REVIEW

Ikuti Berdirinya Negara Wei dalam The Legend of Cao Cao

Andy Chan   10 Jun 2019
Ikuti Berdirinya Negara Wei dalam The Legend of Cao Cao

Kisah tiga negara adalah sebuah kisah menarik dari negeri Tiongkok yang sering diceritakan ulang menggunakan berbagai macam media. Ada film layar lebarnya Red Cliff, ada film serial nya Three Kingdoms, ada serial strateginya Romance of the Three Kingdoms, ada juga seri aksi nya yang berjudul Dynasty Warriors. Ketiga negara tersebut adalah Shu yang dipimpin oleh Liu Bei, Wu yang dipimpin oleh Sun Quan, serta Wei yang dipimpin oleh Cao Cao.

Romance of the Three Kingdoms: The Legend of Cao Cao

Sesuai judulnya, Romance of the Three Kingdoms: The Legend of Cao Cao adalah sebuah game persembahan dari Nexon yang merupakan remake dari game Romance of the Three Kingdoms: The Legend of Cao Cao. Game ini sebenarnya merupakan adaptasi dari seri Eiketsuden terakhir yang berjudul Sangokushi Sousouden. Akhirnya para penggemar Cao Cao pun bisa menikmati game ini dalam bahasa Inggris.

Strategi RPG Turn Based

The Legend of Cao Cao adalah sebuah game strategi turn based, di mana pemain mengendalikan pasukan tempurnya yang dipimpin oleh jendral-jendral kenamaan Cao Cao. Pemain cukup menyentuh icon jendral yang berada di medan permainan untuk mengarahkan mereka ke posisi tertentu serta menyerang, tentunya dalam batasan langkah yang sudah ditentukan. Setelah pemain selesai menggerakkan karakter-karakternya, berikutnya adalah giliran musuh bergerak, barulah giliran akan kembali ke tangan pemain. Tujuan pertempuran tentu saja untuk menghancurkan lawan sampai habis sebelum waktu (alias turn) yang diberikan habis.

Jendral-jendral Wei yang Legendaris

Tidak perlu khawatir mengenai keotentikan game ini, karena selain Cao Cao Mengde, semua jenderal-jenderal yang berada dibawah pimpinannya pun hadir secara otentik. Ada keluarga Xiahou yang sangat setia kepada Cao Cao seperti Xiahou Dun dan Xiahou Yuan, ada juga penasihat Xun Yu, penjaga setia Dian Wei, serta saudaranya Cao Ren, hingga Yue Jin dan Li Dian pun ada. Uniknya, tidak hanya jenderal-jenderal Wei saja yang bisa direkrut oleh Cao Cao, apabila RNG mengijinkan, kalian pun bisa membawa Zhao Yun untuk berperang bersama Cao Cao.

Mengisahkan Jejak Cao Cao dari Jaman Yellow Turban

Kisah Cao Cao dimulai dari jaman pemberontakan Yellow Turban di mana dia membuktikan bahwa dirinya adalah seorang pahlawan. Ingat bahwa keputusan yang kalian ambil akan membentuk Cao Cao di sini. Jadi kisahnya mungkin akan sedikit berbeda dengan cerita Roman Tiga Negara yang sudah kalian kenal.

Grafis Keren yang Diperbaharui

Dibandingkan dengan grafis asli Sangokushi Sousouden yang rilis di tahun 1998, tentu saja tampilan dalam Romance of the Three Kingdoms: The Legend of Cao Cao sudah diperbaharui secara memukau. Kini dengan artwork yang lebih bagus dan kekinian, Cao Cao pun tampil lebih keren, Dong Zhuo tampak seperti monster, bahkan Lu Bu pun tampil dengan sangar. Apalagi pertempurannya jauh dipercepat dibandingkan versi tahun 1998 sehingga remake ini berhasil memperbaiki hal-hal negatif yang terdapat pada game terdahulu.

Gratis, tapi Wajib Online

Meskipun Romance of the Three Kingdoms: The Legend of Cao Cao disajikan secara gratis, namun sayangnya pemain wajib terkoneksi ke Internet untuk bisa memainkannya. Untungnya game ini tidak memiliki sistem stamina sehingga bisa dimainkan kapan saja. Bagi yang membutuhkan bantuan, tersedia mikrotransaksi untuk membeli Gold Coin, sebuah mata uang premium yang bisa digunakan untuk berbagai macam hal, mulai dari membeli artifak, membeli item, hingga membeli silver coin.

Bagi para penggemar kedua negara lainnya seperti Shu atau Wu, sepertinya tidak akan menemukan kepuasan dalam memainkan game yang memfokuskan diri pada kisah Cao Cao seperti ini. The Legend of Cao Cao adalah game khusus bagi para penggemar negara Wei dan pemimpinnya Cao Cao Mengde. Meskipun demikian, game strategi RPG seperti ini sebenarnya cukup menarik untuk dicoba, selama kalian tidak keberatan berperan sebagai The Hero of Chaos, Cao Cao.

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top