istanbul escortsistanbul escortsistanbul escortsistanbul escortsistanbul escortsistanbul escortsistanbul escortsistanbul escortsistanbul escortsistanbul escorts
istanbul escortsistanbul escortsistanbul escortsistanbul escortsistanbul escortsistanbul escortsistanbul escortsistanbul escortsistanbul escortsistanbul escorts
istanbul escortsistanbul escortsistanbul escortsistanbul escortsistanbul escortsistanbul escortsistanbul escortsistanbul escortsistanbul escortsistanbul escorts
istanbul escortsistanbul escortsistanbul escortsistanbul escortsistanbul escortsistanbul escortsistanbul escortsistanbul escortsistanbul escortsistanbul escorts
porno izleporno izleporno izleporno izleporno izlepornopornopornopornopornopornopornoporniocoolpornpornspotsex pornosex pornosex pornosex hikayesex hikaye
NEWS

Viu Terus Raih Pertumbuhan Kuat dalam Pelanggan & Iklan Digital di 2022

NanaMiku   06 Mar 2023
Viu Terus Raih Pertumbuhan Kuat dalam Pelanggan & Iklan Digital di 2022

Dalam laporan keuangan untuk tahun yang berakhir pada 31 Desember 2022, PCCW Limited selaku perusahaan induk melaporkan bahwa Viu terus memberikan pertumbuhan pendapatan yang kuat dan mencapai EBITDA positif untuk tahun pertama.

Pengguna aktif bulanan (monthly active user atau MAU) tumbuh sebesar 13% YoY menjadi 6,4 juta dan pelanggan berbayar tumbuh lebih dari 45% untuk periode yang sama menjadi 12,2 juta. Viu tetap berada di posisi teratas dalam kategori MAU selama 12 kuartal berturut-turut dan peringkat kedua dalam pelanggan berbayar serta menit streaming di seluruh wilayah Asia Tenggara.

Pendapatan Viu juga tumbuh sebesar 45% YoY menjadi 206 juta dolar AS pada tahun 2022. Diluncurkan pada tahun 2015, Viu adalah salah satu pengadopsi paling awal di kawasan ini dengan model pendapatan ganda, langgan premium dan periklanan digital. Dengan upaya yang konsisten dalam mendorong layanan D2C dan memperlua distribusi melalui kemitraan dengan operator telekomunikasi, mitra digital, merek, dan biro iklan di tingkat lokal dan regional, Viu melihat pertumbuhan pendapatan SVOD dan AVOD yang solid pada platform.

Laporan MPA yang baru-baru ini dirilis berjudul “SEA Online Video Consumer Insights & Analytics, Q4 2022” menggambarkan kinerja Viu untuk tahun ini sebagai berikut:

“Video Online Asia Tenggara menambahkan 4,6 juta pelanggan baru berbayar pada Q4 2022, pertumbuhan kategori tertinggi sejak Q2 2021. Viu adalah salah satu dari dua layanan OTT teratas yang mendorong sekitar 51% penambahan pelanggan yang dikumpulkan di lima pasar Asia Tenggara. Viu telah membangun funnel akuisisi pelanggan yang kuat melalui model freemium, dengan fokus yang berkembang pada konten berbayar dan pelanggan. Selain itu, Viu adalah salah satu dari tiga platform terkemuka di Asia Tenggara, menyumbang 52% agregat dari langganan di wilayah tersebut. Tiga hingga lima drama Korea eksklusif Viu per kuartal di Q2 hingga Q4 mendorong pertumbuhan pelanggan, dengan konten variety show maupun drama yang terus memberikan diferensiasi kompetitif. Upaya menghadirkan konten original dan akuisisi konten free-to-air (FTA) juga berdampak dalam mempertahankan pelanggan.”

Janice Lee, CEO Viu dan Managing Director PCCW Media Group, mengatakan, “Konten Viu Original yang diperluas dan kemitraan distribusi yang ditingkatkan pada tingkat lokal dan regional mendorong pertumbuhan pengguna baru Viu, meningkatkan engagement, dan menghasilkan pertumbuhan yang kuat, pada SVOD dan pendapatan AVOD pada tahun 2022. Melihat ke depan pada tahun 2023, kami terus fokus untuk menghadirkan rangkaian penawaran konten yang hebat kepada audiens kami, dengan sebagian besar pasar kembali ke masa pra-pandemi. Selain itu kami juga bersiap untuk lebih terhubung dan engage dengan pengguna kami di luar layar mereka dengan mendekatkan para bintang kepada penggemar di berbagai pasar melalui serangkaian pengalaman dan acara live.”

Pada tahun 2022, Viu menyajikan sejumlah drama yang paling dinantikan seperti Again May Life dengan Lee Joon-gi, Law Cafe yang dibintangi Lee Seung Gi, dan fenomena global, Viu Original Reborn Rich. Viu Original yang dibintangi Song Joong-ki ini juga didistribusikan secara global ke lebih dari 170 negara. Viu menjamu sang bintang di Singapura untuk berinteraksi dengan media lokal dan penggemar di wilayah tersebut. Acara lainnya termasuk road show Viu dengan para pemeran Viu Original Pretty Little Liars (S2) Indonesia dan watchparty untuk pemutaran perdana Viu Original Again My Life di Singapura. Ini adalah bagian dari rangkaian acara yang diselenggarkan Viu pada tahun lalu sesuai permintaan konsumen akan acara dan pengalaman langsung.

Tentang tren konsumsi konten, laporan MPA menyoroti bagaimana pangsa konten Asia Tenggara dari penayangan video premium diperoleh pada Q4, didorong oleh peningkatan konsumsi freemium dari judul lokal di seluruh platform termasuk Viu di Thailand. Konten Viu Original Indonesia Bad Boys vs Crazy Girls juga dinobatkan sebagai salah satu judul orisinal Asia Tenggara yang berpengaruh pada Q4 di laporan tersebut.

Serial Viu Original lokal tidak hanya berkontribusi pada jumlah penonton, tetapi juga memenangkan beberapa penghargaan regional. Still (Filipina), Ganjil (Malaysia), dan Wannabe (Thailand) adalah pemenang Asian Academy Creative Awards tahun lalu.

Memasuki tahun 2023, dengan pertumbuhan yang baik pada MAU maupun pelanggan berbayar, strategi Viu adalah menghadirkan konten yang hebat dan lebih banyak pengalaman tatap muka kepada para penggemar sambil memanfaatkan pertumbuhan yang kuat dalam langganan premum dan pasar iklan digital di seluruh wilayah.

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top