Upaya Titipku Tingkatkan Kualitas Produk agar Tetap Segar

Published: 12 Dec 2023, oleh Vent Fleur

Memasuki akhir 2023, aplikasi belanja online, Titipku terus berbenah untuk menyediakan layanan dan produk yang terbaik untuk para pelanggan. Saat ini, tim Titipku sedang memantau dan mengevaluasi secara detail tentang kualitas produk. Hal ini bertujuan agar setiap produk yang dikirim ke rumah pelanggan masih berkualitas baik dan segar.

Mendobrak Mitos Kualitas Produk di Pasar

Titipku selalu berfokus pada perbaikan kualitas produk yang ditawarkan. Hal ini karena ada beberapa masyarakat yang mempunya persepsi, bahwa sayur yang dibeli di pasar terkadang kurang higienis dan segar. Kenyataannya, persepsi semacam ini belum tentu benar.

Faktanya, beberapa jurnal penelitian menunjukkan bahwa kualitas produk di pasar, bahkan pasar tradisional itu segar. Misalnya penelitian Khaeruman dan Hanafiah (2019) di Serang menyebutkan bahwa produk sayur dan buah yang dijual di pasar tradisional lebih segar, karena dibeli langsung dari petani.

Hasil survei penelitian Septiari dan Sari (2018) di Yogyakarta juga menunjukkan bahwa mayoritas responden menyatakan bahwa kualitas produk yang dibeli dari pasar tradisional tergolong baik. Menurut penelitian ini, baik tidaknya kualitas produk di pasar itu ada di tangan pelanggan. Jika pelanggan bisa memilih produk dengan tepat, maka mereka akan mendapatkan produk berkualitas baik dengan harga yang lebih terjangkau dan bahkan bisa ditawar.

Menjaga Kualitas dengan Proteksi 3 Lapis

Beranjak dari data-data di atas yang divalidasi dengan kunjungan langsung Tim Titipku di lapangan, sebenarnya kualitas produk di pasar itu sudah baik, hanya saja perlu dijaga agar kualitas ini benar-benar baik sampai ke tangan pelanggan.

Oleh sebab itu, Titipku memiliki strategi 3 Lapis Proteksi. “3 Lapis Proteksi ini adalah proses check and recheck kesegaran produk oleh tim internal Titipku, pedagang, dan Jatiper,” ungkap Chief Marketing Officer Titipku, Faradhita Delicia.

Faradhita menambahkan, “Pertama, Tim Titipku melakukan kurasi untuk pedagang yang mau masuk ke Titipku. Hanya pedagang yang produknya lengkap dan segar yang bisa masuk Titipku. Kedua, pedagang pasar Titipku dorong untuk menjual produk terbaiknya untuk konsumen Titipku. Ketiga, Jatiper hanya akan membelikan dan mengantarkan produk berkualitas segar untuk konsumen Titipku.”

Melalui strategi Proteksi 3 Lapis ini, Titipku berharap bisa memberikan produk berkualitas terbaik yang sampai ke tangan konsumen, sehingga konsumen juga puas dengan layanan Titipku dan produk yang diantar oleh Titipku.

Penyediaan Garansi

Selain penerapan “Proteksi 3 Lapis”, Titipku juga menyediakan garansi untuk pelanggan yang menerima produk tidak segar.

Cara klaim garansi ini cukup mudah. Pelanggan cukup mendokumentasikan produk yang tidak segar untuk kemudian dikirim ke Customer Service Titipku. Nanti tim Titipku akan memvalidasi dan memproses refund atau retur produk tersebut. Proses klaim garansinya juga terbilang cepat, sehingga pelanggan tak perlu menunggu lama. Garansi ini menjadi bukti komitmen Titipku untuk penyediaan produk berkualitas ke pelanggan. Lewat adanya garansi ini juga, pelanggan juga tidak dirugikan ketika masih menemui produk tidak segar di belanjaan yang diantar oleh Jatiper Titipku.

Tags

Review titipku online shopping grocery belanja online aplikasi produk kualitas aplikasi mobile android ios online garansi perlindungan pasar

Share Artikel