NEWS

Waspada! Ketik Kata 'Taiwan' Bikin iPhone Mati?

en19ma   19 Jul 2018
Waspada! Ketik Kata 'Taiwan' Bikin iPhone Mati?

Jangan pernah mencoba untuk mengetikkan kata "Taiwan" pada iPhone Anda. Pasalnya, sebuah kesalahan sistem alias bug baru ditemukan, dan bisa berakibat fatal untuk perangkat Anda tersebut.

Dalam sebuah blog pribadi Chief Security Researcher of R&D at Synack, Patrick Wardle, dijelaskan perihal temuan kesalahan sistem tersebut. Dikutip dari Engadget baru-baru ini, bug tersebut ditemukan pada perangkat iPhone dengan sistem operasi iOS 11.3.

Temuan kesalahan sistem ini berawal ketika seorang rekan Patrick Wardle mengeluhkan iPhone-nya yang mati total. Pada awalnya, rekan tersebut berpendapat bahwa iPhone miliknya mungkin telah diretas dan dicuri datanya. Patrick Wardle pun awalnya tak terlalu menanggapi keluhan ini. Namun, beberapa waktu kemudian, ia mendapat keluhan serupa dari rekan-rekan lainnya, hingga ia pada akhirnya memutuskan untuk melakukan sebuah penelitian.

Diketahui oleh Patrick Wardle, bug ini ternyata muncul ketika pengguna mengetikkan kata 'Taiwan' pada iPhone mereka. Ya, pada saat kata 'Taiwan' diketikkan, maka iPhone tersebut pun akan langsung mati total.

Ternyata, bug ini berasal dari beberapa kode sensor yang digunakan agar iPhone –yang berasal atau dibeli di China– tak bisa menampilkan bendera Taiwan. Mengapa demikian? Karena, sebagaimana telah banyak diketahui, China tak mengakui Taiwan sebagai negara yang independen dan memiliki pemerintahannya sendiri. Sehingga, iPhone yang berasal atau dibeli di China tak akan dapat menampilkan bendera Taiwan sebagai emoji, seperti ketika pengguna mengetikkan negara-negara lain.

Sejak tahun 2017 lalu, Apple sejatinya memilih untuk mendukung sikap China terhadap Taiwan dengan menyertakan fungsi sensor untuk bendera Taiwan. Jadi, pada saat pengguna mengubah pengaturan lokasi iPhone menjadi ke China, maka emoji bendera Taiwan secara otomatis akan menghilang dari perangkat tersebut.

"Apple menambahkan beberapa kode sebagai fungsi sensor agar iPhone di China tak bisa memunculkan bendera Taiwan. Ternyata, ini malah menjadi bug pada kode tersebut," ungkap Patrick Wardle. Meski begitu, ia tak dapat memastikan ada seberapa banyak perangkat iPhone yang terkena dampak dari bug ini. Ia pun telah mewanti-wanti pihak Apple untuk dapat segera menambal kesalahan tersebut.

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top