REVIEW

Bungo Stray Dogs: Tales of the Lost, Game Unik dari Crunchyroll untuk Ponsel Pintar

Andy Chan   04 Apr 2020
Bungo Stray Dogs: Tales of the Lost, Game Unik dari Crunchyroll untuk Ponsel Pintar

Nakajima Atsushi telah diusir dari panti asuhan, dan ketika dia secara tidak sengaja menghentikan aksi bunuh diri seorang detektif bernam Osamu Dazai, dia pun menemukan bahwa dirinya memiliki kemampuan supernatural untuk berubah menjadi seekor macan putih. Dazai pun merekrut dirinya ke Armed Detective Agency di mana dia bertemu dengan banyak pemilik kekuatan supernatural lainnya yang bertugas untuk menyelesaikan kasus-kasus misterius di kota Yokohama. Itulah sedikit latar belakang kisah Bungo Stray Dogs, sebuah manga karangan Kafka Asagiri dan Harukawa 35. Setelah diangkat menjadi anime, Bungo Stray Dogs pun diangkat menjadi sebuah game dan dirilis oleh Crunchyroll Games untuk mobile dengan judul Bungo Stray Dogs: Tales of the Lost.

Adaptasi dari Bungo Stray Dogs

Bungo Stray Dogs: Tales of the Lost adalah sebuah adaptasi dari anime Bungo Stray Dogs, di mana pemain bisa kembali menyaksikan informasi-informasi dan sudut pandang baru dari anime Bungo Stray Dogs dalam bentuk visual novel. Tidak hanya kisah anime-nya saja, akan ada berbagai macam skenario baru di game ini, lengkap dengan berbagai kisah sampingan yang tidak diikutsertakan di anime-nya.

Buat Tim Favoritmu sendiri

Apakah game ini adalah sebuah visual novel? Tidak juga, karena pemain juga akan membuat sebuah tim yang terdiri dari karakter-karakter menarik Bungo Stray Dogs seperti Nakajima Atsushi sendiri, Edogawa Ranpo, Dazai Osamu, Miyazawa Kenji, Yosano Akiko, bahkan sampai anggota Port Mafia macam Higuchi Ichiyou! Uniknya, meskipun game seperti ini sangat cocok menggunakan turn-based battle klasik, namun Bungo Stray Dogs: Tales of the Lost memilih untuk menggunakan sistem battle sendiri.

Menembak Bola Affinity

Pemain tidak mengendalikan tim seperti game RPG pada umumnya. Dalam battle game ini, pemain bertugas untuk menembakkan sebuah bola untuk menghancurkan bola-bola affinity yang bertebaran di bagian bawah layar. Menembaknya pun seperti menembak ketapel, yaitu ditarik menggunakan jari ke arah yang berlawanan. Semakin banyak bola afinity yang berhasil dihancurkan pemain, semakin tinggilah affinity tim miliknya. Bahkan kalau berhasil menghancurkan semua bola affinity, maka affinity tim nya akan 100% penuh. Setelah itu, para anggota tim pun akan mulai menyerang musuh secara bergantian, menggunakan serangan masing-masing yang unik. Perhatikan counter yang berada di musuh, apabila counter ini mencapai angka 0, maka mereka akan menyerang.

Menggunakan Kemampuan Khusus

Masing-masing karakter Bungo Stray Dogs memiliki kemampuan khusus yang bisa digunakan apabila sudah memenuhi syarat. Cukup sentuh foto mereka di bagian bawah layar untuk membaca kemampuan apa yang mereka miliki, seperti menyerang musuh 1500 damage, melakukan healing, dan lain sebagainya. Lalu sentuh tombol Fire untuk menggunakannya apabila sudah bisa digunakan.

Story dan Event

Selain melakukan battle secara sekuensial, pemain juga bisa mengunjungi menu Story untuk mengikuti kisah Bungo Stray Dogs: Tales of the Lost yang disajikan via sebuah visual novel. Pemain juga bisa ikutserta dalam Event terbatas yang biasanya akan memberikan rewards yang unik.

Menawan seperti Anime-nya

Bungo Stray Dogs: Tales of the Lost hadir dengan artwork bergaya anime yang sangat menawan seperti anime-nya. Dengan kemampuan pemain untuk membentuk sendiri tim yang berisikan karakter-karakter favoritnya, tidak ada batasan yang menghalangi kalian untuk menggabungkan anggota Armed Detective Agency dan Port Mafia lho! Sementara untuk layar battle, dipilihlah gaya artwork chibi yang imut sebagai representasi para karakternya. Namun jangan khawatir, karena mereka semua memiliki cut-in keren ketika sedang menggunakan jurusnya.

Wajib Online

Seperti umumnya game-game free-to-plays yang besar, Bungo Stray Dogs: Tales of the Lost mewajibkan pemainnya untuk senantiasa terhubung ke Internet apabila ingin main. Game ini juga menggunakan sistem stamina yang akan digunakan apabila pemain bertarung di Battle, sehingga akan ada saat pemain harus menunggu stamina terisi kembali. Seperti biasa, tersedialah sebuah in-game shop yang menjual macam-macam hal seperti Ability Stone, Carrying Capacity, Premium Bonus, dan lain sebagainya.

Jika kalian adalah penggemar Bungo Stray Dogs, pastikan kalian mencoba game yang satu ini. Yuk, buat sendiri tim favoritmu di Bungo Stray Dogs: Tales of the Lost!

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top