REVIEW

Inilah Action RPG Kucing Terimut di Ponsel Pintar, Cat Quest

Andy Chan   03 Apr 2020
Inilah Action RPG Kucing Terimut di Ponsel Pintar, Cat Quest

Dikisahkan mengenai seekor kucing jagoan yang adik perempuannya diculik oleh seorang penyihir jahat bernama Drakoth. Selain menculik sang adik, dia juga sekalian mengundang para naga untuk menyerang negeri kucing Felingard. Tentu saja, sang kucing tidak tinggal diam. Dia pun pergi bertualang untuk menyelamatkan sang adik dan menemukan bahwa dirinya adalah seorang Dragonblood yang memiliki kemampuan untuk mengalahkan naga. Itulah latar belakang kisah game RPG unik, Cat Quest.

Bertemakan Kucing

Cat Quest adalah sebuah game Action RPG bertemakan kucing buatan The Gentlebros, di mana pemain berperan sebagai seekor kucing jagoan yang ternyata adalah ras Dragonblood. Pemain akan menjelajah negeri Felingard sambil membasmi monster, mengalahkan naga, menjalankan berbagai macam Quest, sampai akhirnya menyelamatkan sang adik. Sanggupkah dia melakukannya atau haruskah dia tewas di tengah perjalanan?

Versi khusus Mobile

Ada banyak versi dari Cat Quest ini, mulai dari versi Windows dan MacOS, versi konsol PlayStation 4, Xbox One, dan Switch, serta versi mobile untuk iOS dan Android. Versi mobile ini dibuat khusus karena tidak menggunakan kendali ala konsol, melainkan menggunakan layar sentuh. Pemain menggerakkan sang kucing dengan cara menyentuh posisi yang diinginkan di layar, dan dia pun akan berjalan ke arah tersebut. Permainannya sendiri sangatlah khas RPG, di mana sang kucing bergerak di sebuah overworld map dan bisa mengunjungi kota, bertarung melawan random monster, juga berinteraksi dengan karakter NPC. Untuk berinteraksi dengan peta, pemain tinggal mendekati lokasi yang menarik, dan akan keluar icon interaksi untuk disentuh. Icon ini bermacam-macam, ada untuk masuk ke lokasi baru, untuk tidur, dan lain sebagainya.

Berperang melawan Monster

Secara garis besar, pertarungan sang kucing melawan monster dalam Cat Quest ini otomatis. Pemain cukup menyentuh sang musuh untuk menyerang musuh, dan sang kucing akan secara otomatis menyerangnya terus menerus. Namun sesekali, sang monster akan menyerang balik, terlihat dari lingkaran merah yang muncul di sekitarnya. Ini adalah tanda untuk pemain agar segera menjauh dari monster supaya tidak kena serangan, dan barulah setelah serangan selesai, bisa kembali melanjutkan menyerang sampai monsternya mati.

Menggunakan Sihir

Ada banyak macam sihir yang bisa digunakan oleh sang kucing dalam game ini, dan cara menggunakannya pun cukup mudah. Tahan sentuhan pada sang kucing, maka akan keluar pilihan menu sihir yang bisa digunakan. Setelah itu, pemain cukup memilih sihir yang akan digunakan, dan sang kucing pun langsung mengeluarkan sihir tersebut. Tapi ingat, sihir membutuhkan MP, dan kalau sampai habis, dia tidak akan bisa menggunakan sihir. Untungnya, cara mendapatkan MP sangat mudah, yaitu dengan menyerang musuh saja.

Mengumpulkan Loot

Memang pada dasarnya, tidak ada kustomisasi sama sekali di dalam Cat Quest, namun pemain memiliki kemampuan untuk meng-equip berbagai persenjataan dan armor yang ditemukan olehnya via peti harta. Asyiknya, armor dan senjata ini juga sekalian bisa merubah penampilan sang kucing. Topi, armor, senjata, semuanya akan tampil di tubuh sang kucing!

Grafis Kartun yang Imut

Salah satu hal yang paling menyolok dari Cat Quest adalah tampilannya yang mirip dengan RPG jaman dulu, namun dengan artwork yang modern yang sangat menawan. Apalagi karakter utamanya sang kucing pun ditampilkan secara imut namun tampak seperti jagoan, lengkap dengan animasi tempur yang keren. Memang game-nya tidak memiliki voice acting, karena sang kucing sendiri pun adalah jagoan bisu (yang dibantu berbicara oleh guardian spiritnya), namun dengan dukungan cerita yang sangat menarik, efek suara lucu, serta lagu yang menggembirakan, inilah dia sebuah game imut yang pasti digemari oleh para penyuka kucing.

Bukan Free-to-Play

Bagi yang mengharapkan bisa memainkan Cat Quest secara gratis, mungkin harus kecewa. Game ini adalah sebuah game berbayar, dijual dengan harga cukup miring, Rp. 67.000,- saja. Dengan demikian, absenlah semua hal yang biasa diwajibkan oleh game mobile gratisan seperti sistem stamina, kebutuhan online, iklan yang mengganggu, juga tidak ada mikrotransaksi sama sekali.

Jika kalian menginginkan sebuah Action RPG yang imut dan menyenangkan hati di ponsel pintar kalian, Cat Quest dengan harga Rp. 67.000,- ini adalah game yang pantas untuk kalian miliki.

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top