REVIEW

Vikings: Age of Warlord, Strategi Klasik untuk Memimpin Bangsa Norse

Anduril   01 Jan 2019
Vikings: Age of Warlord, Strategi Klasik untuk Memimpin Bangsa Norse

Game dengan genre strategi dan resource gathering sempat menjadi tema yang populer di smartphone. Game seperti Clash of Clans dan Game of War: Fire Age sempat menjadi primadona dan menjadi top free atau top grossing Apple App Store dan Google Play Store. Walaupun era tersebut sudah lewat, tidak ada salahnya kita menengok ke belakang untuk memainkan game strategi Vikings: Age of Warlord.

Review Vikings: Age of Warlord

Bangsa yang Gemar Bertarung

Vikings: Age of Warlords hadir dengan menawarkan tema kebesaran bangsa Viking yang gemar bertarung namun juga memiliki kebudayaan yang tinggi. Di sini kamu akan menjadi seorang pemimpin sebuah klan Viking yang berjuang untuk menjadi bangsa terkuat dengan menguasai wilayah yang ada.

Apakah Vikings: Age of Warlords dapat menawarkan pengalaman yang berbeda untuk genre ini? Akan kami coba jelaskan melalui ulasan berikut ini.

Diajari Hingga Bisa Berdiri Sendiri

Saat pertama kali bermain, kamu akan disambut oleh seorang penasihat yang akan memandu kamu dalam game. Dimulai dari cerita klise tentang peperangan yang akan datan, kamu akan diberikan tutorial tentang Vikings: Age of Warlords langkah demi langkah.

Setelah beberapa misi selesai, maka kamu bisa “lepas” dari tutorial dan bebas untuk memilih menu manapun yang kamu mau. Di sini kamu bisa melanjutkan misi yang akan memandu kamu secara bertahap membangun klan atau melakukannya dengan caramu sendiri.

Kuasai Sumber Daya

Gameplay dari Vikings: Age of Warlords sendiri ada dua, yaitu resource gathering dan pertarungan antar klan. Resource gathering ini bisa dilakukan dengan cara membuat bangunan-bangunan di kotamu atau mengeksplorasi peta dunia. Eksplorasi ini meliputi melawan monster yang ada di peta dan mengambil sumber daya yang ada di sebuah daerah.

Resource atau sumber daya utama yang bisa kamu kumpulkan adalah food, wood, silver, dan tech point. Di luar itu ada beberapa jenis mata uang yang bisa kamu koleksi seperti VIP experience, token poker, dan gold. Ketiga mata uang tersebut memiliki fungsi tambahan yang bisa didapatkan melalui achievement atau IAP.

Selanjutnya adalah perang antar klan. Jika pemain sudah memenuhi level tertentu, opsi untuk menyerang kota milik klan lain akan terbuka. Di sini kamu bisa melihat bagaimana pasukanmu bertarung dan memiliki opsi untuk mengirimkan bala bantuan jika kamu memilikinya.

Sebelum menyerang, ada baiknya kamu melakukan scouting terlebih dahulu. Untuk melakukannya kamu membutuhkan seribu perak. Jika berhasil, kamu bisa melihat jumlah, jenis, dan total kekuatan pasukan di kota musuh tersebut. Jika pasukan musuh memiliki kekuatan di bawahmu, maka saatnya untuk menyerang.

Medan Perang yang Membutuhkan Strategi tapi Minim Aksi

Jika kamu baru bermain di game ini, keseruan sesungguhnya baru terjadi saat kamu sudah mencapai level tujuh. Pada level ini kamu sudah bisa menyerang pemain dari klan lain, akan tetapi sebaliknya kamu juga bisa diserang.

Saat ini ada baiknya kamu sudah memiliki klan untuk melindungimu dari serangan lawan dan juga saling membantu dalam menyerang. Kamu bisa melakukan pemindahan kota di tempat yang lebih strategis, yaitu di dekat kota rekan satu aliansi.

Untuk memenangkan sebuah pertarungan, komunikasi sesama aliansi sangatlah penting. Karena bersifat realtime, maka kamu harus memastikan bahwa bahasa yang dipakai dapat dimengerti dan juga memiliki waktu aktif bermain yang sama denganmu. Perhatikanlah pergerakan anggota aliansi lainnya agar sewaktu-waktu bisa membantu dan menguasai kota musuh.

Jika kamu berhasil menguasai sebuah kota, maka kamu dan aliansi akan mendapatkan tambahan bonus sumber daya. Tujuanmu untuk memimpin dunia Viking pun semakin dekat.

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top