REVIEW

Word Cross - Word Cheese, Sebuah Puzzle Huruf Bernuansa Keju yang Kental

Andy Chan   29 Dec 2018
Word Cross - Word Cheese, Sebuah Puzzle Huruf Bernuansa Keju yang Kental

Apakah kemampuan kosa kata bahasa Inggris kalian tinggi? Apakah kalian ingin menguji coba pengetahuan bahasa Inggris kalian? Salah satu cara untuk melakukannya adalah dengan memainkan sebuah game puzzle huruf. Kini hadir satu lagi game puzzle huruf, hasil karya pertama PlayZeit untuk mobile yang mereka beri judul Word Cross - Word Cheese.

Seperti apa Puzzle Huruf yang Dihadirkan oleh Word Cheese?

Word Cross - Word Cheese (untuk selanjutnya disebut Word Cheese), adalah sebuah game puzzle huruf di mana pemain ditantang untuk menyusun huruf-huruf yang disediakan agar menjadi sebuah kata dalam bahasa Inggris. Sebagai tolak ukur keberhasilannya, pada medan permainan disediakanlah sebuah kotak-kotak bagaikan teka-teki silang untuk diisi dengan kata-kata yang ditemukan oleh pemain. Tugas pemain adalah untuk memenuhi seluruh teka-teki silang tersebut dan kemudian melanjutkan ke stage berikutnya.

Cara Bermain Tarik Garis yang Intuitif

Untuk bisa membentuk sebuah kata dari huruf-huruf yang disediakan, pemain cukup menarik garis saja sesuai susunan huruf dalam kata tersebut. Jadi semisal disediakan lima buah huruf yaitu I, H, T, G, S, maka pemain cukup menarik garis dari huruf S, kemudian ke I, ke G, ke H, dan terakhir ke T untuk membentuk kata "SIGHT". Apabila kata tersebut ada dalam teka-teki silang, maka kata tersebut pun langsung dituliskan ke dalamnya. Dan apabila kalian berhasil menemukan kata yang tidak ada dalam teka-teki silang, maka kata tersebut akan dihitung sebagai Extra Word dan akan menambahkan koin milik kalian.

Fitur-fitur ala Keju yang Unik

Word Cheese, seperti judul game-nya sendiri, mengambil tema keju. Jadi bersiaplah untuk melihat huruf-huruf berwarna kuning ala keju di dalamnya. Selain itu, tersedia juga fitur-fitur menarik.

Kupu-kupu Pembawa Koin

Dengan menyelesaikan sebuah stage, pemain pun mendapatkan sejumlah koin. Namun untuk mendapatkan koin lebih, pemain bisa memperhatikan bahwa kadang-kadang ada kupu-kupu yang hinggap di salah satu posisi teka-teki silangnya. Pemain cukup menerka kata apa yang sedang dihinggapi oleh kupu-kupu tersebut untuk mengambil koin yang dipegang oleh sang kupu-kupu.

Koleksi bertemakan Alat Masak

Pemain akan bisa mengumpulkan yang namanya peralatan masak sebagai tanda mata. Ada tiga belas buah benda untuk dikoleksi, mulai dari celemek, penggorengan, sampai ke garpu masak.

Sistem Hint

Apabila kalian merasa mentok dalam mencari kata-kata bahasa Inggris, ada dua hal yang bisa dilakukan. Pertama adalah melakuakn Shuffle dengan harapan huruf-huruf yang ada di layar bisa terlihat sebagai sebuah kata. Yang kedua adalah menggunakan Hints untuk langsung memberikan solusi satu huruf pada teka-teki silang yang ada di medan permainan. Boleh dibilang, solusi yang harganya 50 koin ini benar-benar mahal!

Event Harian

Word Cheese juga memiliki beberapa mini game yang seru untuk dimainkan, di antaranya adalah Find Word, Word Link, serta Match Word. Masing-masing mini game ini bisa dimainkan tiga kali saja dalam satu hari untuk mendapatkan reward berupa koin.

Tampilan Sederhana bernuansa Keju

Setiap huruf yang dibeberkan di layar akan tampil menggunakan tekstur keju, sehingga bagi penggemar keju, hal ini merupakan pemandangan yang menyenangkan. Medan permainan pun diperlihatkan bagaikan sebuah meja masak, lengkap dengan roll adonan kue. Tapi tampilan game ini sebenarnya cukup minimalis, meskipun sangat fungsional.

Gratis, tapi Diganggu Iklan

Word Cheese adalah sebuah game free-to-play yang cukup diganggu oleh iklan. Setiap pemain berhasil menyelesaikan sebuah stage, bersiaplah untuk disodori iklan. Untunglah, game ini bisa dimainkan secara offline untuk melenyapkan gangguan iklan tersebut. Tidak ada sistem stamina atau pun Life, jadi pemain bisa dengan santai menikmati puzzle ini. Tentu saja, tersedia sebuah Coin Shop yang menjual koin dengan harga yang cukup mahal.

Satu hal yang menyebalkan adalah keberadaan Wheel of Fortune yang seharusnya bisa diputar setiap beberapa waktu sekali untuk mendapatkan reward. Namun Wheel of Fortune versi Word Cheese ini malah sepertinya memiliki 99% kemungkinan untuk berhenti di hadiah yang namanya "Sale", alias diskon untuk membeli sesuatu. Jadinya, bukannya pemain mendapatkan hadiah, malah harus membayar uang asli untuk mendapatkannya.

Tapi secara menyeluruh, Word Cheese adalah sebuah tantangan yang menarik untuk pengetahuan bahasa Inggrismu. Dengan tidak adanya batasan waktu dalam permainan, daily login, serta tantangan untuk otakmu ini, Word Cheese adalah salah satu game puzzle huruf yang pantas berada di jejeran game-game puzzle favoritmu.

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top