Meski Pandemi, Wavin Catat Kesuksesan Pembangunan Lingkungan yang Sehat

Published: 20 Dec 2021, oleh NanaMiku

Laju urbanisasi bergerak semakin cepat dalam 10 tahun terakhir. DI 2050, populasi dunia diperkirakan akan mencapai hingga 9,7 miliar orang. Dari jumlah tersebut, 68% atau sekitar 6 miliar manusia diproyeksikan akan tinggal di lingkungan perkotaan. Namun menurut PBB, pembangunan infrastruktur belum sepenuhnya mampu mengakomodasi dampak dari dinamika urbanisasi yang berlangsung dengan cepat. Belum lagi ada isu-isu lingkunngan seperti banjir, kekeringan, hingga perubahan iklim karena pemanasan global.

Kondisi ini membuat infrastruktur di perkotaan tidak lagi mampu menampung kebutuhan-kebutuhan masyarakat. Infrastruktur perkotaan, terutama sistem yang terhubung dengan tata Kelola keairan membutuhkan solusi baru yang fundamental untuk mampu menjawab tantangan terkini dan masa depan terkait upaya merencanakan, membangun, dan melakukan pemeliharaan kota. Untuk memecahkan masalah ini tidak bisa lagi menggunakan cara-cara lama.

Freek Crum, President, Wavin APAC menyampaikan, “Wavin dikenal sebagai perusahaan global yang menghadirkan solusi-solusi inovatif di bidang pembangunan dan infrastruktur. Wavin memiliki komitmen dalam mengembangkan produk-produk yang mendukung pembangunan sebuah kota menjadi kota yang layak huni dan menyenangkan bagi penghuninya, dengan misi utamanya adalah membangun lingkungan yang sehat dan berkesinambungan. Tugas besarnya tercetus dalam empat hal yang menjadi pilar utama, yakni membangun kembali sistem pembawa air dan membangun desain bangunan yang dapat memasok air minum bersih, mengamankan kebersihan dan sanitasi yang lebih baik, membantu kota menjadi tahan terhadap perubahan iklim, dan mengembangkan infrastruktur yang memiliki performa yang lebih baik.”

Freek menambahkan, “Sebagai negara dengan perekonomian terbesar di Asia Tenggara, Wavin menempatkan Indonesia sebagai salah satu fokus sejak 35 tahun kehadiran perusahaan ini. Komitmen Wavin ini diwujudkan dengan memperkenalkan serangkaian solusi yang dihadirkan secara khusus bagi pasar Indonesia dengan mengembangkan komponen-komponen berkualitas, memiliki tingkat keamanan tingi, serta dengan harga yang lebih terjangkau, sebagai kunci keberhasilan pembangunan Indonesia yang berkesinambungan sekaligus dalam memacu percepatan upaya pemulihan akibat pandemi.”

Wavin menghadirkan solusi yang terbaik untuk proyek-proyek di atas maupun di bawah tanah, contohnya solusi pengelolaan air hujan, sistem pemanas dan pendingin, jaringan air minum, hingga drainase air pelimbahan. Sejak proses hingga suplai, Wavin berkolaborasi dengan banyak insyinur, pengembang proyek, hingga tim perencanaan tata kota. Wavin juga melibatkan pihak-pihak kontraktor hingga installer, melalui jaringan distribusi toko yang luas.

Sejak Wavin hadir kembali di Indonesia pada tahun 2020, Wavin sudah berhasil menggandenglebih dari 40 distributor dan 6.000 toko yang tersebar hampir di seluruh Indonesia, mulai dari Sumatera, Jawa, Sulawesi, Kalimantan, hingga Papua. Kehadiran Wavin di hampir semua provinsi terakselerasi dalam kurun waktu satu tahun akibat pandemi Covid-19. Di tahun ini, ada banyak proyek yang menggunakan produk Wavin, contohnya pembangunan pabrik Coca-Cola, Kantor Kedutaan Jerman, Primaya Hospital Depok, hingga Hotel Ibis Tidar. Preferensi pasar ini menjadi bukti bahwa Wavin masih menjadi pilihan utama bagi pelanggan di Indonesia.

Frank Simorangkir, Marketing Manager, Wavin Indonesia menuturkan, “Wavin juga mendukung distributor dan toko-toko bangunan untuk melakukan penetrasi pasar dengan melakukan sejumlah program brand activation seperti Sobat Wavin yang merupakan loyalty program untuk installer atau kontraktor yang membeli melalui toko-toko ritel bangunan, program roadshow di toko-toko, instore branding, installer meeting, training, digital campaign, dan lain-lain. Tahun ini Wavin juga meluncurkan web shop untuk distributor yang memberikan kesempatan bagi distributor untuk melakukan pembelian secara daring. Respon pelanggan sangat positif di mana adopsi mencapai 100% oleh distributor. Bahkan, tercatat bahwa lebih dari 70% pendapatan penjualan selama 2021 diperoleh melalui web shop/daring.”

“Wavin juga menggelar program Wavin Great Deals 2021. Program ini ditujukan bagi toko-toko bangunan dan kontraktor yang rutin membeli produk Wavin dari distributor. Wavin memberikan kode undian berdasarkan pembelian bulanan yang dilakukan oleh peritel dan kontraktor. Program ini diikuti oleh lebih dari 4.000 toko dengan perkiraan jumlah kode undian sebanyak 40 ribu,” pungkasnya.

Wavin berterima kasih besar atas upaya distributor, toko-toko ritel, dan kontraktor untuk mendistribusikan dan memasakan produk Wavin di Indonesia. Wavin berterima kasih atas kemitraan tahun 2021 dan berharap kemitraan dengan perusahaan serta seluruh pemangku kepentingan akan semakin meningkat sebagai upaya turut membangun Indonesia yang lebih baik ke depannya. Wavin juga membuka kemitraan yang saling menguntungkan bagi semua pihak.

Tags

news wavin pandemik Pembangunan lingkungan kesehatan solusi inovatif infrastruktur kebersihan air website online belanja belanja online distribusi retail

Share Artikel