TIPS TRIK

WhatsApp Tak Bisa Dipakai Lagi di iPhone & Android Lama

Dwi K   03 Feb 2020
WhatsApp Tak Bisa Dipakai Lagi di iPhone & Android Lama

Tanggal 1 Februari 2020 kemarin, WhatsApp telah berhenti memberikan dukungannya dan akan tidak bisa digunakan lagi pada jutaan iPhone serta Android di seluruh dunia apabila para penggunanya masih tetap menggunakan sistem operasi versi lama, yaitu iOS 8 ke belakang serta Android 2.3.7 Gingerbread dan sebelumnya.

Menurut data statistik yang ada, jumlah pengguna yang akan terkena dampak dari kebijakan ini bisa mencapai jutaan orang. Diketahui bahwa sekitar 0,3 % dari 2,5 triliun pengguna Android yang berada di berbagai belahan dunia ini masih menggunakan Android 2.3.7 Gingerbread atau mungkin bahkan versi yang lebih lama lagi.

Kebijakan ini sebenarnya sudah mulai diumumkan pada tahun 2017 lalu. WhatsApp melakukan hal ini dengan tujuan untuk melindungi keamanan para penggunanya.

WhatsApp berpendapat bahwa mereka sudah mengembangkan aplikasi mereka lebih jauh lagi untuk masing-masing platform tersebut, maka untuk kenyamanan para penggunanya, WhatsApp merekomendasikan kepada para penggunanya untuk segera beralih ke sistem operasi versi terbaru dari smartphone masing-masing.

Mengapa WhatsApp sampai harus melakukan hal ini? WhatsApp sendiri adalah aplikasi yang sangat populer dengan jutaan pengguna di seluruh dunia. Hal ini tentunya bakal membuat WhatsApp menjadi sasaran bagi para hacker. Maka dari itu, sangatlah masuk akal jika kita mesti menggunakan sistem operasi dalam versi terbarunya, yang menyediakan update keamanan terbaru.

Dengan adanya pengumuman dari WhatsApp tersebut, kita sebagai pengguna harusnya berinisiatif untuk kembali memeriksa sistem operasi milik kita. Jika sudah ter-update, maka kita bisa bernafas dengan lega. Namun, jika belum, apa yang seharusnya kita lakukan? Berikut adalah beberapa tips dan saran yang mungkin bisa dilakukan.

Saatnya untuk Meng-update Sistem Operasi di Handphone

Diketahui bahwa banyak orang yang memilih untuk tidak meng-update sistem operasi pada smartphone mereka karena mereka tidak berkeinginan untuk menunggu versi terbaru yang lebih stabil, atau bahkan, tidak mau mengambil resiko yang mungkin terdapat pada sistem operasi terbaru.

Keputusan tersebut tentunya bukanlah tanpa kekurangan, karena setiap update memiliki penambahan keamanan dan fitur serta menghapus bug yang sebelumnya mengganggu kita. Maka, sangat disarankan bagi kita sebagai pengguna untuk langsung meng-install atau meng-update pada saat ada pemberitahuan untuk melakukan update sistem operasi tersebut.

Jika handphone kita memang menggunakan sistem operasi versi lama, maka segeralah meng-update, dan WhatsApp pun dapat kembali digunakan.

Alternatif Lain untuk Menggantikan WhatsApp

WhatsApp memang sudah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari, sehingga kemungkinan akan sulit untuk bisa berpaling ke aplikasi lain. Orang-orang terdekat atau pun kontak kita yang lain tentunya masih menggunakan WhatsApp. Untuk sementara saja, cobalah untuk menggunakan aplikasi chat lainnya untuk kebutuhan darurat, seperti LINE dan Facebook Messenger. SMS dan iMessage juga bisa menjadi alternatif lain untuk dipilih.

Handphone Tidak Bisa Melakukan Update

Bagi para pengguna yang memiliki handphone terbaru, hal ini tentunya bukanlah merupakan suatu hal yang mengkhawatirkan. Namun, bagi mereka yang memiliki handphone keluaran lama yang sudah tidak bisa meng-update sistem operasinya, maka hal ini bisa menjadi sesuatu yang sangat menyulitkan.

Jika handphone kita memang sudah tidak bisa meng-update sistem operasi, maka jalan keluar satu-satunya bagi kita adalah dengan berganti ke handphone baru. Hal ini tentunya terkesan menyebalkan, tetapi jika kita memang masih ingin menggunakan WhatsApp, maka hal ini mau tidak mau jadi harus dilakukan. Selain kita jadi dapat kembali menggunakan WhatsApp seperti biasanya, kita juga tentunya dapat menggunakan semua fitur terbaru yang terdapat pada handphone baru kita nantinya.

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top