei sebenarnya sama-sama menurun pada Februari 2020 dibanding Januari 2020.

Xiaomi turun dari 10 juta unit, sementara pengiriman smartphone Huawei terpangkas lebih dari setengah, dari 12,2 juta unit pada Januari menjadi 5,5 juta unit di Februari. Sebelum virus corona mewabah pun, Huawei sudah didera kesulitan lantaran masuk daftar hitam entity list AS sehingga tidak dibolehkan memakai layanan dan aplikasi Google di ponselnya. Hal ini sedikit banyak berkontribusi pada penurunan angka pengiriman ponsel Huawei, terutama di pasaran di luar China, di mana konsumen Android banyak mengandalkan aneka layanan Google.

Para pemain lain di daftar 5 pabrikan smartphone terbesar pun mengalami penurunan serupa akibat bawah Covid-19. Samsung masih berada di urutan teratas dengan pengiriman 18,2 juta unit, dari sebelumnya 20,1 juta unit di Januari 2020. Oppo berada di bawah Huawei dengan 4 juta unit, dari 8,1 juta unit pada Januari 2020. Kemudian, ada Vivo dengan 3,5 juta unit di Februari 2020, turun dari 7,3 juta unit di bulan sebelumnya.

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top