REVIEW

Virtual Families 2, Alternatif Game Simulasi Kehidupan yang Menarik

Andy Chan   21 May 2019
Virtual Families 2, Alternatif Game Simulasi Kehidupan yang Menarik

Ada dunia kecil tersembunyi di dalam komputermu. Ada orang-orang kecil juga di dalamnya, mereka adalah orang hilang yang butuh diadopsi. Ketika mereka menemukan sebuah rumah besar yang rusak, mereka pun memiliki harapan agar rumah tersebut bisa diperbaiki dan dijadikan rumah impian. Mari, mulai berkeluarga dalam game Virtual Families 2, karya Last Day of Work (Virtual Villagers, Fish Tycoon).

Simulasi Kehidupan

Virtual Families 2 yang merupakan kelanjutan dari Virtual Families, adalah sebuah game simulasi kehidupan di mana pemain membantu para orang kecil di ponsel pintarmu untuk mencari istri atau suami dan memulai keluarga virtual mereka sampai memiliki anak-anak yang lucu. Bantulah mereka menciptakan sebuah keluarga besar yang indah dan sejahtera dalam game ini.

Bagaikan Main The Sims

Misi pemain dalam Virtual Families 2 adalah untuk melatih penghuni rumah tersebut agar bisa mengurus rumah dan mengurus dirinya sendiri. Dukung mereka dalam karirnya agar bisa menghasilkan uang demi membeli kebutuhan, dekorasi, dan barang-barang mewah. Secara garis besar, permainan ini memang mirip dengan seri The Sims buatan Maxis / Electronic Arts.

Mengendalikan, Memuji & Memarahi Orang Kecil

Pemain bisa memungut sang orang kecil tersebut dengan cara melakukan click and drag pada layar sentuh, dan mengarahkan mereka ke sebuah obyek agar dia berinteraksi dan mengerti mengenai obyek tersebut. Misalnya menyuruhnya untuk mandi, maka tarik mereka ke bath tub di kamar mandi, atau menyuruhnya cuci tangan, tarik mereka ke arah wastafel.

Apabila mereka sudah mengerti mengenai hal tersebut, pemain bisa memuji mereka dengan menyentuh tangan berwarna hijau dan menyentuh sang orang kecil. Mereka pun akan senang dipuji, dan mengingat bahwa kelakuan seperti itu adalah baik. Sebaliknya, apabila mereka berbuat salah, pemain bisa menyentuh tangan berwarna hijau dan menyentuh sang orang kecil untuk memarahi mereka agar mengerti bahwa tindakannya tersebut tidak benar.

Puas rasanya melihat mereka tumbuh berkembang sebagai individual dan mengirimkan pesan kepadamu sebagai rasa terima kasih. Tapi jangan lupa untuk mengecek mereka setiap beberapa waktu sekali, karena mereka akan merasa sedih tanpa kehadiranmu sebagai penjaga yang baik.

Membangun Rumah Impian

Orang kecil yang tinggal di ponsel pintarmu itu membutuhkan sebuah rumah. Namun sayangnya, rumah yang ditinggali olehnya perlu banyak perbaikan. Oleh karena itu, tugas pemain adalah untuk menambahkan berbagai macam ruangan seperti kamar tidur, kamar bayi, home theater, bahkan sebuah ruangan untuk main game. Selain itu, pemain juga bisa mendekorasi semua ruangan agar tampil unik dan cantik.

Permainan Tetap Berjalan di Latar Belakang

Ingat bahwa meskipun pemain tidak sedang mengawasi para orang kecil ini, mereka akan tetap beraktivitas di latar belakang alias ketika game-nya sedang tidak dijalankan. Jadi akan ada kejadian-kejadian yang tidak bisa diduga yang terjadi dalam game ini ketika pemain kembali ke permainan.

Tampilan Isometrik yang Menawan

Virtual Families 2 menggunakan tampilan ala isometrik, alias menampilkan 3D dalam sudut pandang 2D. Dengan tampilan seperti ini, Virtual Families 2 jadi tampak mirip dengan The Sims pertama, lengkap dengan animasi para orang kecil di dalamnya yang menawan. Dengan kemampuan pemain untuk menghias dan mendekorasi rumah virtual tersebut, menjadikan game ini sebagai simulasi kehidupan yang benar-benar cantik untuk dilihat.

Bisa Dimainkan Offline

Salah satu nilai plus dari Virtual Families 2 adalah kemampuan game-nya untuk dimainkan secara offline. Game gratisan ini memang tidak membutuhkan koneksi Internet, dan tidak ada sistem stamina atau sejenisnya yang menghambat permainan. Tapi tentunya pemain perlu melakukan grinding agar bisa mendapatkan uang banyak demi memenuhi kebutuhan para karakternya. Nah, oleh karena itu, game-nya menyediakan yang namanya Bank, di mana pemain bisa membeli kesejahteraan para orang kecil tersebut menggunakan uang asli. Harganya bervariasi, mulai dari Rp. 14.000,- hingga Rp. 1.457.254,-

Jika kalian membutuhkan sebuah game simulasi kehidupan yang unik, namun tidak ingin mencoba The Sims, game buatan Last Day of Work ini adalah alternatif yang sangat menarik untuk dicoba. Ayo galang sebuah keluarga besar yang indah dalam Virtual Families 2!

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top