REVIEW

Viva, Aplikasi Live Streaming dan Portal Berita

Bruno Mukti   06 Oct 2017
Viva, Aplikasi Live Streaming dan Portal Berita

Informasi sekarang ini berjalan dengan begitu cepat. Jika tidak bisa mengikutinya, maka netizen hanya akan semakin tertinggal untuk bisa mendapatkan semua informasi dengan cepat. Ada sangat banyak aplikasi-aplikasi yang dibuat oleh pengembang agar bisa menghadirkan semuanya di dalam genggaman tangan mereka. Seperti salah satunya adalah aplikasi Viva ini, yang dibuat oleh pengembang PT Viva Media Baru. Sebuah perusahaan yang menaungi salah satu portal berita di Indonesia, yaitu Viva.co.id. Mungkin sudah banyak yang mengetahui bahwa Viva sendiri tergabung di dalam suatu grup yang sama, yaitu tvOne dan juga ANTV. Jadi, jika nanti menemukan kedua hal ini di dalam aplikasi, itu tentu saja bukanlah hal yang mengherankan.

Sebelum melakukan instalasi, ada beberapa pertanyaan di dalam hati yang sebenarnya mungkin bisa membuat enggan untuk meng-install aplikasi ini. Terlebih setelah membaca banyaknya ulasan negatif dari para penggunanya di Google Play. Banyak yang mengatakan kalau aplikasi ini tidak bisa diunduh. Juga, ada yang mengatakan bahwa ini adalah aplikasi yang kurang begitu baik pada layanan live streaming. Juga, ada yang mengatakan terlalu banyak iklan, dan masih banyak lainnya lagi. Namun, rasanya kurang bijak jika hanya menilai sebuah aplikasi hanya dari sudut pandang orang lain dan tanpa mencobanya terlebih dahulu.

Proses instalasi aplikasi ini ternyata tidaklah sesulit yang dikatakan seperti yang ada di dalam ulasan. Prosesnya pun begitu mudah dan cepat. Selain itu, tidak banyak memakan space pada media penyimpanan di ponsel, karena hanya memakan 7Mb saja untuk penyimpanannya. Setelah melakukan instalasi, maka pengguna akan langsung dihadapkan pada tampilan yang serupa seperti yang ada pada screenshot yang ada di Play Store. Tampilan ini begitu indah, dan tidak membuat orang jadi bingung untuk menggunakannya.

Diurutkan dari yang paling atas, ada dua buah televisi online yang bisa ditonton melalui live streaming. Keduanya seperti yang telah disebutkan tadi, yaitu tvOne dan ANTV. Setelah ini, ada berita terbaru di bagian bawah kedua, serta ada berita dan bola. Jika melakukan scroll ke bawah, ternyata masih ada beberapa kategori lagi yang ada di halaman utama. Kategori-kategori tersebut adalah Sport, Otomotif, Digital, Showbiz, Gaya Hidup, Fokus, Wawancara, dan Siapa. Pada bagian menu, kategori yang bisa ditekan pada bagian kiri atas pada tiga buah garis. Di sana, pengguna bisa mendapatkan kategori-kategori dengan tulisan yang lebih mudah untuk dilihat dan juga bisa masuk ke dalam aplikasi ini jika ingin mendapatkan notifikasi tentang pemberitahuan atas berita-berita yang mungkin telah difavoritkan atau ada berita terbaru.

Mencoba aplikasi live streaming televisi yang disediakan pada aplikasi Viva ini, ternyata juga tidak seburuk yang dinilai oleh para pengulas di Play Store. Memang, kebutuhan koneksi menjadi sangat penting pada saat ingin menonton televisi secara online. Sebab, dengan koneksi yang tidak begitu bagus, maka menonton pun tidaklah begitu nyaman. Pengguna di sini bisa menonton langsung channel televisi tvOne dan ANTV secara online.

Untuk siaran langsung tvOne, di awal video memang ada iklan yang muncul sebelum pengguna bisa menonton. Selain bukan hanya menonton televisi secara langsung melalui media online, di kategori ini juga terdapat video-video lainnya yang bisa ditonton oleh pengguna jika mereka melewatkan tayangan tersebut di televisi. Beberapa tayangan yang tersedia di sana, antara lain seperti Kabar Petang, Talkshow, Sport, Religi, Documentary, dan Kriminal. Sedangkan, pada ANTV, ketika masuk ke kategori ini, ada tiga tayangan yang disediakan di sini, dan ketiganya adalah layanan untuk hiburan. Yang pertama, terdapat live streaming ANTV sebagai bagian utama, serta yang kedua dan ketiga adalah tayangan Pesbukers dan Jejak Leluhur.

Selain berisi tentang berita-berita yang sesuai dengan nama kanalnya di dalam aplikasi, terdapat satu fitur yang cukup menarik di dalam Viva ini. Yaitu, ada satu kanal yang bisa didapatkan melalui menu yang ada di sebelah kiri, yaitu Berita Sekitar. Pada kanal Berita Sekitar ini, pengguna bisa mendapatkan update mengenai berita yang benar-benar ada di sekitarnya. Caranya pun hampir sama dengan salah satu toko online di Indonesia, yang mana pengguna bisa menyetel pengaturan dimana pengguna bertinggal saat itu dengan menggunakan GPS yang ada di ponselnya. Setelah melakukan pengaturan ini, maka pengguna pun bisa mendapatkan berita-berita terbaru yang ada di sekitarnya.

Kesimpulan

Aplikasi Viva ini tidak seburuk yang dinilai oleh pengulas yang ada di Play Store. Mengenai iklan yang mengganggu juga tidaklah seperti yang digambarkan. Iklan memang ada di dalam aplikasi tersebut, hanya saja masih di taraf yang normal. Mengenai kualitas live streaming pada aplikasi ini juga bisa dibilang bagus. Tentunya, hal ini kembali pada faktor dari kecepatan internet masing-masing pengguna. Secara keseluruhan, aplikasi Viva ini mendapatkan nilai 4,5/5.

Link download Viva

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top