WhatsApp Business dan Cara Menggunakannya

Published: 04 Mar 2018, oleh Dikdok

Dengan jumlah pengguna WhatsApp yang kini mencapai 1,5 miliah pengguna aktif di dunia, aplikasi WhatsApp dianggap telah cukup banyak menjangkau setiap golongan masyarakat yang ada. Di Indonesia saja, bahkan saat ini hampir mustahil kita menemukan ada orang yang memakai smartphone tanpa WhatsApp.

WhatsApp nampaknya melihat adanya peluang penggunaan aplikasi mereka ke arah lain. Salah satu yang saat ini sudah dikembangkan adalah WhatsApp Business, layanan terbaru milik WhatsApp yang memudahkan melakukan kegiatan bisnis agar terhubung dengan calon pelanggan mereka.

Sama seperti saudara kembarnya, Whatsapp, aplikasi WhatsApp Business juga mendukung percakapan antar pengguna, baik melalui teks maupun multimedia. Tetapi tidak hanya itu, WhatsApp Business juga memiliki beberapa fungsi bisnis lain di dalamnya. Penasaran apa saja fitur yang dimaksud tersebut? Dan bagaimana saja cara memanfaatkannya? Mari simak bersama-sama:

Promosi dan demonstrasi produk

Salah satu kemampuan WhatsApp Business yang sangat mendukung kegiatan bisnis adalah fitur untuk memasang Status dan berinteraksi dengan konsumen. Menjadikan Status sebagai wahana promosi dan demonstrasi produk tentunya bisa menjadi cara yang tepat agar para konsumen tidak merasa terganggu dengan spam atau broadcast message. Kalian bisa membagikan kode promo, program sale ataupun program giveaway untuk menarik perhatian para konsumenmu menggunakan fitur Status.

Sebagai layanan pengguna yang bersifat real-time

Pemberian layanan secara real-time merupakan sebuah bentuk investasi brand yang cukup mahal, karena sebuah perusahaan harus membayar seseorang untuk selalu siap sedia selama 24 jam non-stop demi menjawab pertanyaan konsumen terkait informasi produk. Kini dengan menggunakan WhatsApp Business, kita dapat melakukannya dengan mudah tanpa harus mengeluarkan biaya sepeserpun.

Bahkan, WhatsApp Business memiliki kelebihan dibandingkan dengan layanan chat real time kebanyaknn: WhatsApp Business memiliki fitur pengiriman gambar, video dan suara. Bantuan fitur respons cepat juga akan memudahkan kita menjawab berbagai pertanyaan yang sering ditanyakan oleh pengguna.

Integrasi dengan produk

Beberapa usaha seperti BookMyShow dan KLM telah mengintegrasikan produk mereka ke dalam WhatsApp Business. BookMyShow misalnya, usaha ini menggunakan WhatsApp Business untuk memberikan informasi status order, konfirmasi tiket dan informasi lainnya kepada pengguna. Hal ini tentunya membuat para konsumen dapat dengan mudah mengetahui setiap detail transaksi yang telah mereka lakukan.

Sementara itu KLM memanfaatkan aplikasi perpesanan ini untuk mengingatkan konsumen mereka terhadap jadwal penerbangan, boarding pass, waktu check-in, serta detail penerbangan lainnya. Bahkan, melalui WhatsApp Business KLM juga mengijinkan konsumennya mereka untuk mengganti tempat duduk mereka lewat pesan singkat di WhatsApp Business.

Mengadakan jajak pendapat untuk pengembangan produk

Jajak pendapat merupakan suatu hal yang sangat penting dilakukan oleh sebuah brand terhadap produknya. Melalui bantuan WhatsApp Business, kita dapat mengadakan jajak pendapat dengan mudah dan bebas biaya.

Nah itulah beberapa fitur dari WhatsApp Business dan bagaimana saja cara memanfaatkannya. Apakah saat ini kamu juga telah menggunakan WhatsApp Business sebagai salah satu tool dalam bisnismu?

Tags

android Review whatsapp whatsapp messenger whatsapp business layanan pesan instan chatting

Share Artikel