REVIEW FILM

Viu, Layanan Streaming bagi Penggemar Drakor

NanaMiku   07 Apr 2021
Viu, Layanan Streaming bagi Penggemar Drakor

Layanan streaming untuk menonton film atau serial kini semakin banyak, seperti Netflix, Disney+ Hotstar, dan masih banyak lainnya. Di satu sisi bagus karena kalian menjadi dapat banyak pilihan. Namun di sisi lain jadi lebih boros karena harus berlangganan banyak karena banyak konten eksklusif di masing-masing platform.

Namun salah satu layanan streaming yang menarik perhatian adalah Viu. Layanan streaming asal Hong Kong ini menawarkan konten yang berfokus pada Asia, termasuk pada segmen Korea. Jadi bagi kalian penggemar Drakor dan variety show asal Korea, Viu bisa menjadi pilihan yang menarik.

Salah satu alasan utama untuk menonton di Viu adalah banyak konten yang bisa kalian tonton secara gratis. Menurut Viu, sekitar 70% dari seluruh konten yang ada di Viu bisa kalian nikmati secara gratis. Tidak hanya itu, konten yang gratis pun bisa kalian tonton dan download dalam kualitas full HD. Tentunya kalau menonton gratis, acara yang kalian tonton akan diselipi iklan.

Untuk menikmati konten-konten yang terbatas,menghapus iklan, dan bisa nonton di TV, kalian harus merubah akun kalian menjadi premium yang harus berbayar. Untungnya harganya cukup murah yaitu hanya 30.000 rupiah per bulan. Viu juga menawarkan paket yang lebih murah yaitu 100.000 rupiah untuk 6 bulan dan 200.000 rupiah untuk 12 bulan. Viu sudah mendukung pembayaran lewat Go-Pay, ShopeePay, OVO, dan pulsa.

Buat kalian yang merasa harganya cukup mahal. Viu mendukung 1 akun bisa digunakan oleh 5 perangkat secara bersamaan. Hal ini membuat kalian bisa mencoba mencari teman untuk patungan membayar biaya premium lebih murah. Kurang lebih sama dengan teknik langganan bareng-bareng di Spotify dan Netflix.

Untuk yang konten ditawarkan oleh Viu cukup bervariasi, tetapi berfokus pada film dan serial dari Asia seperti dari Korea, Jepang, Indonesia, dan Thailand. Namun yang benar-benar difokuskan oleh Viu adalah konten asal Korea. Bahkan kalian bisa lihat dari tagline aplikasinya: Viu – Korean Dramas, Variety Shows, Originals.

Konten-konten di Viu pun banyak yang terbaru. Contohnya Running Man edisi 2021 sudah tersedia di Viu (khusus premium). Untuk variety show yang lain, contohnya Men on a Mission (Knowing Brothers), semua episode bisa dinikmati secara gratis, kecuali episode terbaru. Untungnya, episode terbaru akan jadi tersedia untuk semua orang seminggu kemudian. Konten-kontennya pun mendukung teks dengan bahasa Indonesia.

Walau banyak konten menarik yang ditawarkan dan bisa gratis ditonton, sayangnya dari segi pengalaman menonton dan aplikasinya kurang memuaskan. Salah satu hal yang cukup membuat bingung adalah pada saat nonton di browser computer tidak ada tombol untuk kembali ke halaman judul, ternyata caranya adalah scroll ke bawah. Terdapat juga hal yang cukup merepotkan karena sudah terbiasa dimanjakan oleh Netflix dan Disney+ Hotstar. Viu tidak menawarkan tombol untuk melewati opening dan rangkuman episode sebelumnya. Jadi kalian harus mempercepatnya secara manual.

Namun hal yang paling cukup mengganggu pengalaman menonton adalah tidak bisa melanjutkan tontonan di perangkat lain. Viu mengatakan bahwa 1 account bisa digunakan di 5 perangkat yang berbeda. Harusnya ini sangat membantu kalau kalian habis menonton di TV dan ingin melanjutkan di ponsel kalian karena harus pergi. Konten yang kalian tonton terakhir di TV tidak akan muncul di ponsel kalian. Berlaku juga sebaliknya. Jadi kalau kalian ingin melanjutkan tontontan dari perangkat lain, kalian harus cari judulnya terlebih dahulu lalu, kemudian pilih episode yang ditonton, lalu dipercepat hingga menit terakhir yang kalian tonton.

Walau ada beberapa hal yang merepotkan, Viu tetap pantas untuk kalian coba karena ada banyak konten yang bisa kalian tonton secara gratis tanpa perlu langganan premium. Apalagi konten-konten gratisnya bisa kalian nikmati dalam resolusi tinggi dan bisa di-download.

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top