REVIEW

Vivo V11 Pro, Smartphone AI Canggih untuk Selfie dan Ngegame

Anduril   09 Dec 2018
Vivo V11 Pro, Smartphone AI Canggih untuk Selfie dan Ngegame

Tren penggunaan AI pada smartphone canggih mengalami peningkatan yang sangat pesat di kuartal ketiga 2018. Vivo yang merupakan brand terkenal asal Tiongkok, ikut menghadirkan smartphone berteknologi AI melalui seri V miliknya. Kalau di V9, Vivo mematenkan diri sebagai smartphone dengan notch pertama di Indonesia, maka di V11 Pro, Vivo hadir sebagai smartphone dengan teknologi Screen Touch ID pertama di Indonesia.

Spesifikasi V11 Pro

Sebelum melangkah lebih jauh, mari kita berkenalan terlebih dahulu dengan spesifikasi Vivo V11 Pro, sehingga kita tahu apa yang akan diberikan smartphone midentry dengan harga empat jutaan ini.

Snapdragon 660 AIE

SoC Snapdrahon 660 AIE (14 nm) adalah seri 600 terkuat yang hadir di 2017. Unit SoC ini ditenagai oleh 4x2,2 GHz Kryo 260+4x1,8 GHz Kryo 260 dan GPU Adreno 512. Dengan adanya SoC ini, Vivo V11 Pro bisa diimbuhi dengan kamera hingga 25 MP.

Snapdragon 660 AIE tersebut dipasangkan dengan LPDDR4 6 GB dan memori internal sebesar 64 atau 128 GB.

Layar Super AMOLED

Dengan mengandalkan layar Super AMOLED 6,41 inch, yang mampu menampilkan hingga 16 juta warna, Vivo V11 Pro memiliki performa screen yang luar biasa.

Layarnya juga sudah mendukung standar warna DCI-P3 yang menyuguhkan rentang warna yang lebih lebar. Namun Vivo tidak menyediakan mode layar tersebut, di pengaturan kamu hanya bisa menyesuaikan tampilan lebih dingin atau lebih hangat.

Teknologi AI

Vivo memberikan sebuah teknologi AI bernama Jovi di Vivo V11 Pro. Jovi akan mempelajari kebiasaan penggunanya dalam menggunakan Vivo V11 Pro. Sebagai contoh, bila kamu terbiasa mengurangi tingkatan suara nada dering di kantor, maka seiring waktu Jovi akan melakukan hal yang menjadi kebiasaanmu itu.

Jovi juga menyediakan tiga fitur utama, yaitu Smart Camera, yang bisa mempercantik foto yang kamu ambil, mengenali scene dan memberikan panduan framing agar foto kamu selalu memiliki penempatan objek yang tepat.

Smart Scene yang akan memberikan informasi layaknya RSS, lokasi kantor dan rumah, event dan berbagai informasi penting lainnya.

Teknologi AI yang terakhir adalah Game Mode yang menyediakan Game Assistant menghalangi semua notifikasi hingga melakukan background call saat kamu bermain game. Selain menghalangi notifikasi, Gaming Assistant bakal mengoptimalkan penggunaan RAM dan CPU.

Funtouch OS 4.5

FunTouch OS merupakan tampilan UI untuk Oreo, dengan sistem operasi tampilannya yang mirip dengan iOS. FunTouh OS 4.5 dibekali dengan berbagai fitur seperti Smart Motion, Smart Mirroring, Smart Split, App Clone, Smart Click, Motorbike Mode dan Banyak lagi.

Di antara semua fitur “Smart” yang disediakan, kami paling sering menggunakan Smart Motion. Fitur ini mengijinkan kamu untuk menggunakan Vivo V11 Pro tanpa harus menekan tombol fisik yang ada. Selain memperpanjang umur hardware, Smart Motion membuat urusan melongok ke Vivo V11 Pro berjalan lebih mudah dan cepat.

Screen Touch ID

Screen Touch ID adalah fitur keamanan yang sangat canggih tapi mengharuskan penggunanya menggunakan layar Super AMOLED. Dengan Screen Touch ID, Vivo tidak perlu mencantumkan sensor sidik jari di belakang bodi smartphone. Sebaliknya sensor tersebut berpindah ke bagian depan, tepat di bawah layar Super AMOLED.

Selain penggunaan Screen Touch ID, Face ID yang tersedia di Vivo V11 Pro menggunakan sensor inframerah. Hasilnya Face ID ini bisa digunakan walaupun kamu berada di tempat yang agak gelap dan memiliki kecepatan unlock yang di atas rata-rata smartphone lainnya.

