LOADING
TIPS

Update WhatsApp ini Bikin Group Chat jadi Lebih Damai

en19ma   01 Jul 2018
Update WhatsApp ini Bikin Group Chat jadi Lebih Damai

Seharusnya, group chat di WhatsApp adalah wadah yang menyatukan berbagai macam orang untuk menjalin komunikasi secara bersama-sama. Group chat seringnya dibuat untuk berbagi informasi dengan banyak orang secara cepat dan ringkas –seperti detil-detil menyoal rencana dan persiapan pernikahan, atau pembahasan kerja tim di kantor. Tapi, beberapa group chat tertentu, utamanya diakibatkan dengan banyaknya orang yang ada di dalamnya, mungkin juga bisa menjadi salah satu faktor penyebab sakit kepala yang mendera kita dalam keseharian berkat banyaknya notifikasi yang bermunculan di tiap saatnya.

WhatsApp Messenger Multimedia AndroidiOS Free Download Download

Memperparah keadaan, group chat yang berisikan banyak orang seringnya malah melontarkan banyak pesan yang out-of-topic alias melenceng dari topik bahasan, yang mungkin dapat membuat beberapa orang yang tak menyenangi basa-basi malah jadi frustrasi. Nah, sebuah update baru di WhatsApp akan memberikan kemampuan bagi kita untuk memblokir orang-orang tertentu untuk mengirimkan pesan apa pun dalam group chat. Begitulah, dengan fitur terbaru yang dinamai Send Messages ini, kita dimampukan untuk menyingkirkan orang-orang yang menyebalkan itu dari group chat.

Sebagai seorang admin, kita dapat membatasi pesan-pesan yang ada hanyalah yang datang dari sesama admin. Ini mengartikan bahwa partisipan normal dalam group chat tetap dapat membaca semua pesan di dalam group chat, tapi mereka tidaklah akan bisa mengirimkan pesan. Jika kita ingin memperbolehkan seseorang untuk bisa mengirimkan pesan, maka jadikanlah mereka sebagai admin juga. Ini mungkin bisa dianggap sebagai perubahan yang minor, tapi ini bisa menjadi angin segar bagi siapa pun yang rutin terlibat dalam group chat.

Ya, dengan update terbaru di WhatsApp ini, kita secara mudah dapat membuat percakapan yang terjadi tetap setia dengan topik bahasan –cukup dengan membatasi jumlah partisipan aktif. Kita pun dapat menutup group chat pada malam hari untuk menghindari terjadinya spamming pesan sewaktu kita sedang terlelap dalam tidur. Dan, ini mengartikan jika kita mengirimkan sebuah pesan yang penting, maka pesan tersebut akan tetap ada dalam waktu yang lebih lama di group chat –tidak ditenggelamkan oleh pesan-pesan yang remeh.

Bagaimana caranya mengaktifkan pembatasan Send Messages di WhatsApp

Fitur terbaru ini dikatakan telah meluncur per kemarin, tanggal 30 Juni 2018, untuk para pengguna iPhone, Android mau pun Windows Phone, meski kita mungkin menunggunya dengan sabar dalam beberapa hari ke depan hingga update tersebut benar-benar muncul untuk smartphone kita. Pada iPhone, Anda bakal menerimanya dalam bentuk WhatsApp version 2.18.70, sementara pengguna Android akan mendapatkannya pada WhatsApp version 2.18.201.

Untuk melakukan perubahan tersebut, cukup dengan pergi ke pengaturan pada Group Info dari group chat. Lalu, klik pada tab Send Messages, dan pilihlah Only Admins, bukannya All Participants. Setelah melakukan langkah tersebut, maka sebuah pesan akan muncul di dalam group chat yang berbunyi: "You changed this group's settings to allow only admins to send messages to this group."

Pada saat kita mengaktifkan opsi tersebut, maka partisipan dari group chat terebut tidak akan lagi bisa melihat input bar untuk mengirimkan pesan. Pada lokasi yang seharusnya tersebut, mereka hanyalah akan melihat sebuah pesan yang berbunyi: "Only admins can send messages."

Jika ingin mengangkat seseorang menjadi admin, maka pergilah ke pengaturan pada Group Info dari group chat, dan pilihlah Edit Group Admins. Dari situ, Anda dapat memutuskan siapa yang bisa dijadikan admin dan siapa yang tetap akan menjadi participant normal –tapi, hal ini tentunya hanya bisa dilakukan jika Anda juga adalah seorang admin.

Nah, perubahan apa lagi yang masih Anda harapkan untuk ada di WhatsApp saat ini? Suarakan di kolom komentar, ya!

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top