VP Madhav Sheth: realme Ingin Jadi Brand Smartphone No. 1 di Indonesia dalam 2 Tahun

Published: 07 Dec 2021, oleh NanaMiku

Madhav Sheth sebelumnya memegang jabatan Vice President realme global dan CEO realme India & Eropa. Kini ia ditunjuk menjaid Presiden untuk Internasional Business Unit realme. Posisi membuatnya menjadi key person untuk realme Afrika, Asia Pasifik (termasuk Indonesia), Eropa Tengah dan Timur, Amerika Latin, Timur Tengah, dan juga Eropa Barat.

Madhav Sheth baru saja membagikan pikiran dan wawasannya mengenai strategi bisnis realme, dan rencana pengembangan realme di 2022. Strateginya termasuk strategi brand dalam meningkatkan strategi channel-nya di Tanah Air untuk menjadikan realme sebagai “Merek Smartphone No. 1 di Indonesia.” Ada juga strategi produk yang berfokus utama pada smartphone flagship yang baru akan dihadirkan oleh realme yang bertujuan untuk menggebrak segmen premium.

“Kami adalah disruptor di pasar smartphone global, merek trendsetter teknologi yang berfokus pada generasi muda yang menawarkan teknologi serta desain trendi dan kualitas yang terbaik dengan harga bersaing. Sebagai pasar terbesar di Asia Tenggara, Indonesia memainkan peran yang penting bagi kami. realme saat ini menduduki peringkat 5 di Indonesia. Memasuki tahun 2022, realme Indonesia terpacu untuk menjadi merek smartphone No. 1 dalam kurun waktu 2 tahun,” ujar Madhav Sheth, President International Business Unit realme dalam sebuah sesi virtual yang berlangsung pada tanggal 7 Desember 2021.

Target Bisnis realme: Menjadi Brand Smartphone No. 1 Indonesia dan Flagship untuk Semua Kalangan

Tahun 2021 adalah tahun yang penuh tantangan dan distruptif bagi realme karena mereka berhasil mempopulerkan smartphone 5G yang paling terjangkau dengan realme 8 5G dan juga smartphone dengan layar 120 Hz yang paling terjangkau dengan harga di bawah 3 juta rupiah lewat realme 8i.

Tahun depan juga akan kembali menjadi tahun yang distruptif bagi realme di Indonesia. Mereka saat ini berada di titik balik dan punya tujuan untuk menjadi merek smartphone No. 1 di Indonesia dalamw aktu dua tahun. realme beralih dari kanal penjualan tradisional dengan heavy asset investement ke strategi kanal penjualan yang lebih hemat biaya.

Strategi baru ini akan berfokus pada kombinasi penjualan online dan saluran pemasangan digital yang sangat efisien. Ada juga upaya untuk meminimalkan perantara dengan mengurangi biayanya sehingga realme dapat memberikan manfaat langsung kepada para pengguna lewat produk terbaiknya.

Untuk segi produk, realme telah mengumumkan bahwa akan masuk dan mendisrupsi segmen premium dengan strategi ‘Flagship killer.” Hal ini membuat realme jadi satu-satunya brand dengan lini produk flagship yang mendisrupsi pasar premium dengan harga terjangkau untuk semua kalangan. Realme ingin teknologi mutakhir yang dikeluarkannya bisa diakses oleh semua orang.

Untuk pengembangan AIoT, realme memiliki strategi produk AIoT “1+5+T”. Maksud dari strategi ini adalah smartphone sebagai perangkat sentral (1), laptop, TV, jam tangan pintar, wireless headphone, dan speaker pintar masuk dalam kategori (5), dan T adalah singkaran dari TechLife yang menawrkan berbagai perangkat AIoT untuk anak muda. Ke depannya, realme akan tetap berpegang pada misinya untuk menjadi produk AIoT keluaran realme sebagai pilihan no.1 di Indonesia.

Cuplikan 2022: Tahun Gebrakan dari realme

Sebagai gambaran untuk 2022, realme sudah sedikit membocorkan realme GT 2 Pro yang ditenagai dengan Qualcomm Snapdragon 8 Gen 1. Ini adalah salah satu produk flagship pertama yang dilengkapi dengan chipset terbaru dari Qualcomm. Selanjutnya, reamle juga sedang menyiapkan pengumumkan besar untuk inovasi terbarunya di berbagai acara global seperti siarang langsung di YouTube resmi realme Inodnesia dan juga gelaran MWC 2022 di Barcelona. Untuk cuplikan terakhir, realme akan mengumumkan komitmennya terhadap perlindungan lingkungan.

Ketiga cuplikan ini merupakan cuplikan yang disruptif dari realme untuk menyambut 2022, selain ambisinya untuk menjadi merek smartphone No. 1 di Indonesia dengan model bisnis yang baru.

“Berdasarkan analisa visi strategis dan ketajaman pasar, realme akan menghadirkan produk dengan teknologi terdepan, desain trendsetting kepada konsumen serta kualitas tinggi. Tergolong masih pemula di industri teknologi, kami ingin tumbuh lebih besar dan lebih bersinar,” ucap Madhav lebih lanjut.

Tags

news realme smartphone gadget hardware brand indonesia flagship bisnis strategi internasional global trend teknologi generasi muda desain pasar asia tenggara

Share Artikel