Bodi Vivo V11 Pro

Bila dilihat sepintas desain Vivo V11 Pro masih memiliki DNA V9, dengan sudut-sudut yang agak membulat dan agak melengkung di kedua sisi punggungnya. Yang membuatnya berbeda adalah, Vivo V11 Pro memiliki bodi belakang yang diselimuti warna bergradasi yang terinspirasi dari alam semesta dan keindahan malam.

Saat ini, Vivo menyediakan dua warna yakni starry black dengan gradasi warna hitam ke biru gelap Serta, nebula purple dengan gradasi biru ke ungu. Keduanya bertabur kilauan yang mengadaptasi langit malam penuh bintang

Sekedar informasi, Vivo V11 Pro menggunakan bod plastik yang dibuat terasa sangat premium ketika berada dalam genggaman tangan. Dengan ketebalan hanya 7,9mm dan bobot 156 gram, Vivo V11 Pro nyaman untuk digenggam berjam-jam.

Kamera VIvo V11 Pro

Untuk urusan kamera, Vivo membuktikan kalau smartphone ini bukanlah smartphone kaleng-kalengan.

AI Dual Rear Camera

Kamera utama Vivo V11 Pro hadir dengan sensor 1/2.8 inci, resolusi 12-megapixel, aperture f/1.8, dan dilengkapi teknologi autofocus dual pixel PDAF. Sedangkan, kamera sekundernya 5-megapixel sebagai depth sensor dengan aperture f/2.4.

Untuk urusan selfie, kamera depan Vivo V11 Pro dilengkapi dengan kamera 25-megapixel dengan aperture f/2.0.

Fitur baru yang diunggulkan Vivo V11 Pro anti Anti-Backlight AI HDR. Backlight ini muncul ketika kamu berusaha mengambil gambar dengan banyaknya cahaya di belakang objek. Dengan Anti Blacklight AI, Vivo V11 Pro akan mengubah fokus sensor cahaya agar objek yang berada di depan terlihat, sekaligus memperbaiki cahaya yang ada di belakang objek.

Beautification

Fitur beautification Vivo V11 Pro masuk ke dalam kategori luar biasa. Sebab semua yang difoto oleh Vivo V11 Pro akan menjadi halus memiliki warna yang terang. Selain itu smartphone ini bisa mengubah bentuk wajah agar lebih tirus, mengecilkan pipi, membuat dagu lebih lancip, mata lebih lebar, hidung lebih mancung, memperbesar atau mengecilkan bibir.

Efek-efek beautification tersebut bisa dilihat secara real time, sehingga kamu bisa mengatur penggunannya dengan akurat.

Vivo V11 Pro juga mencantumkan fitur lainnya seperti AI Bokeh, AI Scene Recognition, AI Selfie Lighting, AI low light mode, AR Sticker, Live Photo, Panorama, video slow motion, dan time-lapse. Tak ketinggalan, ada professional mode untuk kamu yang menyukai kontrol penuh.

Benchmark Vivo V11 Pro

Pada aplikasi benchmark Antutu, Vivo V11 Pro mencetak skor 129.646 poin, sementara itu di 3DMark Sling Shot mendapatkan 1.864. Terakhir di GeekBench 4 Vivo V11 Pro memperoleh skor single-core 1.434 poin dan multi-core 5.478 poin.

Gaming di Vivo V11 Pro

Kami mencoba tiga judul game di Vivo V11 Pro. Kebetulan game-game tersebut merupakan game esports yang paling banyak dimainkan di Indonesia. Mereka adalah, Mobile Legends, Arena of Valor, dan PUBG Mobile.

Untuk Mobile Legends dan Arena of Valor, Vivo V11 Pro bisa menjalankan kedua game ini dengan settingan maksimal. Sementara itu pada PUBG Mobile, game battle royale ini menyarankan pengaturan medium di Vivo V11 Pro saat pertama kali dijalankan.

Kesimpulan Akhir

Vivo V11 Pro adalah sebuah smartphone mid tier yang bisa memenuhi semua kebutuhan sehari-hari kamu. Dengan kamera yang ciamik dan kemampuan ngegame yang maksimal, Vivo V11 Pro bisa menjadi smartphone andalanmu dalam berbagai situasi.

Satu-satunya kekurangan dari Vivo V11 Pro terletak pada baterainya yang hanya 3400 mAh. Dengan kapasitas yang cukup standar, Vivo V11 Pro tidak bisa digunakan untuk memainkan game secara terus-menerus tanpa henti.

Untunglah kelemahan di atas ditebus dengan teknologi Dual Engine Fast Charging yang akan membuat kecepatan pengisian baterai Vivo V11 Pro berjalan dengan sangat cepat. Dengan penggunaan teknologi tersebut, Vivo V11 Pro bisa mengisi baterainya hingga maksimal dalam waktu 30 menit saja.

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top