TIPS TRIK

Untuk versi Mendatang, Inilah 6 Bocoran Fitur WhatsApp yang Sedang Dikembangkan

en19ma   14 Jun 2020
Untuk versi Mendatang, Inilah 6 Bocoran Fitur WhatsApp yang Sedang Dikembangkan

Layanan perpesanan instan populer di muka Bumi, WhatsApp dilaporkan sedang menguji coba enam fitur baru yang bakal diperuntukkan bagi para pengguna perangkat iOS mau pun Android.

Keenam fitur tersebut diumumkan oleh WABetaInfo yang sering mengungkap fitur-fitur baru WhatsApp mau pun yang sedang diuji coba. Sayangnya, kapasitas bagi para pengguna IOS yang ingin mencoba fitur-fitur tersebut telah ditutup. "WhatsApp Messenger beta 2.20.70.20 untuk iOS sekarang tersedia untuk pengujian. Program beta saat ini ditutup," cuit WABetaInfo lewat akun Twitter mereka.

Sementara, untuk para pengguna Android, pembaruan WhatsApp versi beta telah dimasukkan ke Google Play Beta dan bakal bisa digunakan lewat pembaruan WhatsApp 2.20.143.

Berikut adalah enam fitur WhatsApp yang sedang diuji coba:

1. Mencari Pesan

Whatsapp tengah menguji pencarian pesan yang berdasarkan tanggal dikirimnya pesan tersebut. Fitur Search yang ada pada saat ini hanyalah dapat melakukan pencarian dengan menggunakan kata kunci saja.

Mengutip WABetaInfo, fitur Search tersebut akan berbentuk ikon bergambar kalender yang disematkan di dalam obrolan dan ditempatkan pada pojok kanan bawah. Setelah ikon bergambar kalender muncul, maka pengguna bisa memilih tanggal ketika pesan tersebut dikirimkan.

Faktanya, fitur Search ini sudah lebih dulu disematkan di Telegram, aplikasi chatting buatan Rusia, seperti dilansir oleh Explica. Namun, penempatan ikon bergambar kalender tersebut agak sedikit berbeda. Jika di Telegram, ikon ini ditempatkan pada pojok kiri bawah. Sedangkan, di WhatsApp, ikon tersebut bakal berada di pojok kanan bawah.

2. Menghapus Pesan

Selain itu, WhatsApp juga dikabarkan tengah menguji coba opsi Clear (Hapus) untuk menghapus pesan di dalam obrolan, kecuali untuk pesan-pesan yang telah ditandai dengan ikon bintang atau juga biasa disebut sebagai Starred Message.

Opsi ini baru dikembangkan untuk perangkat iOS, namun segera diboyong juga ke Android. "Seperti namanya, Anda akan dapat menghapus beberapa jenis pesan kecuali pesan yang Anda pertahankan lewat fitur Starred Message. Langkah yang bagus," tulis WABetaInfo.

3. Mengelola Penyimpanan

WhatsApp juga disebut tengah menguji coba fitur untuk mengelola obrolan dan menyortir file-file yang ada melalui fitur Storage Usage. Miliaran pengguna WhatsApp nantinya akan bisa melihat file-file mana yang memiliki ukuran besar mau pun file-file yang merupakan hasil forward (diteruskan).

WABetaInfo menyebutkan bahwa WhatsApp di dalam fitur Storage Usage tersebut bakal menambahkan filter baru, yaitu Sort (Sortir). Saat pengguna mengetuk opsi ini, maka mereka akan disajikan pilihan file, seperti Newest (Terbaru), Oldest (Terlama), dan By Size (Berdasarkan Ukuran).

Sebelumnya, memang sudah ada cara (meski mungkin agak sedikit merepotkan) untuk melacak obrolan mana yang menggunakan sebagian besar ruang penyimpanan dan menyedot data internet pengguna, seperti dikutip oleh India Today. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  • Bukalah aplikasi WhatsApp, dan ketuk ikon tiga titik di sudut kanan atas
  • Lakukan klik pada opsi Settings (Pengaturan), dan pilih Data and Storage Usage (Penggunaan dan Penyimpanan Data)
  • Lalu, pilihlah Storage Usage (Penyimpanan Data)

4. Meneruskan Gambar

Bagi para pengguna WhatsApp di perangkat iOS, WhatsApp juga akan menambahkan fitur baru yang bakal memberikan tanda pada gambar yang telah diteruskan (forward) hingga lebih dari empat kali.

WABetaInfo menuliskan, nantinya, akan dimunculkan notifikasi, "Would you like to search this on the web? This will upload the message to Google." atau "Apakah Anda ingin mencari ini di web? Ini akan mengunggah pesan ke Google."

Notifikasi ini bakal muncul ketika pengguna akan meneruskan kembali gambar yang sudah berulangkali diteruskan itu.

5. Mode Gelap

WhatsApp dikabarkan bakal mengubah warna gelembung percakapan pada saat Mode Gelap (Dark Mode) sedang diaktifkan. Saat ini, gelembung percakapan pesan masuk dengan Mode Gelap versi WhatsApp 2.20.189 untuk perangkat Android masih berwana hitam keabu-abuan, sementara untuk pesan yang dikirimkan berwarna hijau gelap.

Nantinya, setelah pembaruan telah diimplementasikan, gelembung percakapan pesan masuk dan yang dikirimkan akan terlihat agak cerah, seperti dikutip dari WABetaInfo.

6. Integrasi dengan ShareChat

Menurut WABetaInfo, ShareChat sebetulnya merupakan jejaring sosial buatan India yang memungkinkan para penggunanya untuk menjelajahi berbagai jenis konten, seperti foto dan video.

WhatsApp memutuskan untuk mengintegrasikan pemutar khusus untuk video yang dihosting di ShareChat. Nantinya, ketika fitur tersebut sudah tersedia, maka miliaran pengguna WhatsApp dapat membagikan tautan video yang terdapat di ShareChat.

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top